home disclaimer privacy policy sitemap contact

Warna cat tembok kamar tidur untuk menciptakan atmosfer kamar

Wednesday, March 9th, 2016

Warna cat tembok kamar tidur – Selain pencahayaan, warna juga sangat memegang perananĀ  hal penting dalam menciptakan atmosfer kamar tidur. Secara psikologis, warna mempengaruhi perasaan dan suasana hati penghuninya.

cat kamar tidur

Berikut ini adalah panduan memilih warna:

  • Warna dingin seperli biru dan hijau membuat ruang terasa tenang seta membuat tubuh santai, saat ingin beristirahat atau mengantuk, sehingga warna ini merupakan warna favorit untuk bahan pelapis kamar tidur, misalnya tirai, seprai, dan karpet. Bila Anda memerlukan suasana yang tenang untuk tidur, pilihan warna dingin ini sesuai untuk berstirahat setelah seharian beraktivitas.
  • Warna panas seperti merah, oranye, dan kuning lebih dinamis dan membuat tubuh bergairah. Orang-orang tertentu menyukai warna ini untuk kamar tidurnya. Namun, jika menginginkan atmosfer kamar yang hangat tanpa berkesan “heboh” dapat menggunakan warna kuning matahari yang dipadu dengan hijau muda, sehingga dapat tercipta suasana segar ketika bangun dan tidur di pagi hari
  • Kelompok warna pastel, misalnya biru muda, pink, salem, dan hijau pastel, adalah kelompok warna yang juga digemari untuk kamar tidur. Warna ini dapat menciptakan kesan hangat tapi lembut, sehingga menciptakan suasana atmosfer yang nyaman sekaligus menyenangkan. Agar jauh dari kesan monoton dari warna pastel, pilihlah paduan beberapa warna pastel untuk diterapkan dalam kamar, misalnya hijau pastel dan kuning untuk warna dinding, seta biru muda untuk bahan pelapisnya.
  • Khusus untuk kamar yang sempit, hindari warna-warna tua gelap karena mengakibatkan kesan menekan dan sempit. Pada prinsipnya, semakin pucat dan terang sebuah warna, semakin memberikan kesan ruang lebih luas.
  • Menggunakan warna monokromatik atau satu turunan warna akan menlamtn keserasian. Tatanan warna monokromatik yang cerah luga membuat ruang terasa luas. Sayangnya, penggunaan satu warna monokromatik dapat mengakibatkan timbulnya kesan monoton Untuk menghindarinya, memberikan warna yang berbeda pada salah satu dinding, atau warna kontras pada aksesor kamar sebagai aksentuasi akan membuat warna kamar lebih menarik.

PENGARUH WARNA TERHADAP KAMAR TIDUR
-Biru: dingin, pasif, menenangkan dan membuat mata mengantuk.
– Hljau: sejuk, menenangkan dan menyegarkan tubuh.
-Kuning: hangat, menyegarkan, menggairahkan.
-Merah: panas, dramatis, aktif dan menggairahkan.
-Oranye: hangat cenderung panas dan nyaman.
-Warna pastel: ramah, menyenangkan dan nyaman.
-Warna monokromatik: memberi kesan luas, menenangkan, monoton.