home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips mendesain dapur sesuai fengshui

Thursday, May 5th, 2016

Ide pada dapur sesuai fengshui

  • dampak dapur di atas septic tank
  • posisi yang bagus kamar mandi dapur dalam rumah
  • ruang dapur diatas septic tank
  • septic tank di bawah kamar mandi
  • contoh gambar dapur yang ada jendela sesuai dengan fengshui

Desain dapur sesuai fengshui

dapur catering

1.Hindari posisi dapur di bawah WC
Desain dapur sesuai fengshui di bawah WC/ kamar mandi adalah komposisi yang sangat buruk dan tidak menguntungkan. penghuni rumah akan selalu dilanda sial, kehancuran karir, dan mendatangkan berbagai penyakit yang berat. Secara logis, posisi dapur di bawah WC/ kamar mandi sangat berbahaya jika terjadi kebocoran. Kebocoran (melalui limbah cair dan bau udara) mengontaminasi atmosfer dapur sehingga masakan yang diolah dalam ruang dapur akan tercemar oleh kuman dan kotoran.

Tidak ada solusi dalam pembenahan posisi dapur, kecuali dengan tidak meletakkan dapur di bawah WC atau kamar mandi. Hindari posisi dapur di bawah kamar tidur. Desain dapur sesuai fengshui, posisi dapur di bawah kamar tidur akan menimbulkan kehidupan keluarga yang tidak bahagia, misalnya suami istri sering ribut, anak sulit cari jodoh, kelainan kejiwaan hingga kesialan hidup lainnya.

2.Hindari posisi dapur di bawah kamar tidur

Desain dapur sesuai fengshui mengatakan posisi dapur di bawah kamar tidur akan menimbulkan kehidupan keluarga yang tidak bahagia, misalnya suami istri sering ribut, anak sulit cari jodoh, kelainan kejiwaan hingga kesialan hidup lainnya.

Dilihat dari sisi logis, posisi dapur di bawah kamar tidur akan menciptakan suatu kondisi yang kurang nyaman bagi penghuni kamar yang tinggal di atasnya. Hal ini disebabkan atmosfer kamar akan menjadi lebih panas. Selain itu, polusi asap dari dapur akan masuk dan mengganggu konsentrasi seseorang yang tinggal dalamnya.

Solusi yang dapat diterapkan adalah dengan memindahkan atau mengalihfungsikan salah satu ruang (kamar tidur atau dapur). Misalnya, kamar pembantu yang ada di atas dapur dijadikan gudang penyimpanan atau memindahkan ruang dapur ke sudut lainnya

3.Hindari posisi dapur di bawah kantor atau ruang belajar
Posisi dapur di bawah kantor atau ruang belajar akan menimbulkan masalah pada ruangan yang berada di atasnya. Apabila ruang di atas dapur dijadikan kamar atau ruang bekerja maka akan mengganggu emosi orang yang menempati ruang tersebut sehingga menurunkan konsentrasi belajar atau bekerja. Selain itu, kualitas atmosfer ruang kerja akan menjadi rusak dan orang yang tinggal di atasnya akan mudah kena sakit.

Solusi yang dapat Anda terapkan adalah dengan memindahkan dapur ke posisi yang lain yang memiliki nilai feng shui yang lebih baik. Alternatif lainnya adalah mengalih fungsikan ruangan yang berada di atas dapur menjadi perpustakaan, gudang, atau ruangan yang bukan untuk sesuatu kegiatan yang memakan waktu yang lama.

Desain dapur sesuai fengshui

desain dapur fengshui

4.Hindari posisi sumur atau septictank di dalam dapur

Posisi dapur yang berdekatan dengan septictank atau sumur tidak baik bagi kesehatan. Septictank sebagai tempat penampungan kotoran jangan disatukan dengan dapur yang digunakan untuk mengolah makanan. Sumur yang ditutup beton menyimpan banyak energi yin negatif yang bisa merusak keseimbangan atmosfer yin dan yang yang ada dalam bangunan.

Begitu pula menurut penalaran logika, dapur yang menyatu dengan septictank akan memicu terkontaminasinya makanan dengan virus penyakit. Solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah posisi seperti ini adalah dengan memindahkan atau mengalih fungsikan salah satu objek yang menimbulkan pengaruh buruk. Apabila tidak memungkinkan untuk dilakukan (karena keterbatasan ruangan) sebaiknya ruangan dapur dikecilkan dengan cara memberi dinding penyekat di bagian sumur atau septictank.

5.Hindari posisi pintu dapur berhadapan dengan pintu WC

Menurut fengshui, posisi pintu dapur dan pintu WC yang berhadapan akan menjadi masalah yang berat. Komposisi seperti ini akan berdampak buruk bagi kesehatan, keberuntungan, dan masalah masalah tidak baik lainnya. Secara logis udara bau dari ruang WC akan mencemari atmosfer ruang dapur dan memudahkan penyebaran virus penyakit masuk dalam makanan. Apabila kondisi seperti ini sulit dihindarkan (karena keterbatasan ruang), solusi yang dapat diterapkan adalah dengan memberi penyekat permanen antara dua pintu yang saling berhadapan sehingga saling terhalangi.

6.Hindari posisi pintu dapur dan kamar tidur berhadapan
Sebenarnya tidak ada masalah dalam feng shui mengenai pintu kamar tidur yang menghadap ke dinding ruang dapur selama pintu kamar yang dimaksud tidak berhadapan dengan ruang dapur yang terbuka atau pintu yang langsung menuju ke dapur. Masalahnya adalah timbulnya energi yang negatif dalam pola pikir seseorang apabila pintu kamar tidur berhadapan langsung dengan pintu dapur. Hal tersebut juga dapat menimbulkan pengaruh yang tidak baik bagi kesehatan dan keharmonisan hubungan suami istri. Salah-salah bisa menimbulkan pengaruh keretakan sampai penyelewengan dalam rumah tangga. Solusi yang dapat diberikan apabila posisi pintu kamar berhadapan dengan pintu dapur yaitu memidahkan posisi salah satu pintu. Bila keadaan tidak memungkinkan, sebaiknya dibuat satu penyekat masih di depan salah satu pintu agar kedua pintu tersebut tidak saling berhadapan.