home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tempat tidur dengan jenis yang beragam Ini dapat menjadi referensi pilihan Anda!!

Friday, April 8th, 2016

1.Tempat tidur tipe futon

Ranjang jenis futon ini pertama kali ditemukan di Jepang dan telah digunakan selama berabad-abad sebelum kemudian “ditemukan” oleh dunia Barat pada tahun I980-an dan menjadi sangat populer setelah mengalami sedikit penyesuaian.

Berawal dari kebutuhan orang timur untuk memanfaatkan ruang terbatas, kursi yang berupa gulungan kasur tipis ini kemudian dikembangkan bangsa Barat menjadi sofa yang kemudian bisa menjelma menjadi semacam matras atau kasur mini.

Futon ini menjadi populer karena efektivitasnya dalam memanfaatkan ruang terbatas. Pada siang hari, futon berfungsi sebagai sofa untuk tamu atau untuk menonton TV di ruang keluarga. Pada malam hari, futon dapat berubah fungsi menjadi kasur untuk tidur. Hal ini memaksimalkan pemanfaatan menjadi dobel fungsi.

kamar tidur tamuBerikut ini tips untuk memilih futon:

  • Bila futon difungsikan sebagai tempat duduk di ruang keluarga yang sewaktu-waktu dapat diubah menjadi tempat tidur, pilih futon dengan cushion yang tipis.
  • Bila futon digunakan sehari-hari sebagai kasur, pilih futon berkualitas tinggi dengan cushion yang tebal.

2.Kasur tipe loft bed

Sebuah bed loteng (atau loft bed) memiliki fungsi dobel. Bagian atas digunakan sebagai ranjang untuk tidur, tetapi bagian bawah dapat digunakan untuk aktivitas lain. Kasur jenis ini merupakan salah satu cara mengakali ruangan kecil dengan kebutuhan yang banyak. Furnitur yang umumnya horizontal kini ditarik vertikal sehingga setiap kebutuhan masih tetap dapat dipenuhi.

Beberapa tips yang dapat diterapkan pada kasur dengan jenis ini sebagai berikut:

  • Manfaatkan bagian kolong di bawah ranjang untuk menaruh furnitur seperti meja belajar, box mainan atau lemari pakaian sehingga space kosong yang ada bisa dijadikan area bermain anak.
  • “Mainkan” lenis tempat tidur menjadi loteng berter , misalnya menjadi “benteng” dan putri peri. Hal itu akan merangsang kreativitas anak.

model_meja-belajar-dan-tempat-tidur_gambarminimalis

Kamar tidur anak dengan tipe tempat tidur loft beds. Ruang kosong di bawah tempat tidur dapat dimanfaatkan sebagai area belajar dan satu tambahan tempat tidur cadangan

 

 

Tempat tidur dengan jenis yang beragam

3. Tempat tidur Murphy (wall) bed

Murphy (wall) bed adalah ranjang yang dibuat built-in dengan cara memasukkannya kedalam dinding atau lemari ketika sedang tidak dipakai. Kelebihan bed jenis ini adalah sederhana dan praktis dan bertujuan untuk menghemat ruang. Teorinya adalah ranjang ini hanya dibuka pada malam hari ketika akan digunakan untuk beristirahat. Sementara itu, pada siang hari kamar tidur terasa lapang karena tidak ada furnitur berlebih yang mempersempit ruang.

Ada dua tipe murphy bed, yaitu:

  • Tipe yang ketika dibuka langsung berupa satu kesatuan utuh
  • Tipe bi- fold yang berbentuk lipatan dan baru akan menjadi satu kesatuan utuh apabila dibuka.

3. Tempat tidur tipe platform (island)

Ranjang ini hanya kemudian di atasnya diberi ini sering digunakan pada bertema modern minlmalis, fungsional. Terbentuk dari papan kaku untuk kasur. Ranjang dengan tipe perancangan lnterior kamar tidur, karena sifatnya yang simpe dan fungsional.

Untuk mempercantik desain interior kamar tidur, tempat tidur dengan tipe ini sering dipadukan dengan headboard atau dinding aksen di bagian kepala tempat tidur dengan berbagai artwork sebagai vocal point di kamar tidur.

4. Tempat tidur tipe ranjang geser

tempat tidur geser

Selain tipe ranjang tingkat, loft beds, dan murphy wall, ranjang geser juga bisa dijadikan solusi untuk menghemat ruang, tetapi tetap dapat mengakomodasi kebutuhan ruang.

Tempat tidur yang sehari-hari dipakai untuk satu orang memiliki kasur bertingkat yang ditaruh di dalam kolong. Ranjang yang berada di bawah ini hanya dikeluarkan ketika dipakai. Ketika siang tiba, ranjang geser ini bisa dimasukan kembali ke kolong seperti mekanisme laci.