home disclaimer privacy policy sitemap contact

sistem tata udara ruangan keluarga

Friday, June 3rd, 2016

Ide pada udara ruangan keluarga

  • penyekat ruangan buatan sendiri
  • 9x12 denah rumah
  • lebar kamar ideal
  • plapon gypsum standar
  • tata udara di suatu ruangan

sistem tata udara ruangan keluarga

sistem tata udara ruangan keluargasistem tata udara ruangan keluarga – Banyaknya aktivitas yang dilakukan dalam ruang keluarga pastrlah sangat membutuhkan srrkulasi udara Yang baik. Udara yang mengalir dengan baik dalam suatu ruangan dapat membantu mewujudkan suatu kondrsi atau keadaan ruang yang sehat Sementara itu, cahaya terdiri dari tu juh warna’ yakni merah, jingga, kuning, hiiau’ biru’ nila, dan ungu. Ketuiuh warna ini dapat dipecah dengan menggunakan sebuah prisma. Cahaya yang terprsah ini dikenal dengan nama spektrum warna’
1. Tata Udara
Banyak sebab teriadrnya Polusi udara di dalam rumah ataupun di dalam ruang keluarga Polusi udara di dalam rumah biasanya disebabkan oleh udara kotor di sekitar rumah yang masuk ke dalam dan polusi udara yang disebabkan di dalam rumah itu sendiri’ Misalnya saja asap rokok, komPor’ plastik, sabun deterien, oli’ aerosol yang berasal dari obat semprot’ pengharum ruangan, serta emisi kimiayang berasal dari material di dalam ruangan itu sendiri (karpet, wallpaper’ kain penutup furnitur, busa sofa’ dan sebagainya)

sistem tata udara ruangan keluarga

Dengan demikian, pengudaraan yang baik dalam sebuah ruang keluarga dapat diciptakan dengan menghindari atau mengurangi polusi udara di dalam ruang tersebut dengan cara sebagai berikut.
a. Gunakan bukaan (ventilasi) yang cukup baik. Dengan adanya bukaan yang lebar dapat mengalirkan udara baru yang sehat dari luar ke dalam ruangan. Begitu pula sebaliknya, udara lama atau kotor dari dalam dapat mengalir ke luar ruangan sehingga udara yang tercipta di dalam ruang selalu merupakan udara yang sehat. Sebaiknya ventilasi yang digunakan adalah ventilasi silang sehingga diperoleh pergerakan udara silang.
b. Hindari merokok di dalam ruang keluarga. Bila merokok di dalam ruangan, gunakanlah fan penyedot
udara.
c. Gunakanlah material-material furnitur di dalam ruangan yang lebih alami. Perhatikanlah unsuryang terdapat dalam produk interior tersebut.
d. Perhatikanlah cat yang digunakan di dalam ruang keluarga, apakah mengandung unsur racun atau tidak.

2. Tata Cahaya
Pencahayaan adalah salah satu bahasan yang sangat penting di dalam penataan interior ruang keluarga. Mengapa demikian? Bermain cahaya dan menciptakan berbagai efek cahaya lampu dapat menciptakan suasana yang berbeda-beda dan menarik serta dapat memengaruhi atmosfer di ruang keluarga.

Cahaya dapat menciptakan suasana dengan penataannya yang apik dan menarik sehingga suatu ruangan dapat terlihat lebih indah dan nyaman. Sumber pencahayaan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu cahaya alami dan cahaya buatan. Pencahayaan alami berasal dari matahari, sedangkan cahaya buatan adalah cahaya yang berasal dari lampu. Dalam ruang keluarga cahaya dapat memengaruhi kegiatan di dalamnya.

Menggunakan penataan cahaya ruang yang baik dapat memberikan kenyaman beraktivitas di dalamnya. Cahaya yang paling baik adalah cahaya yang berasal dari matahari karena matahari memiliki spektrumwarna yang lengkap.

Ruang keluarga sebaiknya mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari yang ideal untuk masuk dalam ruang keluarga adalah sinar matahari pagi antara pukul
09.00-11 .00 dan sinar matahari sore sekitar pukul 15.00-17 00 Adanya sinar matahari yang cukup diharapkan kegiatan yang terdapat di dalam ruang keluarga dapat dilakukan dengan baik’ Pencahayaan buatan secara umum ada tiga tipe, sebagai berikut’

a. General Lighting
General lighting merupakan penerangan utama Pada ruangan’ Penerangan ini dilakukan dengan cara menempatkan lampu Pada titik tengah dalam ruang keluarga sehingga seluruh ruangan dapat terkena cahaya secara merata. General lighting yang digunakan adalah downlight’ Dengan menggunakan downlight dapat diperoleh terang lampu yang merata dengan memperhatikan jarak titik lampu yang baik sehingga seluruh aktivitas dapat teriangkau penerangan Selain downlight, lampu indrrect pun dapat digunakan di dalam ruang keluarga karena dapat menghasilkan terang yang merata tanpa membuat mata silau dan dapat membuat suasana menjadi lebih cozy.
b. Taks Lighting
Tipe Pencahayaan ini berfungsi memberikan Penerangan Yang lebih khusus dan mengarahkan sorotan
lampu Pada suatu objek tertentu’ Sebagai contoh, penggunaan spotlight yang diarahkan ke atas maupun ke bawah untuk menghasilkan kesan dramatis pada lukisan yang tergantung di dinding. Untuk aktivitas membaca dapat mengandalkan table lamp ataupun standing lamp dengan cahaya yang lebih terang.

c. Accent Lighting

Fungsi PencahaYaan ini untuk menampilkan suatu atmosfer ruang yang berbeda. Pencahayaan rnr dapat diperoleh dengan menggunakan lampu dinding alau wall lamP dan lampu-lampu lainnya Yang dapat menambah nilai estetik dalam suatu ruang’ Seperti Yang telah dijelaskan sebelumnya, ruang keluarga merupakan salah satu ruangan Yang meruPakan tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Aktivitas yang terdapat di dalam ruang keluarga brasanya seperti menontontelevisi, bermain, mengobrol’ dan sebagainya. Oleh sebab itu’ pencahayaan Yang digunakan pun seharusnya dapat menunjang seluruh aktivitas yang teriadi di dalam suatu ruang keluarga. Besaran cahaya Yang baik untuk ruang keluarga adalah 50 lux – 100 lux, sedangkan untuk aktivitas membaca
menggunakan 200 lux. Warna cahaya yang baik digunakan pada ruang keluarga adalah cahaya oranye Hal tersebut dikarenakan cahaya oranye dapat mengurangi depresi dan meningkatkan mood manusia. Lampu oranye atau kekuningan pada ruang keluarga dapat menciptakan suasana hangat dan memiliki atmosfer yang bersahabat. Warna kekuningan dapat diperoleh dari lampu pijar dan neon, sedangkan warna putih berasal dari penggunaan lampu pijar halogen dan lampu neon tipe daylight.

terima kasih semoga bermanfaat tips tentang  “sistem tata udara ruangan keluarga”!!!!!!!!!

Gallery of sistem tata udara ruangan keluarga