home disclaimer privacy policy sitemap contact

sirkulasi udara rumah

Sunday, May 29th, 2016

Ide pada rumah

  • sirkulasi angin lantai 2
  • skema aliran sirkulasi udara lantai dua
  • sirkulasi angin dalam rumah
  • simulasi jalannya sirkulasi udara rumah 2 lantai
  • tipe tipe atap selain atap jack roof

sirkulasi udara rumah

sirkulasi udara rumah

sirkulasi udara rumah tidak hanya mendinginkan udara, tetapi juga mengatur aliran udara dalam dapur sehingga asap tidak tercium ke ruang lainnya atau tercipta keseimbangan udara. Karena itu, buatlah beberapa bukaah yang cukup banyak untuk menjaga tingkat kelembapan di tiap ruangan dengan selalu membuka jendela setiap hari. Jika memang diperlukan, buatlah sistem penghawaan buatan dengan bantuan air conditioning, exhaust fan, atau kipas angin. Di dapur, memasak adalah proses perubahan makanan dengan memberikan panas sehingga memasak memperhatikan juga

proses tesfing rasa pada makanan. Dari analisis keseimbangan udara, maka sirkulasi udara rumah yang paling cocok untuk mengondisikan udara pada dapur bisnis adalah dengan sistem udara penuh melalui air handling unit (AHU) sebagai distributor udaranya.

Mengurangi panas di dapur sempit
Berikut beberapa alternatlf mengurangi panas di dalam dapur sempit.
a. Alternatif pertama, jika rumah menggunakan atap sen g maka sebaiknya dilapisi spon.
b. Alternatif kedua, dipasang plafon yang dibuat lebih tinggi dan diberi bukaan dengan teritisan atau model atap jack roof (atap bertingkat) tanpa bantuan plafon. Manfaatkan lubang antar atap untuk dijadikan bukaan yang dapat mengalirkan uap panas dan asap ke luar ruang dapur.
c. Alternatif ketiga, merencanakan dapur dengan membuat sirkulasi udara rumah yang baik melalui bukaan jendela atau pintu dapur terbuka ke ruangan terbuka dan halaman yang langsung berhubungan dengan banyak udara.

Agar udara bersirkulasi baik
Agar udara di dapur memiliki sikulasi yang baik, lakukan langkah-langkah berikut.
a. Buatlah atap bertingkat dengan pemberian kukup agar udara dapat bersirkulasi dengan baik.
b. Gunakan ventilasi exhaust electric fan, yaitu exhaust yang penggeraknya menggunakan tenaga listrik. Dengan- menggunakan cara seperti ini maka sirkulasi udara dapat berlangsung dengan baik. Namun, perlu dipertimbangkan banyaknya exhaust fan yang dipakai jika dapur luas dan banyak orang di dalamnya, perhitungan biaya listrik’ dan perawatannya.
c. Gunakan turbin ventilator, yaitu jenis exhaust fan yang digerakkan oleh tenaga angin dan dipasang pada atap dengan
tujuan agar panas yang berada di dalam ruangan ditarik ke atas.
d. Gunakan air conditioning (AC).

Memilih turbin ventilator untuk ruang dapur
Hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih turbin ventilator untuk dipasang di dapur bisnis yang memiliki aktivitas tingg iadalah sebagai berikut.
a. Gunakanlah bahan aluminium yang berukuran sedang dengan kapasitas sedot 30 m3/menit.
b. Tentukan jumlah turbin ventilator untuk suatu ruangan dengan cara menghitung volume ruangan:(kapasitas sedot x waktu sirkulasi).Dari hitungan tersebut akan diperoleh jumlah turbin untuk suatu bangunan. Waktu sirkulasi pun dapat ditentukan sendiri, yaitu 5 menit, 10 menit, atau 15 menit, tetapi disarankan menggunakan waktu 1o menit.
c. Ventilator stainless sfeel cocok difungsikan sebagai ventilasi udara pada dapur bisnis yang berada di tempat dengan kandungan CO2 tinggi hasil industri maupun yang ditimbulkan asap knalpot kendaraan.

Lantai dan dinding dapur untuk usaha atau bisnis
Ruang dapul selain menggunakan keramik lantai, biasanya juga menggunakan keramik dinding. Pada dapur yang relatif ramai dan banyak yang dikerjakan, dibutuhkan keramik lantai yang resisten terhadap bahan-bahan (cairan) pewarna,asam-basa,dan lemak. Dengan begitu, ceceran bahan-bahan untuk memasak yang jatuh ke lantai mudah dibersihkan dan tidak merusak keramik lantai. Sedangkan untuk keramik dindingnya, disarankan yang berglasur dan glossy yang memiliki resistensi tinggi terhadap suhu tinggi. percikan lemak, serta asam dan basa.

sirkulasi udara rumah

Memilih ubin keramik untuk dapur
Ketika membeli produk keramik, lebihkan jumlah yang dibeli (biasanya sekitar 5%). Kelebihan itu sebagai cadangan apabila selama proses pemasangan ada ubin yang rusak atau jika ada kerusakan di kemudian hari. Selain itu, perhatikan keseragaman jenis atau motif terutama untuk keramik dengan stok terbatas.Pada saat penerimaan barang, pastikan ubin keramik yang dibeli memiliki kode ukuran dan nuansa warna (fone) yang sama. Tipe ubin keramik yang dibutuhkan untuk dapur adalah tipe ubin keramik berglasur atau yang tidak berglasur, namun tinggi derajat kekerasan dan ketahanannya terhadap abrasi dan cairan serta zat kimia.Untuk ubin yang mengilap (glossy), perlu dilihat kualitas glasurnya. Apabila kualitas glasurnya rendah maka dalam waktu yang tidak lama kilapnya dapat menghilang atau rusak mengingat banyaknya orang yang lalu-lalang menginjak lantai di area tersebut.

Memasang keramik lantai dapur
Untuk memiliki kesan dapur yang rapi dan tertata, siasatilah dengan memunculkan kesan dekoratif. Pilihlah jenis keramik lantai dengan permukaan tahan terhadap goresan pisau dan tahan panas (api), terutama untuk dapur yang mernasang tungku untuk memasak,
bukan kompor portoble atau tanam. Selain itu, pilihlah keramik yang mudah dibersihkan, khususnya dari minyak, lemak, serta kotoran lainnya. Pemasangan keramik di ruang dapur dapat menghilangkan suasana yang terkesan suram, usang, dan pengap akibat terlalu banyak aktivitas yang dilakukan.

Membersihkan lantai dapur
Berikut adalah langkah-langkah membersihkan lantai dapur.
a. Sapu dan pel lantai dapirr dari kotoran yang ada.jangan biasakan menumpuk kotoran pada sudut dapur.
b. Gunakan sapu berjenis sapu bersumbu besar yang dapatĀ  menjangkau seluruh ruangan.
c. Alternatif lain, gunakan sapu sekaligus alat pel berjenis microfiber yang relatif praktis dipasang dan dibersihkan
d. Pel lantai dapur dengan bahan pembersih khusus yang dipilih sesuai dengan kondisi lantai dapur bisnis Anda.
e. Untuk kotoran yang telanjur melekat hebat,gunakan pembersih yang memiliki daya pembersih cukup tajam,tetapi aman setelah lantai dipakai kembali.
f. Agar kotoran mudah dibersihkan dan tidak teianjur mengerak, basakan untuk segera membersihkan lantai setelah semua pekerjaan mengolah makanan selesai dikerjakan.

Membersihkan sampah atau kotoran
sisa meracik makanan Pisahkan sampah bekas meracik atau kotoran basah dengan kotoran kering pada tempat sampah terpisah. Kemudian, pakailah alas plastik bekas belanja yang tidak terpakai sebelum membuang kotoran ke tempat sampah terutama sampah di dapur.
Selain itu, lakukan pembakaran sendiri. Caranya, buat air lubang di tanah dengan cara digali atau dibuat bak sampah khusus pembakaran. Bakarlah sampah kering setelah dipisahkan dari sampah kaleng atau plastik. Untuk sampah basah atau cenderunc organik dapat dibuat kompos

terima kasih semoga bermanfaat tipsnya tentangĀ sirkulasi udara rumah!!!!!!!