home disclaimer privacy policy sitemap contact

Penataan Ruang Keluarga

Thursday, May 26th, 2016

Penataan Ruang Keluarga

Penataan Ruang KeluargaPenataan Ruang Keluarga– Ada beberapa hal Yang Perlu diperhatikan dalam Penataanruang keluarga. Perencanaan dalam suatu Perancangan ruang menjadi salah satu hal yang utama guna terwujudnya interior ruang keluarga yang sesuai kebutuhan, nyaman, serta mempunyai nilai estetik yang tinggi.

MENTUKAN AKTIVITAS RUANG KELUARGA
Untuk memPeroleh suatu kenyamanan dan fungsi suatu ruang keluarga secara maksimal sebenarnya dapat dilakukan siapa saja dengan mudah. Pada dasarnYa untuk mengetahui kebutuhan ruang dan mencapai suatu ruang yang nYaman serta berfungsi maksmal sebaiknya dilakukan pendataan terlebih dahulu aktivitas apa saja yang akan dilakukan dalam ruangan tersebut. Setelah itu, barulah diketahui fasilitas apa saja yang dibutuhkan’ Misalnya, ibu beraktivitas memasak maka diPerlukan fasilrtas berupa dapur. Namun, kebanyakan masyarakat membalik prosedur tersebut, seperti menyimpan fasilitas{asrlitasnya terlebih dahulu ketimbang memPerhatikan fungsinya. Alhasil, ruangan tersebut menjadi terlihat sempit dan sesak Sama halnya dengan ruang keluarga, buatlah pendataan terlebih dahulu tentang aktivitas apa saja yang akan dilakukan di dalamnya Apakah hanya berfungsi sebagal tempat untuk mengobrol dan menonton TV saja, atau ruangan dapat difungsikan juga sebagai tempat mengembangkan hobi anggota keluarga, atau bahkan difungsikan sebagai ruang tamu. Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa ruang keluarga daPat berfungsi sebagai ruang serba guna dalam sebuah rumah tinggal. Sebagai contoh, dalam studi kasus rumah tinggal dengan lahan terbatas, seperti rumah-rumah Yang berada di kota berkembang, Yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya, ruang keluarga biasanya berfungsi pula sebagai ruang tamu.

MENTUKAN LETAK RUANG KELUARGA
Dalam Perencanaan rumah tinggal, sang arsitek umumnya meletakkan ruang keluarga dalam
pusat denah sebuah rumah tinggal’ Hal ini dimaksudkan agar akses menuju ruang ini Pun mudah dicapai dari berbagai ruang Iarnnya. Hal ini juga dapat mendorong agar ruang ini menjadi ‘markas’ bagi seluruh anggota keluarga. Agar ‘markas’ ini menjadi tempat favorit bagi anggota keluarga maka kenyamanan ruang keluarga sudah sepantasnya menjadi hal yang utama. Di samping itu, fasilitasnya pun harus dapat mengakomodir seluruh kebutuhan anggota keluarga.

Penataan Ruang Keluarga

MENENTUKAN JENIS FURNITUR
Selain memperhatikan besar ruangan, hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu dalam sebuah ruang
keluarga adalah jumlah furnitur yang dibutuhkan. Menentukan jumlah furnitur yang dibutuhkan dapat dilihat dari aktivitas apa saja yang akan ada di sana. Aktivitas yang dimaksud dapat berupa aktivitas kolektif maupun individu anggota keluarga, seperti memperhatikan hobi atau kebiasaan dari anggota keluarga. Misalnya saja, bila anggota keluarga lebih menyukai berkumpul sambil bersantap, di ruang keluarga harus disediakan meja makan kecil yang mungkin dapat dtletakkan di sudut ruangan Saat ini juga banyak layout ruang keluarga yang didesain berdekatan dan terhubung langsung dengan pantry serta ruang makannya. Penempatan lampu baca ataupun kursi baca santai dan rak buku mini dapat juga disediakan dalam ruang keluarga apabila salah satu anggota keluarga senang berkumpul sambil membaca buku kegemaran. Apabila sang ayah atau ibu suka meneruskan sediklt pekerlaan kantor di rumah dengan tetap bisa merasakan suasana kebersamaan keluarga, meja dan kursi kerja pun dapat diletakkan pada ruang keluarga. Namun, perhatikan komposisi furnitur dengan besar ruangnya,

MEMILIH CORAK DAN WARNA
Corak dan warna pada ruang keluarga dapat ditentukan dari karakter dan kondisi ruang serta suasana apa yang ingin ditampilkan. Sebagai contoh, pada kondisi ruang dengan plafon rendah dapat disiasati menggunakan warna dinding yang lebih muda dan menggunakan wa I I paper dengan motif garis vertikal agar ruangan terkesan lebih tinggi dariyang sebenarnya. Tentu saja corak dan motif yang dipilih harus mengikuti tema yang ditampilkan pada ruang tersebut.

MEMILIH TEMA DAN GAYA INTERIOR
Dalam memilih tema dan gaYa Pada ruang keluarga pasti tidak jauh berbeda dengan gaya pada rumah secara keseluruhan. Untuk itu, dalam memilih tema dan gaya interior sebaiknya terlebih dahulu dipelaiari bagaimana kecenderungan Anda terhadap berbagai macam tema dan gaYa dalam dunia arsrtektur dan interror. Apakah Anda menyukai sesuatu yang simpel, antik atau klasik, atau keduanya (eklektik).

terima kasih semoga bermanfaat tips tentang  “Penataan Ruang Keluarga”!!!!!!!!!

Gallery of Penataan Ruang Keluarga