home disclaimer privacy policy sitemap contact

Model kamar tidur anak remaja

Monday, April 18th, 2016

Model kamar tidur anak remaja

design kamar remaja

Ada berbagai versi yang menjelaskan tentang batasan usia untuk bisa digolongkan sebagai seorang anak remaja. World Health Organization (WH0) mendefinisikan bahwa seseorang digolongkan sebagai anak remaja
saat berusia 10-20 tahun.

Sementara itu, beberapa pakar psikologi, seperti Leulla Cole dan F. J. Monks, mengategorikan usia anak remaja ke dalam beberapa tingkatan, yaitu masa anak remaja awal (early adolescencel), usia 12-15 tahun masa remaja pertengahan (middle adolescence), usia l5-18 tahun, dan masa remaja akhir (Uare adalescence), usia 18-21 tahun. Masa remaja adalah Masa transisi dari anak-anak menuju dewasa yang penuh dengan kegoncangan psikologis dalam upaya pencarian identitas diri.

Salah satu kecenderungan yang bebas dan sering dialami seseorang pada masa remaja adalah munculnya keinginan untuk memperkuat privasi bagi dirinya. Menurut mereka, beberapa hal yang terjadi dalam kehidupan mereka tak perlu harus diketahui oleh semua orang. Kondisi ini bisa jadi dilatar belakangi oleh perkembangan hormonal, fisik, maupun psikis yang dialami oleh remaja.

Keinginan untuk membentuk privasi juga bisa disebabkan munculnya perasaan “malu” atau “tidak percaya diri” dalam diri remaja, Perasaan tersebut muncul lantaran remaja tersebut merasa bahwa dirinya sudah memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu seperti halnya orang dewasa, tetapi dirinya merasa masih belum dewasa. Sebagai contoh adalah
keinginan seorang remaja untuk menjalin cinta kasih dengan lawan jenis,

Karena masih malu dan belum percaya diri, mereka pun melakukan hubungan backstreet atau hubungan kasih tanpa sepengetahuan orangtua. Caranya pun bisa bermacam-macam, mulai dari saling berkirim SMS hingga janjian bertemu di suatu tempat.

“Rahasia” tampaknya menjadi inti dari segala hal yang menyebabkan munculnya konsep privasi pada remaja. Pada masa ini, seorang remaja sudah mulai belajar untuk semaksimal mungkin menutupi rahasia Namun, jika semakin ditutupi, rahasia tersebut biasanya akan semakin menimbulkan masalah. Oleh karena itu, seorang remaja membutuhkan orang lain untuk mencurahkan segala masalah yang dialaminya ataupun hanya sekadar berdiskusi untuk meminta pendapat.

Seorang remaja biasanya mempunyai beberapa teman dekat yang sangat ia percaya untuk menjaga rahasianya. Mereka pun sering kali berkumpul bersama dan saling bercengkerama. Salah satu tempat favorit yang dijadikan lokasi berkumpul tentu saja kamar tidur. Bagi remaja, kamar tidur bukan lagi merupakan sebuah tempat untuk tidur dan beristirahat Kamar tidur merupakan simbol privasi dan ekspresi mereka, Keinginan untuk memiliki kamar sendiri dan berpisah dari kamar tidur orang tua merupakan salah satu dorongan privasi yang ingin mereka bentuk. Oleh karena itu model kamar tidur anak remaja sangatlah berpengaruh besar bagi mereka.

Bahkan, terkadang anak remaja juga tidak ingin kamarnya dimasuki oleh orang tua ataupun saudaranya yang lain. Mereka merasa bahwa ruang tersebut adalah teritori milik mereka yang tidak boleh diganggu oleh siapa pun tanpa izin. Dengan demikian, remaja dengan bebas bisa mengekspresikan perasaannya di dalam kamar tidur tersebut.

aksesoris kamar tidur

Mereka mendesain model kamar tidur anak remaja sesuai keinginan mereka, tanpa memedulikan kesesuaian dengan ruang lainnya. Model Kamar tidur anak reamajapun kini seolah menjadi “kerajaan kecil” yang membuat seorang remaja merasa sebagai penguasa tunggal di dalam kamarnya.

Model kamar tidur anak remaja

Kamar tidur sering kali digunakan sebagai wahana untuk mencurahkan segala ekspresi dan kreasi para remaja. Namun, tak semua remaja memiliki ekspresi dan kreasi yang sama. Perbedaan ini sangat tergantung
pada faktor lingkungan, gender, serta tingkat kreativitas dari remaja tersebut dalam mendesain model kamar tidur mereka. Seorang remaja yang aktif dalam kegiatan musik (band) pasti akan mendesain kamar tidurnya sesuai dengan karakter kamar tidur anak band. Berbeda dengan remaja yang aktif dalam kegiatan olahraga, kamarnya pun biasanya akan cenderung bernuansa sport.

kamar tidur kecil

Desain model kamar tidur anak remaja untuk remaja putri juga berbeda dengan remaja putra. Kesan feminin akan sangat kental terlihat pada kamar remaja putri. Sementara kesan macho akan lebih terasa pada kamar remaja putra. Di samping itu, remaja yang sangat kreatif pasti akan mendesain kamarnya dengan sangat ekstrim, sedangkan remaja yang tingkat kreativitasnya biasa-biasa saja akan mendesain kamarnya dengan lebih simpel.