home disclaimer privacy policy sitemap contact

Model jendela dapur dengan kelebihan dan kekurangannya

Tuesday, April 26th, 2016

Model jendela dapur dengan kelebihan dan kekurangannya

jendela dapur 2

Pemilihan bentuk jendela dalam desain dapur sempit tidak hanya mempertimbangkan keindahan tampilannya, tetapi juga memperhitungkan besar dan arah bukaannya. Perhatikan pula letak pemasangan jendela dan arah angin agar tidak mengganggu api kompor.Jendela dapat dibuat sebagai tempat untuk mendapatkan suasana yang segar jika dapur berada pada lahan terbuka dan menghadap taman atau pemadangan yang asri.

Model jendela dapur dengan kelebihan dan kekurangannya

1.Desain dapur sempit dengan Jendela hoPPer
Jendela model hopper mempunyai karakter bukaan yang membuat udara mengalir ke atas. Untuk menggunakannya di dapur, pastikan fosisi yendita agak rendah dari dinding. Cirinya,engsel jendela ini terbalik,Yaitu berada di bawah’ Biasanya, jendela jenis ini digunakan oleh negeri dengan empat musim untuk iendela ruang bawah tanahnya’ dan kerap disebut fixed pane window. Pada dasarnya, jendela ini tidak dapat dibuka lebar’ namun mampu membuang asap ke luar ruangan saat memasak

2.Memilih kusen jendela berbahan kayu
Langkah-langkah memilih kusen jendela berbahan kayu adalah sebagai berikut.
a. Kenali terlebih dahulu sifat-sifat kayu, apakah bertekstur kasar, serat kayu rapat atau menyatu, jenis kayu keras atau bukan, ketahanannya terhadap keretakan, umur dan warna kayu, serta kemampuan menyerap air atau tidak.
b.Sesuaikan fungsi jendela dengan jenis kayu yang digunakan. Maksudnya agar kinerja engsel sesuai denqan berat kayu pada bidang maupun rangka daun jendela
c. Pilihlah cat kayu yang tahan lama, yang dapat menahan sinar UV, anti rayap, anti jamur, serta anti air
d. Lakukan finishing yang memudahkan kayu dibersihkan dari lemak maupun noda makanan’ misalnya dengan melamik

3.Kusen jendela berbahan aluminium
Berikut adalah serba-serbi kusen jendela berbahan aluminium.
a. jendela aluminium memiliki ketahanan yang lebih sempurna, tapi tetap kuat sama seperti kayu. Semakin tebal aluminium, maka semakin berkualitas. Pengaplikasian aluminium pada jendela pun gampang-gampang susah.
b. Bocornya jendela aluminium, khususnya pada celah kusen dan daun jendela, dapat dihindari asalkan pemasangan dan aplikasi gel silikon pada sambungan (antara pinggir kusen dan dindlng dilakukan dengan benar.
c. Untuk daun jendela, pastikan sistem dua karet yang dipasang pada bingkai terpasang sempurna. Selain itu, lis penutup kaca
pada bingkai harus berada di bagian dalam jendela keduanya dapat mencegah kebocoran.
d. Dari sisi spesifikasi material, aluminium tergolong tahan cuaca tahan air, dan tahan karat.Tampilannya pun semakin beragam Ada yang polos tanpa finishing dan ada yanq telah memiliki  beragam finishing berupa finishing anodizing biasa warna aluminium), powder coating warna putih, serta wood finish (warna kayu).
e. Perawatan jendela berbahan aluminium cukup mudah antara lain bisa dengan menggunakan tepung maizena yang digunakan sebagai pembersih. Dengan demikian, material ini sangat cocok digunakan untuk jendela dapur.
f. Berbeda dengan kayu yang harus diberi treatment khusus agar tahan terhadap serangan rayap,aluminium merupakan materil yang tahan dari serangan rayap.