home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips desain kamar tidur utama mulai dari awal perencanaan

Friday, March 18th, 2016

Ide pada kamar tidur utama mulai

  • perencanaan kamar tidur
  • tips mendesain kamar tidur dari nol
  • penataan keramik dinding kamar utama

Desain kamar tidur utama – Normalnya, kamar tidur utama dibutuhkan sebaga tempat beristirahat. Fungsi turunannya yang tak kalah penting adalah sebagai ruang berkumpul keluarga dan ruang privasi yang dapat memenuhi segala kegiatan penghuninya. Dewasa ini fungsi kamar tidur utama semakin berkembang seiring dengan pola  pikir dan hasrat untuk melakukan perubahan.

kamar tidur utama

1.Merencanakan kebutuhan fasilitas

Fasilitas kamar tidur utama tak lagi hanya tempat tidur, tetapi juga ruang kerja pribadi, perpustakaan, ataupun ruang menonton TV. Dalam merencanakan desain kamar tidur utama, kebutuhan fasilitas. perlu diperhatikan terlebih dahulu agar dapat memenuhi keinginan penghuni. Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengetahui fasilitas yang dibutuhkan adalah dengan membuat tabel aktivitas. Berikut contohnya.

TABEL HUBUNGAN AKTIVITAS DAN FASILITAS

Aktivitas                                        Fasilitas
tidur atau istirahat                          tempat tidur

menyimpan pakaian                       lemari

berdandan                                         meja rias, kursi rias

menonto TV                                      credenza TV

2.Menentukan Zoning Blocking

Kamar tidur utama membutuhkan privasi yang tinggi sehingga tidak sembarangan orang dapat mengakses ruangan ini. Dalam menentukan desain kamar tidur utama penataan area dalam sebuah hunian, kamar tidur utama sebaiknya menempati tempat yang cukup iauh dariarea publik atau ramal. Area yang harus dihindari oleh kamar tidur utama, di antaranya adalah carport, garasi, ruang
tamu, ruang bermain, dan jalan jalan umum.

3.Mengatasi ruang yang tidak proposional

Tidak masalah apabila memiliki luasan kamar tidur utama yang lebih kecil dari seharusnya. Banyak cara yang dapat diakukan untuk mendesain kamar tidur utama agar kamar tidur utama tetap terasa proporsional.Beberapa triknya adalah sebagai berikut. Gunakan warna ruang yang ringan, misalnya putih, kream atau warna pastel Selain itu, penempatan jendela di sudut kamar tidur dapat membuat suasana kamar tidur-terlihat. lebih lapang.

  • Gunakan material transparan dan ringan. Misalnya, cermin pada pintu lemari mampu memberikan kesan luas.
  • Gunakan tempat tidur yang memiliki rak atau laci di bagian bawahnya untuk mengatasi kurangnya tempat penyimpanan.
  • Gunakan furnitur terkesan massif dan yang tidak tertutup sehingga tidak “makan tempat”
  • Gunakan furnitur yang campact dan dapat dilipat sesuai kebutuhan saat ingin dipakai, misalnya sofa lipat dan sejenisnya.