home disclaimer privacy policy sitemap contact

Menghilangkan Bau Lemari Es, Yang Mengganggu

Wednesday, March 16th, 2016

Menghilangkan Bau Lemari Es, Yang Mengganggu dan merusak Bahan Makanan Lainnya. Sungguh mengganggu jika makanan yang kita simpan ternyata baunya tidak enak, padahal niatnya mau kita makan lagi dengan cara disimpan dulu di kulkas.

Menghilangkan bau lemari es

Untuk menyerap bau-bauan di dalam kulkas dan freezer, masukkan sekotak soda kue di kedua tempat tersebut dan gantilah setiap dua bulan sekali. Kemudian sekali sebulan, matikan kulkas dan keluarkan seluruh isinya (buang yang tidak perlu). Cucilah bagian dalam kulkas, termasuk kontainer dan raknya dengan menggunakan campuran 4 liter air panas,60 m! soda kue, dan 15 ml sabun cair, lalu bilas memakai air panas yang diberi ‘l 25 ml cuka dengan memakai lap untuk bagian dalam kulkas dan bilas biasa untuk kontainer dan rak kulkas.

Di bagian bawah kulkas, biasanya terdapat tray yang akan menangkap tetesan-tetesan dari dalam kulkas yang sangat disukai oleh jamur dan bakteri. Jamur mudah terlepas ke udara oleh dorongan angin dari kipas dan motor kulkas dan dapat membuat iritasi orang yang sensitif. Karena itu, keluarkan tray sebulan sekali dan cucilah dengan 60 ml boraks dalam 1 liter air.

Tips merawat kulkas

Berikut ini beberapa langkah atau tips merawat kulkas agar awet dan optimal.

Agar unit chest f reezer dapat mencapai suhu dingin yang dikehendaki

Periksa posisi pengukur termostat, apakah sudah pada posisi yang benar (posisi maksimal). Kemudian, coba periksa kembali saluran pembuangan udara pada kondensor di unit chest freezer dan bersihkan secara berkala. Perhatikan pula posisi pintu, apakah suoai tertutup secara benar dan baik dalam keadaan rapat.

Cara agar kulkas hemat listrik

Hindari perletakan lemari es berdekatan dengan kompor dan oven. Perbedaan temperatur yang ekstrim dapat mengurangi efistensi kerja setiap alat sehingga daya yang dibutuhkan akan lebih besar. Hindarkan juga Iemari pendingin dari cahaya matahari langsung agar tidak terkena sengat matahari yang panas. Pastikan lemari es tidak penuh sesak oleh makanan. Lemari pendingin yang terlalu penuh menyebabkannya bekerja jebih keras sehingga daya listriknya juga akan boros.

Selanjutnya, biasakan untuk tidak terlalu sering membuka-tutup pintu lemari pendingin Meskipun tampak sepele, hal ini berpengaruh pada pemakaian energi listrik. Lemari es yang sering dibuka tutup mengharuskan ia bekerja lebih keras untuk mendinginkan kembali temperatur di dalam lemari es. Pada saat kompresor bekerja terus itulah akan menggunakan daya listrik yang tinggi.

Nah itulah beberapa hal yang harus anda terapkan untuk menggunakan kulkas dirumah. Seharusnya kulkas bisa bertahan minimal 7 tahun jika kita menggunakan dan merawatnya dengan baik. Semoga artikel mengenai Menghilangkan Bau Lemari Es, bermanfaat ya..