home disclaimer privacy policy sitemap contact

Mendekorasi kamar tidur yang dapat membuat tubuh tetap sehat

Sunday, March 6th, 2016

Mendekorasi kamar tidur yang dapat membuat tubuh tetap sehat – Kualitas tidur mempengaruhi kesehatan manusia baik untuk hari itu maupun dalam langka panlang. Kebugaran ketika
bangun tidur ditentukan oleh kualitas tidur sepanjang malam. Mendekorasi kamar tidur yang baik dan kualitas tidur yang baik dapat membantu kita lebih segar dipagi hari. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk menciptakan kamar tidur yang sehat.

mendekorasi kamar tidur

1.UDARA SEGAR
Selama delapan jam kita tidur, paru-paru manusia tetap aktif menghirup udara di dalam kamar. Oleh karena itu, aspek kesehatan kamar yang harus diperhatikan adalah kualitas udara di dalam kamar. Sirkulasi yang mengalir dari ventilasi (cross ventilation) adalah hal yang mutlak untuk memberikan udara segar d dalam kamar. Meskipun kamar menggunakan AC, sebaiknya pada pagi hari jendela tetap dibuka untuk mengganti udara lama dengan udara segar ke dalam kamar.

2.CAHAYA MATAHARI
Cahaya matahari mengandung unsur-unsur yang mampu mengusir sumber penyakit di dalam kamar dan melenyapkan kelembapan kamar Cahaya yang terbaik adalah cahaya pagi hari, di mana cahaya sehat yang lembut masuk ke dalam kamar dan tidak menyilaukan mata. Oleh karena itu, posisi jendela yang pa ing ba k adalah di sisi timur. Bila harus menghadap ke barat, beri teritisan/overstek di atas jendela untuk menghindari sinar panas yang menyilaukan dan beri vitrase untuk mengurangi intensitas panas.

3.BAHAN INTERIOR
Karpet yang dipasang menutupi seluruh permukaan lantai (wall to wall carpet) memberikan kesan lembut untuk lantai kamar tdur. Namun, perlu diingat, karpet sangat potensial menyimpan debu, sehingga kurang cocok untuk kamar tidur di daerah tropis. .Jika hendak memasang karpet, pakailah ukuran keci yang mudah diangkat dan dibersihkan.

4.TOKSIN
Hindari memaka seprai dan selimut yang terbuat dari bahan sintetis. Bahan katun paling nyaman dan membuat kulit dapat bernapas. Kasur busa dan matras poliuretan, bedcover yang mengandung formaldehida yang tidak dapat larut dalam air mengeluarkan emisi kimia yang dapat mengganggu
kesehatan. Begitu pula bahan-bahan finishing interior seperti cat dengan bahan dasar minyak (oil based paint). Gangguan yang timbul bisa berupa reaksi alergi seperti sesak napas, iritasi mata, atau kelelahan. Jadi, yang paling baik adalah menggunakan bahan dengan serat alami, seperti 100% katun untuk seprai, sarung bantal, atau dari linen dan katun flanel.

Kiat menjaga kamar tetap sehat

  • Membersihkan kamar setiap pagi.
  • Kamar yang rapi akan terhindar dari debu yang tidak terlihat.
  • Menyimpan semua barang dan perkakas ke dalam tempat tertutup, agar tidak mengundang debu.
  • Menghindari menumpuk barang barang di sudut kamar, karena sering kali menjadi sarang nyamuk, begitu pula baju yang tergantung di balik pintu.
  • Menjaga kualitas udara di dalam kamar.
  • Mengusahakan masuknya cahaya matahari ke dalam kamar
  • Menghindari bahan-bahan beracun.
  • Sebaiknya tidak makan dan minum dalam kamar karena akan mengundang semut, kecoa, serangga, bahkan tikus ke dalam kamar.
  • Menyediakan tempat baju kotor tertutup untuk menghindari bau tak sedap.
  • Bila menyediakan keranjang sampah, pilih yang model tertutup.