home disclaimer privacy policy sitemap contact

Membuat desain ventilasi dapur yang sehat dan indah

Tuesday, April 19th, 2016

Ide pada ventilasi dapur yang sehat

  • ide pembuangan asap rumah minimalis
  • cara mendesain lubang di dapur
  • ventilasi udara dapur yg menggunakan kaca
  • biar dapur tidak panas
  • lubang angin asap dapur diperumahan

Membuat desain ventilasi dapur yang sehat dan indah

dapur kuning

Membuat detail pemasangan bukaan desain ventilasi dapur silang
Posisi bukaan penangkap udara (inlet) sebaiknya berada pada ketinggian aktivitas di dapur, yaitu sekitar 0,5-0,8 m. Untuk bukaan pengeluaran udara (outlef), dibuat lebih tinqgi agar udara panas atau pengap dapat keluar dari bagian atas. Aturlah dimensi atau kecepatan aliran udara dari bukaan inlet dan outlet.jika bukaan inlet Iebih kecil dari bukaan outlet maka kecepatan aliran udara di dapur akan meningkat 30o/o dari kecepatan udara di luar dapur. Selanjutnya, pilihlah model-model bukaan dengan kemampuan alir udara masing-masing berbeda.Tipe bukaan single hung, double hung,stiding, awning, cosement, iolousi, maupun hopper memiliki kemampuan mengalirkan udara yang berbeda beda.

Menggunakan exhaust fan
Sebelum memutuskan untuk menggunakan exhaust fan, pertimbangkan ada atau tidaknya desain ventilasi dapur. Bila dapur seperti kotak tertutup tanpa bukaan iendela yang cukup dan udara pun menjadi panas serta tidak nyaman saat proses memasak, pilihan memakai exhaust fan cukup baik. Perhatikan juga kelembapan udara di dapur. Dengan memakai exhaust fan, apakah dapur akan semakin lembap atau bahkan kesulitan untuk mendapatkan udara alami. Biasakan untuk merawat exhaust fan denqan cara membersihkannya secara rutin, minimal satu bulan sekali untuk melihat kondisi kipas, kisi-kisi penutup kipas, dan dudukan kipas. Periksalah setiap saat kondisi kipas serta instalasi yang digunakannya. Untuk membersihkannya, cobalah dengan menggunakan vacuum cleaner untuk debu yang tidak terelalu tebal. Akan tetapi, jika sudah menebal dan sulit di-vacuum, bersihkanlah dengan bantuan lap basah dan cepat-cepat dikeringkan kembali agar tidak lembap terlalu lama. Perhatikan posisi exhaust fan,apakah rentan terkena percikan air wastafel, bak cuci,atau berada didekat kompor atau cookerhood, jika terjadi kerentanan tersebut, tidak ada salahnya pindahkan exhaust fan pada ketinggian yang lebih aman.

Agar dapur bebas asap
Dapur harus memiliki bukaan atau jendela yang cukup sebagai sarana sirkulasi udara. Dengan adanya bukaan yang cukup, asap dan uap dari proses memasak dapat dialirkan ke luar. Oleh karena itu, pisahkan antara zona memasak dan zona makan. pastikan juga tersedia ruang sirkulasi yang cukup dari zona memasak ke zona makan, dan sebaliknya. Kemudian, maksimalkan jendela yang lebar atau sebuah cookerhood agar dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah asap di dapur.

Membuat desain ventilasi dapur yang sehat dan indah

jendela dapur

Jendela nako untuk desain ventilasi dapur
Arah dan kecepatan angin dapat disetel sesuai keinginan untuk menyaring jumlah cahaya yang masuk ke dalam ruangan Salah satunya dapat dilakukan dengan adanya jendela nako Sosoknya lebih modern, mewah, dan kuat. Materialnya pun merupakan kombinasi aluminium, stainless steel, dan polipropelin Bahkan pada jenis-jenis tertentu, jendela nako telah dilengkapi dengan motor dan remote control sehingga dapat dibuka – tutup tanpa menyentuhnya.

Agar tetap terawat dan terjaga kekuatan dari kaca-kaca yang ada, buka-lutuplah jendela dengan hati-hati Bila perlu tekanlah salah satu sisi penahan kacanya agar posisi kaca tetap presisi. Apabila kaca mulai longgar, lakukan perbaikan dengan cara mengencangkan besi penjepit kaca menggunakan tang secara perlahan-lahan. Pastikan agar kaca mantap dan presisi seperti semula.

Rumah sejuk dengan desain ventilasi dapur horisontal
Prinsip utama desain ventilasi dapur horisontal adalah mengeluarkan udara panas ke luar ruangan atau dialirkan ke atas (plafon). Cara ini khusus untuk daerah yang tidak memiliki jendela atau tidak berbatasan langsung dengan udara luar. Pertukaran udara (ventilasi) diperoleh dengan cara membuat lubang-lubang bukaan di area plafon, di bawah atap, maupun genteng agar dapat dikeluarkan secepat mungkin’ Karena udara panas biasanya naik ke bagian teratas maka jika tidak dikeluarkan akan menyebabkan ruangan menjadi panas. Akan tetapi, ruangan. dengan plafon yang lebih tinggi akan terasa lebih sejuk.

Demikian pula rumah yang memiliki atap curam dan jarak antara plafon dan atap yang cukup besar, akan terasa lebih sejuk di siang hari. Jadi, udara panas diberi jalan keluar dan dialirkan melalui lubang angin, jalusi, atau celah celah kecil di bawah atap yang dapat mengalirkan udara ke luar ruangan.

Penghawaan dari taman belakang
Buat sirkulasi udara mengalir dengan cara membuat ruang atau area terbuka berupa taman di depan dan belakang rumah. udara dapat mengalir secara horisontal melalui ruangan ruangan yang telah dibuat bukaan-bukaannya, dari bagian depan atau taman depan ke bagian belakang rumah atau taman belakang atau sebaliknya. Udara pun akan mengalir secara vertikal melalui taman belakang rumah lewat atap yang terbuka atau memiliki celah

udara ke atas.Aliran udara secara vertikal ini juga dapat dilakukan lewat area tangga maupun void yang ada di dalam rumah Selain itu’ pembuatan kolam di area taman, air terjun, atau waterwall juga turut membantu’ Hal ini memperbanyak terjadinya uap air dalam rumah di siang hari sehingga membantu menurunkan suhu ruangan dan menciptakan kesejukan di dalam dapur

Gallery of Membuat desain ventilasi dapur yang sehat dan indah