home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips Desain Kamar Tidur yang menginspirasi

Thursday, April 14th, 2016

Tips Desain Kamar Tidur yang menginspirasi

desain kamar tidur

Tips Desain Kamar Tidur yang pertama adalah menentukan tema sebelum membangun atau merenovasi kamar tidur
Sebelum membangun atau merenovasi sebuah kamar tidur, pemilik biasanya menentukan tema yang mereka inginkan. Tema yang akan Sitentukan ini sebaiknya lebih spesifik dan mendetail, mulai dari kamar tidur utama, kamar tidur anak, hingga kamar tidur untuk tamu.mood, suasana, dan tatanan ruang harus lebih diperhatikan jika ingin mendesain sebuah ruang yang sifatnya sangat personal seperti kamar tidur.

Tips Desain Kamar Tidur yang kedua menentukan tema menurut selera pemilik
kamar tidur anak perempuan yang memiliki tema princess dengan warna-warna lembut tentu akan berbeda dengan kamar anak laki-laki yang memiliki tema olahraga atau musik. Begitu pula untuk kamar tidur utama, terkadang dua aspirasi dari dua selera yang berbeda harus disatukan. Tanyakan kamar tidur seperti apa yang diinginkan pasangan, kemudian carilah jalan tengahnya yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan yang ada.

Tips Desain Kamar Tidur yang ketiga menentukan tema menurut kebutuhan ruang
Dalam kasus ini, misalnya dalam perancangan kamar tidur utama pemilik menginginkan adanya fasilitas hiburan seperti TV dan sofa sebagai tambahan. Namun, eksisting ruangan tidak dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu,sebaiknya tema minimalis dengan furnitur yang kompaklah yang dipilih agar kebutuhan dan eksisting ruang dapat berbanding seimbang.

Tips Desain Kamar Tidur selanjutnya yaitu menentukan tema menurut lokasi dan bentuk eksisting ruangan
Sebuah kamar tidur utama pada rumah terkadang memiliki bukaan-bukaan lebar yang menghadap langsung ke landscape berupa taman dengan pohon-pohon rindang_ Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tema natural untuk lebih memaksimalkan gaya tropis yang terlihat pada rumah tinggal secara keseluruhan.

Tips Desain Kamar Tidur yang kelima Mencari referensi untuk tema
Setelah ditentukan tema ruang tidur mulailah di cari referensi dari buku buku desain atau majalah tentang perancangan interior. Dari referensi inilah biasanya idea-idea segar datang hingga memudahkan pelaksanaan pembangunan atau renovasi.

Tips Desain Kamar Tidur yang keenam membeli atau membuat furnitur yang sesuai dengan tema
jangan sepelekan furnitur yang akan dipakai dengan pemilihan desain dan bentuk furnitur yang baik darn suasana yang ingin dibangun akan tercapai dengansempurna Misalnya, jika tema untuk kamar tidur adalah minimalis maka beli atau buatlah furnitur dengan bentuk-bentuk yang simpel.

Tips Desain Kamar Tidur

tips desain

menetukan anggaran

Mendapatkan kamar tidur yang memilki tema sesuai dengan yang diinginkan tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit, apalagi bila kamar tidur direnovasi total. Cara mengakali budget yang membengkak adalah berusaha lebih kreatif dalam memanfaatkan furnitur lama dan membuat sendiri aksesori elemen estetik dari bahan yang murah, tetapi dapat mempercantik kamar tidur.

Menentukan alokasi waktu pekerjaan re-modelling atu pembangunan
Merencanakan waktu pekerjaan merupakan salah satu hal terpenting dalam pengerlaan perancangan interior. Jadwal pekerjaan harus disusun dengan baik, mulai persiapan hingga pengerjaan final, untuk menghemat biaya tenaga ahli serta mengefisiensikan waktu yang diperlukan agar kamar tidur tersebut dapat segera ditempati

Inpirasi tema minimalis kamar tidur utama
Desain kamar tidur utama bertema minimalis sangat diminati oleh masyarakat yang serba praktis sekarang ini. Akan tetapi, berhati hatilah karena tidak semua orang cocok dan butuh kamar bertema minimalis. Beberapa hai yang perlu diperhatikan dalam merancang kamar tidur utama bertema minimalis adalah sebagai berikut

Pemilihan furnitur
Sebaiknya pilihlah furnituryang memiliki bentuk simpel dan clean. Pilih meja atau kursi yang memiiiki desain sederhana sedikit atau tanpa ornamen. Desain furnitur harus dipilih secara presisi dan tegas. pastikan besarnya dimensi furnitur sesuai dengan dimensi ruangan kamar tidur sehingga tetap mampu bergerak dengan leluasa dan jalur sirkulasi tidak terganggu.

Pemilihan warna
Warna-warna yang sering digunakan dalant perancar.’, interior modern minimalis adalah warna warna dingin dan netral seperti putih dan abu abu. Gunakan corak warna-warni yang ramai atau corak bunga sebagai aksen atau point of interest di salah satu sudut ruangan kamar tidur. misalnya, kamar tidur.

Permainan lampu dan bidang plafon
Hal ini sangat mendukung untuk mendramatisasi suasana dan mood kamar tidur utama. Kombinasikan permainan ampu dengan konsep warna-warna hangat atau dingin dengan sistem direct alau indirect lighting. Permainan bidang plafon bisa diterapkan dengan permainan maju mundur atau pun naik turun bidang plafon kamar tidur.

Pemilihan material
Penqgunaan material yang tepat dapat memperkuat konsep minimalis yang ingin dihadirkan di kamar utama. Furnitur kaca misalnya yang dipadu dengan aluminium atau besi tempa termasuk jenis furnitur banyak digunakan dewasa ini. Selain bentuknya yang simpel dan berkesan bersih, perawatannya pun relatif  mudah dilakukan.