home disclaimer privacy policy sitemap contact

Feng shui dapur yang baik seperti apa?? Ternyata seperti ini..

Monday, May 9th, 2016

Feng shui dapur yang baik

perlengkapan dapur

1.Ciptakan dapur yang bersih, tidak pengap, tidak gelap, dan tidak lembap

Feng shui dapur mengatakan dapur yang kotor, lembap, pengap, dan gelap sangat berpotensi menimbulkan energi pembunuh (shaqi). Energi pembunuh ini dapat diibaratkan sebagai kuman dan penyakit.

Secara logis, dapur yang sehat akan menghasilkan masakan yang sehat pula. Untuk itu, dapur harus dijaga kebersihannya agar kesehatan penghuni rumah pun terjamin. Selain kebersihan, tata cahaya, dan ventilasi udara pada dapur pun merupakan faktor yang penting. Hal ini berkaitan dengan sisi keamanan dan kenyamanan selama melakukan aktivitas didapur.

2.Posisikan perletakan kompor dengan benar
Kompor merupakan salah satu elemen yang penting dalam suatu dapur. Posisi perletakan kompor yang paling aman dan baik adalah ketika seseorang yang memasak dapat melihat seluruh sudut ruangan dapur, khususnya pintu dapur. Hal ini bertujuan agar orang yang memasak mengetahui dan tidak kaget dengan adanya orang yang masuk.

Dengan demikian, orang yang memasak tidak salah dalam meracik dan mengolah masakan. Apabila hal ini tidak dapat dilaksanakan, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memasang cermin di dinding atas kompor. Cara lainnya adalah dengan menggantungkan lonceng kecil di dekat pintu. Dengan melakukan solusi tersebut, orang yang memasak dapat mengetahui jikalau ada orang yang masuk ke dalam dapur.

Feng shui dapur yang baik

3.Jangan menggunakan ialan lorong pada dapur
Menurut feng shui dapur, jalan yang membentuk lorong akan mengakibatkan aliran energi (chi) pada jalan tersebut mengalir kuat, sehingga dikhawatirkan energi chi yang seharusnya lebih lama berada dalam ruang dapur akan terbuang lebih cepat. Jika dilihat dari sisi logis, jalan yang membentuk lorong akan mempersulit orang yang berlalu lalang di jalan tersebut.

Dengan demikian, hindari jalan lorong di ruang dapur. Apabila hal tersebut sulit dilakukan, solusi yang dapat diterapkan untuk memperlambat chi adalah dengan memasang tanaman di depan jendela dan memasang lampu gantung dijalan lorong tersebut.

4.Sudut ruang dapur jangan terlalu tajam
Sudut ruang dapur yang terlalu tajam akan mengakibatkan ruang gerak saat beraktivitas di ruang dapur terganggu. Ketidak nyamanan ruang gerak ini dikhawatirkan akan memengaruhi proses memasak sehingga masakan yang dihasilkan menjadi kurang optimal. Selain itu, hindari pula perletakan kompor di sudut ruang yang sempit ini karena akan memperburuk keadaan.

Apabila kondisi ini sulit dihindarkan, solusi yang dapat diterapkan adalah dengan menggantung sebuah cermin atau meletakkan pot yang ditanami tanaman merambat pada sudut ruang yang tajam tersebut. Tujuannya untuk mengurangi sudut tajam agar terlihat lebih tumpul dan lebih manis. Usahakan kompor tidak terlihat dari ruang tamu.

Secara feng shui, kompor merupakan salah satu lambang kekayaan penghuni rumah. Jika kompor terlihat dari ruang tamu, akan menimbulkan kesan pemilik rumah ingin memamerkan kekayaannya pada orang lain. Secara logis, jika kompor atau daerah memasak di dapur terlihat dari ruang tamu, orang yang memasak akan risih karena merasa aktivitasnya diamati oleh tamu. Di samping itu, menurut budaya Jawa, dapur yang terlihat dari ruang tamu dianggap tidak pantas.

fengshui dapur

5.Kompor tidak diletakkan berhadapan dengan pintu utama
Perletakan kompor menurut feng shui sebaiknya tidak diletakkan langsung berhadapan dengan pintu utama rumah tinggal. Kompor yang berhadapan dengan pintu utama akan membuat chi yang masuk dari pintu utama seolah menusuk kompor. Hal tersebut dapat merusak kestabilan keberuntungan dalam keluarga penghuni rumah.

Dilihat dari sisi logis, kompor sebaiknya tidak diletakkan menghadap pintu karena pintu merupakan tempat yang sering dilalui angin. Hembusan angin dikhawatirkan akan memengaruhi nyala api kompor sehingga dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran.

6.Kompor tidak di sebelah tempat cuci atau kulkas
Menurut feng shui, kompor adalah elemen api, sedangkan kulkas atau tempat cuci merupakan elemen air. Jika kedua elemen tersebut dipertemukan, akan mengakibatkan tabrakan dua elemen yang bertentangan. Dengan demikian, kedua elemen tersebut harus dijauhi karena dianggap tidak baik.

Alasan logisnya adalah cipratan air dari tempat cuci yang terlalu sering akan mengakibatkan nyala kompor mudah mati. Sebaliknya, kompor akan menjadi cepat berkarat (korosi) apabila sering terkena air. Di samping itu, kulkas yang bersebelahan dengan kompor akan memiliki risiko kebakaran yang tinggi.

7.Hindari meletakkan balok atau lemari gantung di atas kompor
Menurut feng shui, penempatan balok atau lemari gantung di atas kompor perlu dihindari karena kompor seperti mendapat tekanan berat dari balok gantung atau lemari gantung tersebut.
Untuk menghindari tekanan berat dari balok gantung, solusinya adalah dengan menurunkan ketinggian plafon sehingga balok gantung akan tertutup oleh plafon. Sedangkan untuk menghindari tekanan berat dari lemari kabinet gantung yang melintas di atas kompor adalah dengan memasang cookerhood (pengisap asap) di atas kompor yang menempel pada lemari gantung.