home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain lantai dapur yang menarik

Wednesday, April 20th, 2016

Desain lantai dapur yang menarik

lantai dapur

Dalam mendesain lantai dapur, perhatikan hal-hal berikut:
a. Rencanakan desain lantai dapur dengan permukaan lantai yang tahan gores, tahan panas, tahan minyak, tahan air, tahap uap, tidak licin, dan mudah dibersihkan serta dirawat.
b. Desainlah lantai dapur dengan memperhatikan ukuran dapur agar dapat disesuaikan dengan banyaknya keramik atau semen yang akan dipakai.
c. Agar lantai mudah dibersihkan,aman,dan tahan lama,diskusikan bahan keramik yang tepat serta sesuaikan pula dengan budget yang dimiliki.
d. Dalam mendesain lantai dapur, Pilihlah warna, motif dan bahan yang cocok atau serasi dengan kitchen sef atau dinding dapur agar lebih nyaman dan berkesan rapi.

Desain lantai dapur yang menarik

Jenis desain lantai dapur
Jenis lantai dapur dapat berupa keramik, teraso, tegel, maupun parket. Tiap jenis lantai tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan pemakaiannya sehari-hari. Untuk desain lantai dapur basah, sebaiknya hindari jenis lantai berbahan Parket. Adapun untuk dapur kering lebih cocok dengan jenis lantaiĀ  yang berbahan keramik atau ubin.

Lantai bebas Iicin
Agar lantai dapur bebas licin, lakukan langkah-langkah berikut:
a. Bersihkan lantai setelah selesai memasak, terutama memasak dengan menggunakan minyak yang rentan cipratan ke lantai Lantai keramik yang berpori kecil tidak cepat menyerap minyak Karena itu, untuk menghilangkan minyaknya, gunakan lap basah atau cairan pembersih lantai.
b. Setelah selesai mencuci peralatan masak, seqeralah untuk mengelapnya karena cipratan air yang tidak langsung dikeringkan akan membuat lantai menampung debu dan kotoran di dalam air tersebut.
c, Gunakan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air sebagai cairan pembersih pada lantai, kemudian lap dengan lap basah. Setelah itu, pel lantai dengan air biasa.

Lantai aman dari bakteri
Ceklah lantai yang berlubang atau yang mulai tampak retak-retak. jika lantai keramik rusak karena terkena benda berat atau tajam, cepatlah ditutup dengan semen, tutup dengan nat, atau langsung ganti dengan keramik baru.
Jangan biarkan lantai bolong atau terburai semen-semennya agar tidak menjadi tempat semut bersarang. Ceklah selalu lantai yang mulai keropos atau terlepas dari dasarnya karena kuman dapat dengan mudah berkembang biak di daerah lembap atau terlalu kering.

Lantai dapur bebas kotoran
Bersihkan lantai dapur setiap kali selesai beraktivitas. Hindari menumpuk kotoran di sudut dapur. Tumpukan kotoran tersebutdapat mengundang semut atau binatang lain untuk mencari makanan sisa. Selain itu, pilihlah sapu yang praktis dan hanya berfungsi untuk menyapu, seperti sapu ijuk, sapu plastik, ataupun material lainnya yang dapat memudahkan membersihkan lantai. Untuk keperluan dapur yang luas, gunakan sapu sekaligus dapat digunakan untuk mengepel, terutama untuk lantai yang kering.