home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain kamar tidur minimalis untuk si remaja yang suka membaca

Monday, May 2nd, 2016

Desain kamar tidur minimalis untuk si remaja yang suka membaca

Desain kamar tidur minimalis yang didesain khusus untuk seorang remaja putri yang gemar membaca buku ini penuh dengan buku bacaan. Oleh karena itu, desain kamar tidur minimalis ini harus mampu mengakomodasi segala hal yang berhubungan dengan kegiatan membaca, mulai dari kenyamanan saat aktivitas membaca buku hingga keefektifan dalam penyimpanan koleksi buku. Walaupun demikian, aktivitas utama dalam sebuah kamar, seperti aktivitas tidur dan belajar, tetap harus terwadahi.

kamar minimalis perempuan

Layout ruang pada kamar ini berbentuk huruf ‘L’ yang secara keseluruhan terbagi dalam dua segmen, yaitu area inti dan area baca. Area inti berukuran 3 m x 4 m terdiri dari area tidur dan area belajar. Sementara di bagian sudut terdapat area baca berukuran 2mx2m.

Pada area tidur dalam desain kamar tidur minimalis ini terdapat sebuah tempat tidur yang dilengkapi kasur serta dipan unik dengan laci laci penyimpanan di bagian bawahnya. Dipan pada desain kamar tidur minimalis ini juga didesain menyatu dengan rak vertikal tempat meletakkan pernik pernik koleksi serta aksesori kamar lainnya.

Tempat tidur ini diletakkan dekat dengan bukaan jendela lebar yang memberi view ke arah halaman yang asri. Di sisi yang berseberangan dengan area tidur terdapat area belajar yang dilengkapi perangkat komputer sebuah meja yang simpel, serta kursi unik bergaya retro.

Desain kamar tidur minimalis untuk si remaja yang suka membaca

ruang baca

Salah satu area yang terlihat dominan dalam desain kamar berikut adalah area baca. Pada area ini terdapat rak buku yang cukup besar untuk menampung koleksi buku yang banyak. Area baca ini dibuat senyaman mungkin dengan view ke arah taman di luar melalui bukaan kaca yang lebar. Sebuah alas duduk berupa bantal gas besar berbentuk bulat disediakan pula untuk mendukung kenyamanan dalam membaca buku.

Kedinamisan tampak dari pilihan warna yang digunakan. Warna warna lembut diserasikan dengan warna keras. Terdapat pula warna warna kontras yang ‘ngejreng’ sebagai titik hidup kedinamisan perpaduan warna. Secara psikologis, warna kontras ini juga berperan sebagai pembangkit semangat sehingga remaja akan selalu bergairah dalam belajar, membaca, maupun menciptakan ide kreatif lainnya. Kedinamisan warna juga tampak pada koleksi koleksi buku dan aksesori ruang.

Warna-warna tersebut membentuk kontras terhadap lemari atau rak penyimpanan yang cenderung berwarna cokelat keras yang gelap. Permainan kontras juga diaplikasikan pada bagian bawah lemari buku yang cenderung “kurang terlihat Bagian ini disapu warna cokelat muda atau krem yang cerah sehingga tampil lebih menonjol.

Dua buah cermin besar yang saling berhadapan menempel pada dinding di
sisi area tidur. Cermin ini berguna untuk menciptakan kesan luas pada ruangan. Selain itu, cermin ini juga berfungsi memberi pandangan terhadap ruang sehingga area baca tidak berkesan buntu atau terpojok.

Tips mendesain kamar tidur minimalis untuk remaja perempuan yang suka membaca adalah:

AREA BACA Dilengkapi bantalan besar berbentuk bulat untuk menambah kenyamanan saat membaca
CERMIN1 Selain menciptakan kesan luas pada ruangan, bisa juga digunakan sebagai cermin rias
CERMIN 2 Berhadapan dengan cermin 1 sebagai siasat agar area baca tidak berkesan buntu atau terpojok
AREA BELAJAR Terletak bersebelahan dengan area baca dan dilengkapi kursi belajar bermotif apik

Gallery of Desain kamar tidur minimalis untuk si remaja yang suka membaca