home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain kamar tidur anak perempuan dengan nuansa “etnik” nan unik

Saturday, April 30th, 2016

Desain kamar tidur anak perempuan dengan nuansa “etnik”

Desain kamar tidur anak perempuan dengan nuansa etnik selalu identik dengan budaya dari suatu ras, suku (etnis), atau daerah tertentu. Gaya etnik yang digunakan masing masing ras, suku, atau daerah tersebut pun berbeda beda bergantung tradisi seni serta filosofi lokal yang diangkat. Karakter “etnik” sering kali diaplikasikan pada gaya pakaian, jenis kain, model perhiasan, hingga tampilan serta aplikasi material pada bangunan tradisionalnya.

tema kamar tidur2

Desain kamar tidur anak perempuan dengan Gaya etnik mungkin bisa dianggap sebagai gaya kuno yang ketinggalan zaman. Namun, saat ini gaya etnik kembali diminati, terutama bagi pemilik rumah yang memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap nilai nilai budaya suatu etnis. Beberapa orang juga mengaplikasikannya untuk sekadar mendapatkan suasana “tempo doeloe”.

Aplikasi gaya etnik dalam desain kamar tidur anak perempuan mengalami sedikit pergeseran. Desain kamar dengan gaya etnik tak lagi diterapkan secara murni, tetapi telah diakulturasi dengan langgam gaya modern yang sedang tren. Salah satu aplikasi gaya etnik modern terlihat pada desain interior kamar remaja putri berikut, Secara keseluruhan, kamar ini mengambil konsep interior etnik Jawa yang dipadukan dengan beberapa sentuhan gaya modern.

Nuansa etnik Jawa yang terlihat dari model ukiran ukiran seperti yang sering diterapkan pada furnitur ukir khas Jepara. Namun, ukiran ukiran ini dilapisi warna kuning emas sehingga terlihat lebih modern. Warna kuning emas dipilih karena mampu menampilkan karakter elegan, tapi tetap memiliki “benang merah” dengan karakter etnik.

Desain kamar tidur anak perempuan

kamar remaja putri

Desain kamar tidur anak perempuan remaja ini memiliki sebuah tempat tidur berdesain etnik yang unik. Keunikan terlihat pada penggunaan kelambu yang menaungi tempat tidur. Aplikasi kelambu ini juga merupakan bentuk perpaduan gaya modern dalam desain etnik. Walaupun populer di era modern klasik, kelambu dianggap pas untuk dikawinkan dengan tempat tidur bergaya etnik.

Perpaduan antara gaya modern dan etnik terlihat pula pada meja belajar dan lemari pakaian (wardrobe) Jika dilihat dari segi bentuk, meja belajar ini mungkin tidak berbeda jauh dengan meja belajar modern yang banyak
berkembang pada saat ini. Seperti halnya meja belajar desain kursi belajarnya pun terlihat sangat “masa kini”. Nuansa modern juga terlihat dari penggunaan material kaca pada pintu wardrobe. Sementara itu, nuansa etnik pada perabot perabot ini hadir dalam wujud ekspos warna warna kayu pada badan perabot yang dihiasi dengan ornamen ukiran. Ukiran ukiran yang cantik ini tetap konsisten dalam balutan warna kuning emas sehingga senada dengan ukiran lainnya.

Pada desain kamar tidur anak perempuan remaja ini juga disediakan sebuah cermin besar dengan bingkai ukiran warna kuning. Ukiran ukiran ini juga tampil pada lis dinding di bawah plafon. Karakter etnik modern makin terasa lewat penggunaan papan kayu finishing politur pekat untuk penutup plafon serta parket kayu warna terang sebagai penutup lantainya. Sebagian lantai dilapisi kembali oleh karpet berwarna hijau nan sejuk.

Agar menambah nuansa sejuk pada ruangan, dihadirkan dua buah tanaman dalam pot yang diletakkan di sudut sudut ruang. Pada salah satu sudut ruang lainnya diletakkan aksesori berupa guci guci tanah liat khas Jawa. Karakter etnik modern pun terlihat pada dinding yang disapu warna
cokelat muda serta aplikasi tirai kayu sebagai penutup jendela kamar.