home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain Dinding Rumah

Saturday, May 28th, 2016

Desain Dinding Rumah

Desain Dinding RumahDesain Dinding Rumah merupakan elemen interior yang secara umum berfungsi sebagai penyokong plafon dan lantai. Dinding juga memberikan Proteksi dari segala cuaca, seperti hujan, angin, udara panas, serta merupakan media pembentuk ruang Yang dapat memberikan kesan privasi terhadap ruang yang dibentuknya. Namun, kekuatan untuk menahan dari segala cuaca tidaklah dituntut dalam dinding interior ruang keluarga. Adapun yang perlu mendapat perhatian dari dinding interior sebuah ruang keluarga adalah pengolahan pada dinding tersebut Pengolahan dinding dapat diterapkan melalui pemilihan bentuk, pewarnaan, tekstut maupun penerapan materialnya. Di samping itu, pengolahan pada dinding juga berperan dalam pembentukan lmage dalam ruang keluarga itu sendiri. Dinding dalam sebuah rumah tinggal kerap kali dapat dinilai sebagai elemen yang dominan dan monoton apabila dalam pengolahannya kurang diperhatikan. Seperti yang telah disebutkan di atas, pengolahan dinding dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam pengolahan dinding antara lain sebagai berikut.

Desain Dinding RumahPengecatan dinding merupakan pengolahan dinding yang paling populer. Ketersediaan berbagai macam warna dan cat bertekstur menjadikan penggunanya memiliki berbagai macam alternatif. Dalam memilih cat sebaiknya disesuaikan dengan karakter dan suasana ruang yang ingin dicapai. Selain dari segi tampilannya, pilihlah cat dengan memperhatikan tingkat perawatannya, tidak mudah berjamur, dapat mengatasi terjadinya retak rambut pada tembok, danterbebasdari campuran racun (ramah lingkungan). Khusus penerapan cat untuk rumah yang terletak pada tingkat kelembapan tinggi dapat menggunakan cat emulsi. Cat ini merupakan cat dengan kandungan anti jamur. Pemilihan warna akan berperan pada kesan yang ingin ditampilkan. Sebagai contoh, pemilihan warna terang dapat mengesankan suatu ruang menjadi lebih luas karena lebih dapat memantulkan cahaya, sedangkan dinding dengan warna gelap akan menimbulkan kesan tertutup dan lebih intim. Teknik pengecatan pun dapat diterapkan dengan berbagai cara agar menghasilkan berbagai tampilan, apakah ingin halus, bermotif, atau berteksur. Salah satu cara memberikan motif dan tekstur pada dinding dapat dipraktikkan dengan mudah menggunakan peralatan yang sudah ada.

Contohnya, apabila ingin menampilkan kesan kasar dengan alur vertikal dapat digunakan kuas cat untuk membentuk alurnya saat cat tembok setengah kering’  Selain Pengecatan, Pengolahan dinding yang populer lainnya adalah teknik wallcovering’ Wallcovering lebih sering dikenal dengan nama wallpaper’ Teknik wallcovering ini memiliki keunggulan Yang mampu menutupi kecacatan Yang ada Pada tembok (retak rambut)’
dapat menimbulkan berbagai kesan sesuai penggunaannya karena memiliki berbagai macam motif’ Selain itu, Pengerjaannya Pun cepat dan tidak berbau, tetapi perlu diperhatikan dalam pemasanganya’
Dalam Pemasangan sebaiknya dilakukan oleh tenaga khusus yang biasanya disediakan oleh penjual wallcovering tersebut’ Sebelum Pemasangannya pun Perlu diPerhatikan kondisi dindingnya. Keadaan dinding yang lembap akan mempercepat kerusakan wallcovertng tersebut. Dinding juga sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dari debu-debu, kotoran, bahkan cat yang masih menempel bila sebelumnya dinding menggunakan lapisan cat.

Pada awalnya wallcoverrng banyak terbuat darr bahan kertas. Akan tetapi, karena ketahanannya yang kurang kuat, mudah robek, dan tidak tahan air maka seiring kemajuan zaman, bahan wallcoverlng semakin beragam baik dari motif maupun kualitasnya. Jenis wallcovering yang bermacam-macam dapat dipilih sesuai kebutuhan. Ada bahan yang berasal dari kain, vinil, logam, bahkan dari bahan alamiah seperti kulit atau daun tanaman, Jangan lupa dalam pembeliannya dilebihkan dari kebutuhan pemasangan Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi kerusakan di kemudian hari.

Desain Dinding Rumah

Plafon

Desain Dinding RumahSatu lagi elemen Pembentuk ruang interior Yang melengkapi lantai dan dinding, yakni plafon. Plafon merupakan penutup suatu ruang Yang sudah dibentuk oleh dinding dan lantai sebagai struktur bawahnya. Fungsi plafon ialah sebagai tata letak lampu dan mekanikal, serta dapat juga diterapkan sebagai peran akustrk Peran akustik dapat diaplikasikan dengan penggunaan gipsum akustik serta bahan-bahan Plafon Yang familiar, seperti mutliplek atau gipsum. Keleoihar gipsi,m yakni bentuknya dapat dicetak dan tidak terlihat nat Pada sambungannya Pada ruang keluarga, Plafon dapat dipilih menggunakan gipsum akustik agar suara dari alat-alat elektronik tidak menyebar ke ruang lainnya
Bentuk plafon sebaiknya datar dan halus agar Pendistribusian sinar lampu baik dan merata sehingga seluruh kegiatan Yang ada di ruang Keluarga ciaPat drkerlakan dengan nyaman, terutama pada malatn hari Unsur yang memengaruhi psikologi ruang dari segi plafon adalah ketinggian dan warna plafon. Plafon yang tinggi berkesan terbuka dan dapat memengaruhi luas ruang. Bila lebar ruang keluarga tersebut sempit, dapat disiasati dengan plafon yang tinggi sehingga ruang tidak terlihat semakin sempit Namun, bila ingin menimbulkan susana intim dan ramah pada ruang keluarga, plafon dapat didesain lebih rendah.

Dari segi warna, plafon dapat dibuat terlihat rendah dari sebenarnya, yakni dengan menggunakan warna yang cerah, tua, atau warna yang kontras dengan warna dinding. Bila ingin menimbulkan kesan plafon yang lebih tinggi dari sebenarnya, dapat diterapkan warna yang sama dengan dinding atau warna-warna yang iembut dan warna muda. semakin sempit Namun, bila ingin menimbulkansusana intim dan ramah pada ruang keluarga, plafon dapat didesain lebih rendah. Dari segi warna, plafon dapat dibuat terlihat rendah dari sebenarnya, yakni dengan menggunakan warna yang cerah, tua, atau warna yang kontras dengan warna dinding. Bila ingin menimbulkan kesan plafon yang lebih tinggi dari sebenarnya, dapat diterapkan warna yangsama dengan dinding atau warna-warna yang iembutdan warna muda.

terima kasih semoga bermanfaat tips tentang  “Desain Dinding Rumah”!!!!!!!!!

Gallery of Desain Dinding Rumah