home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain dapur sempit tanpa pintu. INI caranya!!

Wednesday, April 27th, 2016

Ide pada sempit tanpa pintu. INI

  • kitchen tanpa pintu
  • desain dapur langsung dengan pintu masuk
  • desain dapur minimalis tanpa jendela
  • model jendela pembatas dapur dan ruang makan
  • kitchen set tanpa pintu

Desain dapur sempit tanpa pintu

desain dapur kecil
Langkah membuat desain dapur sempit tanpa pintu adalah sebagai berikut:
a. Desainlah dapur dengan membuat satu ruang luas yang sekaligus menempatkan kitchen set dengan ruang makan.
b. Dapur ini lebih diutamakan sebagai dapur kering dan tidak terlalu banyak menempatkan perabotan atau barang-barang yang ada di alas kitchen set.
c. Untuk dapur tradisional, buatlah pembatas dengan cor beton untuk membatasi ruang Iainnya, tetapi arah menuju dapur dibuat lebih besar dan terbuka. Dapur ini sebaiknya menghindarkan ruang yang pengap. Dapur ini sebatas tempat untuk menyimpan peralatan dapur, kecuali lemari es dan meja cor semen tempat sink dan kompor manual.
d. Dalam perawatannya, dapur ini harus selalu dibersihkan dan dikeringkan dari kotoran basah dan sisa kotoran memasak yang berlebihan. Dapur tanpa pintu ini sangat memungkinkan binatang pengganggu mengobrak-abrik bahan makan yang tersimpan di lemari makan.

2.Merencanakan pintu dapur
Sesuaikan pilihan pintu dengan desain dapur yang diinginkan apakah bergaya tradisional atau sederhana, modern atau natural perhatikan pula faktor area basah maupun area kering. Posisi pintu sangat memengaruhi kekuatan bahan pintu kemudian, pertimbangkan untuk merawat pintu agar tidak menjadi sarang penyakit karena terlalu banyak penumpukan kotoran atau lemak sabun. Selain itu, pilihlah pintu yang memberi pengaruh dekorasi sekaligus fungsi sebagai penutup atau pembatas sudut sudut ruangan lainnya dalam desain dapur sempit Anda.

3.Jendela sebagai estetika
Sebelum merancang jendela sebagai elemen estetika di dapra, pastikan letak atau lingkungan sekitar dan kebutuhan dapur itu sendiri. Pilihlah model jendela yang bermanfaat sebagai ventilasi tanpa meninggalkan fungsi estetikanya.

Desain dapur sempit tanpa pintu

dapur sempit

4.Jendela model double hung window
Jendela ini disebut juga jendela atas-bawah karena terdiri atas dua bagian,yaitu atas dan bawah.Kedua bagian jendela ini dapat dibuka bergantian dengan cara menggesernya (sliding). Melalui jendela ini, udara dapat masuk, baik dari atas maupun bawah, bergantung kebutuhan. Jendela ini dapat dibuat menggunakan bahan kayu atau aluminium, dan relatif dapat digunakan di semua desain dapur, baik dapur besar maupun kecil. Hanya saja, harus diperhatikan perletakannya agar hembusan angin tidak langsung mengenai api kompor.

5.Jendela ayun atau casement di dapur
Sebuah jendela yang memiliki bukaan dan jendela yang menjorok ke luar dapat digunakan jika menginginkan aliran udara ke luar dalam dapur Biasanya, jendela ini menggunakan bahan aluminium dan kaca yang dapat dipilih memakai dua pilihan pemasangan, yaitu jungkit dan buft. Namun, penempatannya harus memperhatikar baiknya sirkulasi udara dari luar.

6.Jendela nako di dapur
Nako atau dikenal dengan sebutan kaca nako sangat tepat untuk dapur yang berada di dekat atau bahkan di pinggir jalan raya. Nako Capat mengalirkan udara ke dalam ruang tanpa membawa debu atau polusi dari luar rumah. Desain jendela nako dari zaman dulu sampai sekarang hampir tidak berkembang. Karena itu, pemakaian jendela nako terkesan ketinggalan zaman. Padahal jika ditinjau dari funqsinya, nako merupakan pilihan bukaan yang ideal karena mampu memenuhi dua fungsi sekaligus, yakni sebagai ventilasi udara dan cahaya. Dengan memakai nako, udara dapat masuk ke dapur lebih leluasa karena arah dan kecepatan angin dapat diatur sesuai kebutuhan.