home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain dapur sempit dengan pengudaraan buatan

Tuesday, April 19th, 2016

Desain dapur sempit dengan pengudaraan buatan

dapur mini

Memilih pengudaraan buatan dalam desain dapur sempit
Pengudaraan buatan sangat bergantung pada tempat Anda tinggal Untuk tempat yang cenderung dingin, pengudaraan buatan cukup dengan membuat bukaan agar sinar matahari masuk dan bukaan buatan dengan lubang-lubang angin. Sedangkan untuk daerah tropis yang cenderung berhawa panas, biasanya pengudaraan buatan dibantu dengan alat elektrik berupa AC (air conditioner) dan kipas angin (fan) Pada dasarnya fungsinya sama, yaitu sebagai pengusir panas dan pencegah pengap dalam ruangan, termasuk di dapur yang sempit. Namun, AC lebih cenderung memberi udara segar dan menyerap udara panas ke luar ruangan.

Kipas angin untuk desain dapur sempit
Untuk dapur yang cukup luas, kipas angin dapat ditempatkan pada plafon. Pilihan kipas anginnya terdiri alas ceiling fan, auto fan, atau wall fan. Sementara itu, ada pula kipas angin portable, yaitu kipas angin yang dapat dipindah – pindahkan. Kipas angin ini merupakan pilihan yang tepat untuk dapur yang relatif sempit, tetapi menampung udara atau hawa panas yang cukup berlebihan.

Cara praktis memakai kipas angin ini adalah dengan memilih kipas angin portable box alau standing fon. Namun untuk dapur yang relatif berasap, exhaust fon adalah pilihan tepat Kipas angin jenis ini bukan hanya mengembuskan udara,tetapi juga mengisap udara di dalam dan di sekitar dapur.

Memilih AC dalam desain dapur sempit
Untuk rumah dengan desain dapur sempit dan terbatas, gunakan AC untuk  aren dukung ruangan secara keseluruhan. Satu AC untuk satu dapur sebaiknya dihindari. Namun,alangkah lebih baik memasang AC pada ruangan tertentu, tetapi dapat menjangkau dapur dan daerah di sekitarnya.

Beberapa pilihan jenis AC dapat dillihat dari bentuk dan tingkat kebisingannya. Pertama, AC window yang unit penyerap panas dan pembuangan panasnya berada dalam satu unit merupakan AC yang tingkat kebisingannya tidak terlalu tinggi. Kedua, AC jenis split dapat diletakkan di dalam maupun di luar ruangan. Unitnya pun terbagi dua, yaitu indoor dan outdoor.

jendela dapur

Perawatan rutin AC
Langkah’langkah dalam merawat AC adalah sebagai berikut
a. Rawatlah AC secara berkala dan saksama dari kotoran atau debu yang dapat menyimpan berbagai virus dan bakteri untuk kemudian disebarkan kembali ke seluruh ruangan sehingga masuk melalui indera Penciuman.
b. Periksalah komponen AC yang dapat dilakukan sendiri atau oleh teknisi. Perhatikan komponen mana saja yang harus diberi perhatian khusus.
c. Lakukan pemeriksaan pada komponen saringan (filter) udara setidaknya sebulan sekali  Penyaring udara yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri, maupun jamur’ Bakteri inilah yang akan mengalir ke bagian evaporator coll untuk kemudian tersebar ke seluruh ruangan.

Merawat sistem AC
Agar AC dapat bekerja sesuai sistemnya, perhatikan hal-hal berikut:
a. Pastikan alat kondensor yang terletak di luar rumah bersih dari debu, semak-semak, atau dedaunan Sebelumnya, matikan pendingin ruangan terlebih dahulu. Anda dapat membersihkan debu dari kondensor tersebut menggunakan vacuum cleaner’
b. Apabila AC tidak bekerja dengan semestinya, lakukan pengecekan pada aliran listrik ke kompresor atau sumber listriknya, apakah terdapat kerusakan, baik dari kompreso. ataupun dari sumber listriknya. Apabila tidak didapatka kerusakan pada dua tempat tersebut, kemungkinan penyebab kerusakan berada pada komponen atau mekanisme start-nya.
c. Periksa kipas untuk menghindari kotoran menumpuk telalu lama agar tidak mengganggu motor kipas.
d.Agar aman, pendingin ruangan harus diberikan perawat. rutin minimal sebulan sekali, khusus untuk filter yang ada di indoor. Sedangkan pemeriksaan dan servis rutin secara total oleh teknisi yang terpercaya sebaiknya dilakukan enam bulan sekali.

Desain dapur sempit dengan pengudaraan buatan

Merencanakan ventilator dalam desain dapur sempit
Pastikan apakah dapur memerlukan ventilator. Untuk dapur yang relatif besar serta menyalurkan banyak udara kotor dan hawa panas sebaiknya ventilator dipasang menjadi satu bagian dari selurul bangunan. Ventilator berbadan aluminium mampu beroperasi 24 jam tanpa energi listrik. Turbin bersiripnya dapat bekerja secara alamiah dan terjadinya efek induksi akibat dorongan angin selemah apa pun, pada salah satu sisi ventilator, akan menyebabkan berputarnya turbin.

Karena itu, perputaran ini membuat udara dalam ruangan yang bertekanan lebih tinggi tersedot ke luar. proses efek thermal, akibat berlangsungnya dorongan naik terhadap udara panas yang ringan oleh udara sejuk yang berat akan membuat turbin ventilato berputar otomatis.

Merawat ventilator dalam desain dapur sempit
Pada dasarnya, ventilator diciptakan untuk jangka waktu yang lama. Namun, jika terjadi perbaikan’ cukup diperiksa sirip sirip turbin ventilator apakah ada kotoran atau bangkai hewan yang tersangkut namun mengurangi daya putarnya dalam mengisap udara segar atau mengeluarkan udara berpolusi.