home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain dapur restoran yang baik bagaimana? inilah caranya!!

Sunday, May 8th, 2016

Desain dapur restoran yang baik bagaimana? inilah caranya!!

Menentukan desain dapur tak dapat sembarangan. Perlu diketahui dulu fungsi dapur, seperti di mana letak dapur basah dan dapur kering. Dapur basah adalah area dapur tempat kegiatan masak memasak dilakukan. Mulai dari proses pencucian hingga pengolahan bahan makanan dilakukan di dapur basah. Sedangkan dapur kering merujuk pada area dapur yang digunakan untuk kegiatan yang serba ringkas, seperti menyajikan makanan saat sarapan dan menyeduh secangkir teh atau kopi.

dapur resto

Dapur kering pun dapat digunakan sebagai area kumpul keluarga, untuk sekadar berbincang bincang sambil menikmati kudapan atau camilan. Perencanaan letak perlengkapan dapur sebaiknya mengikuti kaidah segi tiga. Kaidah ini dibuat berdasarkan tiga fungsi utama dapur, yaitu penyimpanan, persiapan, dan pengolahan. Berdasarkan kaidah ini, jarak antara lemari pendingin, kompor; dan bak cuci piring haruslah seimbang. Jika ditarik garis di antaranya, haruslah membentuk segi tiga. Selain itu, sebagai area yang berfungsi sebagai tempat menyimpan dan mengolah bahan makanan, dapur harus selalu dalam keadaan higienis.

Dapur untuk restoran
Dapur restoran sangat bergantung pada besar kecilnya restoran. Untuk ukuran restoran besar, dapur dapat berukuran 3 m x 3,5 m untuk satu fungsi, yaitu dapur kering untuk penyajian terpisah yang luasnya tidak terlalu besar dari dapur basah untuk meracik masakan.

Dengan mempunyai dua dapur maka akan memberi kesan praktis, lebih menjaga kebersihan, kering, rapi, tidak bau, dan lebih tertata ketika proses penyajian kepada pelanggan. Selain itu, tempat tempat peralatan masak dan makan haruslah dipisahkan agar mudah digunakan. Kabinet kabinet dibuat secara tertata, dengan membuat kitchen set model bar, atau menggantung peralatan di atas kompor tanam atau di atas sink yang bersih.

Selanjutnya, pada saat menyajikan makanan, pramusaji harus memperhatikan kebersihan tangan. Saat akan mengolah makanan, mereka harus mencuci tangan serta memakai sarung tangan. Pramusaji juga harus bersih dalam penampilan serta memiliki kecepatan dalam memberi pelayanan.

Desain dapur restoran yang baik

desain dapur bisnis

Dapur untuk bisnis katering
Berikut beberapa tips yang harus diterapkan pada dapur untuk bisnis katering:
a. Bahan-bahan seperti ikan dan daging dagingan yang diolah harus berkualitas. Apabila kualitasnya sudah menurun, bahan bahan tersebut tidak boleh dimasak. lni akan berpengaruh pada rasa dan berbahaya bagi kesehatan.

b.Cara menyimpan bahan makanan pun perlu diperhatikan supaya higienis. Bahan makanan dipilih yang dapat disimpan di lemari pendingin dan yang tidak. Bahan yang belum diolah diberi pembungkus supaya tak dihinggapi lalat.

c.Rutinlah memeriksa dan mengecek kondisi kebersihan dan kesehatan lingkungan setiap enam bulan sekali, dari segi makanan, dapur, tempat penyimpanan barang, kondisi air, serta kondisi kesehatan karyawan.

d.Susunlah tempat penyimpanan barang karena jumlah kardus yang terlalu banyak membuat tempat penyimpanan barang untuk keperluan dapur terlihat kotor.

e.Untuk mempercepat proses pengolahan, rencanakan dapur lebih dari satu. Tiap dapur memiliki fungsi berbeda, yaitu dapur khusus mengolah masakan, menanak nasi, membakar ayam atau ikan, serta satu dapur untuk menyiapkan masakan untuk dibungkus atau dibawa ke tempat acara.

f.Satu bidang pekerjaan haruslah dikerjakan oleh orang-orang khusus. Dengan adanya pembagian pada masing-masing dapur. sangat membantu bila pesanan datang mendadak. Apalagi jika harus diselesaikan dalam waktu singkat. Jadi, semua dapat bergerak.

g.Kondisi dapur diupayakan selalu bersih dari kotoran. Saat memasak, perlu kehati hatian agar bahan makanan tak berceceran. Usai memasak, perabotan harus segera dibersihkan dengan dicuci, terutama meja dapur yang memakai bahan stainless steel.

Mengolah masakan di dapur katering
Berikut adalah cara mengolah masakan di dapur katering.
a. Untuk menjaga kualitas bahan-bahan berjenis ikan atau daging, hindarilah menyimpannya terlalu lama di freezer.
b. Sayuran dicuci sebelum dimasak. Bila tak langsung diolah, sayur dibungkus dengan daun pisang sebelum dimasukkan ke lemari pendingin agar tidak layu akibat terlalu dingin.
c. Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan ruang dapur dengan cara langsung membersihkan area dapur segera setelah memasak.
d. Dekatkan area penyimpanan dan pengolahan makanan, namun pisahkan area pengemasan di tempat tersendiri sehingga kebersihannya selalu terjaga.

Dapur untuk bisnis pastry
Model dapur pastry rumahan cenderung sederhana dan tidak memerlukan kitchen set. Anda dapat memaksimalkan dapur rumah untuk kapasitas pastry rumah tangga. Jika perusahaan pastry besar, buatlah dapur khusus untuk mengolah bahan-bahan, membakar atau menggoreng, mengemas dalam wadah-wadah, serta ruang mengepak. Selain itu, perhatikan kebersihan dapur agar pastry yang diolah juga menunjukkan rasa dan kelezatannya.

Gallery of Desain dapur restoran yang baik bagaimana? inilah caranya!!