home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain dapur minimalis bagaimana memilih partisinya?? INI 7 tipsnya!!

Wednesday, May 4th, 2016

Desain dapur minimalis

desain dapur minimalis

1.Merencanakan partisi dalam desain dapur minimalis
Berikut adalah langkah langkah dalam merencanakan partisi di ruang dapur:
a. Tentukan terlebih dahulu konsep secara keseluruhan dari dapurĀ  tanpa pintu.
b. Pilihlah desain atau model dari partisi tersebut yang disesuiakan dengan fungsi ruangan serta model atau gaya arsitektur dari keseluruhan bangunan atau ruangan. Hal ini dimaksudkan agar partisi yang dipasang dapat menyatu atau menjadi bagian dari arsitektur ruangan tersebut.
c. Pilihan pertama dapat berupa partisi permanen, yaitu partisi yang dipasang sebagai pemisah ruangan yang tidak dapat dipindah pindahkan. Partisi jenis ini biasanya dipakai sebagaiĀ  pembatas ruang yang berbeda fungsi dan si penghuni biasanya tidak ingin mengubah fungsi dari kedua ruangan tersebut.
d. Partisi yang dapat dipindah pindahkan digunakan untuk menutupi suatu fungsi ruangan yang tidak ingin diperihatkan atau untuk sekadar memberikan aksen agar ruangan tidak terkesan terlalu luas, misalnya antara dapur dan ruang makan
e. Warna atau tekstur dari partisi disesuaikan dengan konsep interior kitchen set atau merupakan warna turunan dari elemen elemen lain agar dicapai suatu keharmonisan dan keserasian antara partisi dan keseluruhan konsep interior ruang dapur.

2.Memilih dinding partisi papan gipsum dalam desain dapur minimalis
Papan gipsum terdiri atas inti dari bahan gipsum yanq dibungkus dengan kertas penguat di sekelilingnya Umumnya yang tersedia di pasaran, pada bagian ujung papan sisi panjang berbentuk miring (recessed edge). Namun, ada juga beberapa produk yang menyediakan tepian yang kotak untuk aplikasi khusus. Kekuatan utama gipsum terletak pada kertas pembungkusnya.

Untuk papan gipsum standar, kertas pembungkus biasanya berwarna gading dan cenderung kecokelatan dengan bahan sepintas mirip dengan kertas Pembungkus semen. Pilihlah papan gipsum standar (plosterboard) yang memiliki pelapis yang lebih tahan terhadap lembap, bukan basah, karena bahan gipsum memang tidak akan bertahan terhadap basah serta tahan api denqan lapisan kertas khusus’ termasuk tahan benturan dan goresan. Karena itu, ketika dgunakan di area dapur harus diperhitungkan penempatannya. Hindari menempatkannya di dekat kitchen sink dan tempat air untuk menghindari terkena basah.

dapur kuning

3. Memasang papan gipsum di desain dapur minimalis
Berikut adalah langkah langkah memasang papan gipsum:
a.Gunakan angka kayu atau pun rangka metal yang banyak tersedia di pasaran Rangka biasanya disusun secara vertikal dengan jarak disesuaikan dengan persyaratan tinggi maksimum yang dibutuhkan

b. Bila rangka telah terpasang, gipsum dapat dipasang dengan posisi pemasangan tegak dengan sisi pendek pada bagian bawah dan atas. Jarak antar panel gipsum menurut rekomendasi rata-rata dari pabrikan sebesar 2,5-5 mm.

c. Gunakan sekrup gipsum. Jarak yang direkomendasikan antar sekrup adalah 200-500 mm, bergantung pada ketebalan gipsum.

d. Nat yang terjadi antar panel gipsum ditutup dengan joint compound gypsum dan kain kasa. Setelah sambungan tertutup haluskan dan ratakan sambungan dengan ampelas untuk kemudian siap diberikan cat dasar.

e. Bila menggunakan aplikasi rangka kayu, sebaiknya kayu yang dipakai sebagai rangka adalah kayu yang cukup kering agar pada sambungan antargipsum tidak terjadi keretakan dikarenakan mulai susut kayu rangka.

4.Dinding partisi kalsium di dapur minimalis
Papan kalsium terbuat dari panel kalsium-silikat dan menggunkan serat selulosa sebagai penguat. Secara tampilan kasat mata, papan kalsium menyerupai bahan plafon fibercement, namun lebih tebal dan kuat.

Papan kalsium dalam proses produksinya telah mengalami pengeringan secara autoclaving sehingga tidak mengalami muai susut. Berat jenis papan lebih berat daripada papan gipsum, tetapi Cari sisi kekuatan dan kepadatan papan kalsium lebih padat dan kuat serta tahan air dan lembap. Bila terkena air, papan kalsium tidak akan terurai seperti halnya papan gipsum, ataupun terkelupas seperti triplek atau multiplek. Namun, bila terkena air dan lembap, akan mudah sekali terdapat bercak-bercak hitam (jamur). Meski dapat diatasi dengan pengampelasan dan pengecatan kembali, sebaiknya jauhkan dari sumber-sumber air ketika dipasang di dapur.

Bahan papan kalsium rata rata tidak mudah terbakar dan tidak menyebarkan nyala api serta tahan terhadap renturan dan goresan. Namun, sifatnya yang lebih getas terkadang dapat mengalami keretakan bila mengalami benturan yang cukup keras pada bagian yang tidak terdapat rangka. Keretakan pada papan kalsium memang dapat diatasi dengan pemberian plaster dan compount seperti halnya pada gipsum, namun hasilnya tidak serapi papan gipsum.

Desain dapur minimalis

kitchen set dapur

5.Merancang partisi dapur minimalis dari papan kalsium
Pemasangan papan kalsium tidakjauh berbeda dengan pernasangan papan gipsum. Biasanya, bila rangka kurang rapi, sambungan antar panel juga terlihat begelom bang dan hal ini iebih sulit diatasi dengan dempul daripada papan gipsum.

6.Memilih kayu partisi untuk dapur minimalis
Berbagai jenis kayu khusus interior dapat digunakan untuk partisi, misalnya kayu utuh atau gelondongan yang dapat memberi kesan yang alami. Apabila dipasang berjajar dengan jarak yang seragam, kayu partisi dapat menghasilkan kisi-kisi yang indah. Pola garis vertikal atau horisontal dapat saja diterapkan, namun bergantung kebutuhan. Tentu saja hal ini akan mempercantik tampilan dapur yang berkesan natural.

Sementara itu, kayu olahan tak kalah cantik. Karena banyak dipakai untuk sekat interior, kayu olahan dapat menghasilkan beragam pola, mulai dari kotak, kolom, maupun garis. Dengan beragam pola, batas antar-ruang terasa lebih tegas. Selanjutnya, yang penting untuk diperhatikan adalah jenis kayu. Pemasangan pada eksterior dan interior berdampak pada pemilihan jenis kayu. Eksterior sebaiknya menggunakan jenis kayu keras, misalnya jati, damar laut, dan merbabu. Hal sebaliknya untuk interior ruang dapur, dapat digunakan kayu kamper yang hargarnya relatif murah.

7.Partisi kaca pemanis interior dapur
Berikut adalah hal hal yang harus diperhatikan dalam memilih kaca sebagai pemanis interior di dapur.

a. Pertimbangkan bahwa pemakaian partisi kaca merupakan pemanis interior yang tidak langsung bersentuhan dengan dapur basah. Karena itu, berilah jarak saat pemasangan agar kondisi ruang selain dapur dapat terpisah dari kegiatan dapur. Meski demikian, karena efek kaca yang transparan, otomatis kegiatan memasak di dapur dapat juga menyatu dari ruangan lainnya.

b. Pillihlah kaca sebagai ornamen untuk mendapatkan visual lebih pada suatu ruangan dan disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya kaca bertekstur atau kaca patri.

c. Untuk fungsi pembatas area atau sebagai ornamen pemanis interior, gunakan kaca polos tanpa ada penghalang.

d. Partisi semitembus dapat juga dipilih agar dapat mengontrol area yang diinginkan atau sekadar menikmatinya. Misalnya, dari dapur ingin mendapat visual taman aiau kolam renang belakang rumah.