home disclaimer privacy policy sitemap contact

Dapur set desain untuk bisnis rumahan

Saturday, May 7th, 2016

Ide pada desain untuk bisnis rumahan

  • dapur minimalis catering
  • contoh dapur untuk catering
  • desain dapur tempat masak menu catering
  • dapur caterong minimalis
  • model dapur catering sederhana

Dapur set desain untuk bisnis rumahan

desain dapur bisnis

Mengenal dapur untuk katering rumah
Catering rumah merupakan usaha.jasa boqa yang melayani pesanan sampai dengan 100 orang, yang meliputi rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan atau pengajian, pesanan nasi boks untuk 20-100 porsi, dan pesanan nasi tumpeng. Dapur katering rumahan ini dapat lebih dari dua tempat dengan peralatan memasak lengkap untuk mengolah masakan. Selain itu, terdapat dapur khusus untuk tempat meracik bahan mentah serta mengemas masakan pada dus dus. Dapur rumah dapat dimanfaatkan sebagai sumber bisnis makanan yang dapat menguntungkan, misalnya dengan usaha katering dan usaha tata boga.

Mengenal dapur untuk katering sekolah
Katering sekolah adalah katering makan pagi atau siang untuk anak sekolah. Biasanya, disajikan dalam rantang atau tromol makan khusus anak anak. Untuk katering sekolah, dapur cukup satu tempat dengan perlengkapan minimal yang terdiri atas kompor, bak cuci, dan meja dapur. Selain itu, dapur dilengkapi dengan kabinet tempat menyimpan sekaligus mengemas makanan dalam rantang.

Mengenal dapur untuk katering kantor
Katering kantor merupakan katering rantangan karyawan kantor yang meliputi nasi boks atau prasmanan untuk perayaan maupun syukuran di kantor. Dapur pada katering ini dapat dibuat dua tempat. Semua perlengkapan memasak pun disediakan, termasuk meja ruang khusus pengemasan makanan siap antar.

Dapur set desain untuk bisnis rumahan

dapur catering

Mengenal dapur untuk katering hajatan
Katering acara khusus atau hajatan, seperti pernikahan dan perayaan, umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah dengan nasi boks dan tumpeng. Dapur untuk katering hajatan ini cenderung lebih luas hingga terdiri atas lebih dari tiga dapur.

Dapur haruslah dibuat dan ditata berdasarkan fungsi fungsinya masing-masing. Selain itu, peralatan yang digunakan pun lebih banyak dan harus disimpan pada tempat- tempat khusus. Selanjutnya untuk ruangan pengemasan harus disediakan khusus sesuai dengan banyaknya karyawan dan besarnya pesanan masakan.

Berikut beberapa tips dalam menyiasati dapur bisnis di lokasi padat penduduk.
a, Untuk rumah yang berdempetan, posisi dapur memang harus direncanakan secara khusus karena tidak mungkin membuat bukaan ke samping dan belakang rumah. Siasati dengan membuat banyak bukaan dari atap rumah. Sirkulasi udara juga lebih baik karena Anda dapat membuat bukaan langsung ke halaman depan sehingga tidak terasa panas dan sumpek.

b. Buat dapur di lantai kedua yang tidak langsung berhadapan dengan rumah tetangga agar proses distribusi bahan mentah, mengolah, dan mengemas masakan jadi lebih leluasa. Untuk dapur bisnis, makanan yang dimasak biasanya dalam skala yang cukup besar. Karena itu, pilihlah peralatan yang dapat menampung cukup besar dalam pemrosesannya untuk menghemat energi dan waktu Anda.

c.Posisi dapur yang ada di bagian depan dan mempunyai akses langsung ke halaman rumah akan memudahkan distribusi bahan-bahan makanan ke dapur. Selain itu, agar mudah untuk membuang sampah tanpa harus mengganggu aktivitas ruang-ruang lain.

d.Konsekuensi membuat dapur yang terbuka dan terlihat dari luar tentunya membutuhkan penataan yang baik agar tidak terlihat kumuh. Mulai dari desain, material, maupun peralatannya haruslah direncanakan sesuai dengan kebutuhan, luas ruangan dan budget-nya.

e.Anda tidak perlu membuat dapur kotor dan dapur bersih yang terpisah karena akan membuang banyak space dan biaya yang tidak sedikit. Sebaiknya, dana yang ada dioptimalkan untuk membuat satu kitchen set sehingga semua kebutuhan dan material dapur dapat masuk dan tersimpan dengan rapi.