home disclaimer privacy policy sitemap contact

Dapur menurut feng shui bisa menimbulkan dampak negatif, bagaimana cara mendesainnya agar positif?

Friday, May 6th, 2016

dapur menurut feng shui

desain dapur fengshui

1.Hindari posisi pintu dapur berhadapan dengan pintu utama
Desain dapur menurut feng shui paling pantang terlihat dari pintu utama karena dapat merugikan kehidupan penghuni rumah tersebut, misalnya karir dan keuangan akan hancur serta sulit mendapat kemakmuran, hubungan suami istri kacau, dan tidak memiliki ketenangan hidup.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan posisi pintu dapur ke arah atau sudut yang lain agar tidak mengarah langsung ke pintu utama dan posisi ruang dapur tidak tampak dari pintu masuk. Apabila tidak memungkinkan untuk dilakukan sebaiknya pindahkan ruang dapur ke tempat yang lebih tertutup.

2.Hindari posisi dapur, kamar pembantu, dan WC dalam satu ruangan
Posisi dapur, kamar pembantu, dan WC dalam satu ruangan akan menyebabkan dapur terkontaminasi kuman dan penyakit dari WC. Sebaliknya, kamar tidur yang seharusnya bebas dari asap justru akan mendapat asap dari masakan. Komposisi ruang ini juga dapat menimbulkan dampak yang tidak baik, misalnya keluarga penghuni sering mendapat sakit, masalah keuangan sehingga sulit untuk menabung, masalah keharmonisan suami istri, gangguan karena konsentrasi belajar.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memisahkan dapur dari ruang WC atau kamar tidur menggunakan satu penyekat masif atau dengan memindahkan posisi pintu. Selain itu, jendela masing masing ruang yang digunakan untuk sirkulasi udara harus memiliki akses tersendiri dan jangan dicampur jadi satu.

dapur fengshui

3.Hindari posisi kompor berhadapan dengan air
Menurut feng shui kompor termasuk elemen api, sedangkan tempat cucian adalah elemen air. Api dan air adalah dua elemen alam yang bersifat kontradiktif atau bertentangan apabila posisinya dipertemukan atau dihadapkan. Dua elemen yang kontradiktif ini akan menimbulkan dampak yang tidak menguntungkan bagi penghuni rumah, misalnya kesehatan penghuni tidak baik, karir banyak hambatan, keharmonisan suami istri bermasalah, banyak menimbulkan konflik ekstern maupun intern, dan sulit menemukan jodoh.

Dilihat dari sisi logika, sebaiknya letak kompor dan air jangan saling berhadapan langsung agar kegiatan di masing masing area dapat dilangsungkan secara bersamaan tanpa saling terganggu. Apabila posisinya harus berseberangan, sebaiknya letaknya dibuat tidak saling berhadapan langsung.

dapur menurut feng shui

4.Hindari posisi air lebih tinggi dari kompor
Desain dapur menurut feng shui sebaiknya posisi kran air tidak lebih tinggi dari tungku api yang ada di kompor. Secara logis, kedudukan kran air yang lebih tinggi dari nyala api, secara tidak langsung akan memadamkan kekuatan api yang ada di bawahnya. Menurut ilmu fengshui, posisi air yang lebih tinggi dari kompor akan memadamkan api vang ada di bawahnya. Nyala api yang tertekan atau dipadamkan air mengisyaratkan semangat untuk meraih keberuntungan dalam kehidupan ini juga akan padam atau terganggu.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan merubah letak kran air diturunkan sampai di bawah permukaan api. Cara menurunkan permukaan air ada dua macam, yaitu dengan menurunkan posisi kran air lebih ke bawah dan dengan cara memberi sambungan selang agar air yang keluar dari mulut selang posisinya bisa lebih turun.

5.Hindari posisi saluran air di bawah kompor
Posisi paling dipantang dalam feng shui adalah menempatkan kompor di atas saluran air. Dalam feng shui, posisi seperti ini dapat dihubungkan dengan masalah kesehatan, masalah rezeki kehidupan, dan penurunan semangat kerja. Secara logis, kompor yang berada di atas air juga dapat diibaratkan meletakkan api diatas air.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan letak kompor ke tempat yang di bawahnya tidak dilalui saluran air. Sementara posisi saluran air sebaiknya tidak di tengah, tetapi ditempelkan pada dinding agar tidak memakan ruang.

6.Hindari meletakkan kompor di bawah tangga

Penempatan kompor di bawah tangga tidak dianjurkan dalan ilmu fengshui. Selain dikhawatirkan akan kualat karena melangkahi makanan, posisi kompor di bawah tangga juga akan menyebabkan suatu kehidupan yang sial atau merana dan hidup hari tuanya akan susah dan menderita.

Akan tetapi, terlepas dari semua asumsi dalam ilmu feng shui meletakkan kompor di bawah tangga memang tidak dianjurkan sebab debu kotoran yang diakibatkan oleh kaki dan saat menyapu di anak tangga akan dengan mudah masuk ke dalam masakan. Tata letak seperti ini tidak baik bagi kesehatan.

Solusi yang dapat dilakukan adalah tidak menempatkan kompor di bawah tangga. Kalau pun ada rancangan yang melintaskan anak tangga di ruang dapur, sebaiknya bentuk anak tangga sifatnya tertutup rapat agar tidak ada celah yang dapat menghubungkan anak tangga dengan dapur yang ada di bawahnya.

7.Hindari meletakkan tangki air di atas kompor
Bukan hanya tidak boleh meletakkan air di atas kompor, meletakkan tangki air di atas dapur pun tidak disarankan oleh sebagian besar praktisi fengshui. Alasannya adalah unsur air tidak boleh ditempatkan di atas dapur. Selain itu, menurut ilmu fengshui, meletakkan tangki air di atas kompor juga dapat menyebabkan kesehatan keluarga menjadi tidak baik serta karir juga akan mengalami hambatan.

Solusi yang dapat dilakukan untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menggeser salah satu objek (antara kompor atau tangki air) yang dianggap bermasalah agar letaknya tidak saling tindih. Apabila penggeseran posisi salah satu objek ini masih dianggap kurang berkenan, sebaiknya tidak meletakkan tangki air di atas ruang dapur.