home disclaimer privacy policy sitemap contact

Cara merawat peralatan dapur dari berbagai material

Thursday, May 5th, 2016

Cara merawat peralatan dapur dari berbagai material

alat dapur

1.Cara Merawat peralatan dapur berbahan aluminium
Ambillah sepotong lap kecil yang bersih. Kemudian, basahi dengan larutan kaliloog (dapat dibeli di apotek atau toko kimia). Gosok pada peralatan aluminium tersebut. Kerak hangus pada dasar lapisan panci aluminium dapat dihilangkan dengan merebusnya di dalam air selama beberapa waktu. Namun ingat, alat-alat yang terbuat dari aluminium jangan digosok dengan soda karena akan menipiskan lapisan aluminiumnya.

2.Cara Merawat peralatan dapur berbahan kuningan
Untuk menghilangkan debu yang teroksidasi melalui udara pada pajangan, peralatan makan, dan fitting kamar mandi (kran, shower), cobalah digosok dengan larutan cuka dan garam lalu lap dengan kain bersih. Pembersihan dapat pula menggunakan pembersih kuningan (brasso) yang banyak dijual di pasaran.

3.Cara Merawat peralatan dapur berbahan tembaga
Untuk menghilangkan noda kehitaman atau teroksidasi, gosokkan campuran alr jeruk dan garam. Jika noda belum juga hilang, coba basahi sepotong kain dengan sedikit amoniak (tersedia ditoko kimia) yang dicampur dengan air, kemudian secepat mungkin gosokkan pada perabot yang terbuat dari tembaga.

Cara merawat peralatan dapur

peralatan dapur

4.Merawat kompor
Bersihkan segera sisa-sisa bahan makanan seusai memasak. Kemudian, jangan membersihkan kompor dengan sikat berbulu kasar karena akan merusak lapisan kompor. Cek semua kondisi kompor, mulai dari pemantik, burner, baterai kompor, pipa gas, sampai tabung gasnya. lngat umur ekonomis dari burner. Umumnya, burner akan menciut setelah 2 tahun.

5.Merawat kompor gas built in hob
Cucilah bagian bagian yang dilapisi enamel atau krom dengan sabun hangat atau deterjen yang non-abrasif. Kemudian, periksalah secara berkala selang gas untuk memastikan bahwa selang gas itu jauh dari permukaan panas ,tidak pada posisi tertekuk,dan permukaan luar selang tidak terlihat retak-retak yang dapat memungkinkan terjadinya kebocoran. Bila tercium bau gas yang sangat tajam, cepat lepaskan regulator dari tabung gas dan segera hubungi service cent produsen kompor.

6.Mengatasi gangguan pada kompor gas free standing
Bila pemantik tidak berfungsi, periksa steker kabel power, apakah kabel tersebut lepas dari sumber listrik atau tidak. Pastikan stopkontak bermuatan aliran Iistrik. Apabila listrik mati dan pemantik tidak dapat difungsikan, gunakan korek api.

Pastikan switch bergambar bintang sudah ditekan atau difungsikan dengan benar dan pastikan tegangan listrik mencapai 210 volt. Apabila tegangan listrik di bawah 210 Volt maka pemantik akan berfungsi.

7.Membersihkan burner kompor gas
Burner kompor gas yang terbuat dari tembaga atau kuningan dapat dengan mudah menjadi hitam dan karatan. Untuk membersihkannya, burner yang rctor direndam dalam larutan asam sitrat (yang biasa dipakai untuk pembuatan manisan buah).
Caranya, larutkan satu sendok makan asam sitrat ke dalam satu gelas air panas (100 cc), lalu rendam burner di dalam larutan itu selama 2-4 jam. Sikat hingga warna asli burner muncul lagi, Ialu bilas dengan air bersih. Kandungan kimia dalam asam sitrat membuat karat dan kotoran jadi mudah dibersihkan. Bersihkan burner setelah selesai memasak agar kotoran tidak menumpuk dan menyumbat aliran api

8.Menghindari api tungku berwarna merah
Periksa apakah ada sisa sisa pembakaran yang menempel pada tungku masak. Kemudian, bersihkan tungku serta perlengkapannya setiap selesai melakukan kegiatan memasak agar api tungku tetap dapat menyala secara optimal dan berwarna biru. Selanjutnya, lakukan servis berkala atas saluran gas dan alat penyetel saluran udara dengan menghubungi service center produsen kompor.

9.Merawat lemari es
Berikut adalah langkah-langkah merawat lemari es.
a. Kosongkan lemari es sebelum dibersihkan, kemudian buanglah bahan yang sudah kadaluarsa.
b. Matikan aliran listrik, kemudian ganjal pintu lemari es agar tetap terbuka. Tunggu sampai es pada dinding kulkas dan freezer benar benar mencair.
c. Keluarkan semua laci dan rak dari dalam lemari es, cuci dengan sabun cair, dan keringkan. Seka bagian dalam lemari es dengan larutan sabun cair dan air hangat.
d.Gunakan bahan khusus untuk menghilangkan bau pada lemari es atau tempatkan kaleng terbuka yang diisi bikarbonat soda atau potongan arang yang dibungkus plastik film.
e.Jangan mencongkel bunga es dengan benda tajam. Cabut colokan listrik selama +/- 15 menit maka es akan mudah dibersihkan.