home disclaimer privacy policy sitemap contact

Cara memperbaiki lantai keramik yang lepas, retak dan turun

Friday, April 22nd, 2016

Ide pada lantai keramik yang lepas,

  • cara mmasang keramik lantai kamar mandi yang lepas
  • cara ganti keramik kamar mandi yg pecah
  • lem perekat closet yg retak atau pecah
  • cara menambal lantai kamarmandi yg keramiknya pecah
  • keramik lantai 2 terangkat lepas

Cara memperbaiki lantai keramik yang lepas, retak dan turun

lantai retak

1.Memperbaiki lantai keramik yang turun
Berikut adalah langkah-langkah cara memperbaiki lantai keramik yang turun:

a. Semua bagian lantai keramik yang turun sampai ke dasar,termasuk sisa adukan semen dan urugan pasir dasar lantai, diangkat. Setelah permukaan tanah dasar terlihat, tanah dikeraskan dengan cara ditumbuk. Jika permukaan tanah lembek, pengerasan dilakukan dengan menambah puing-puing yang keras, batu kricak, atau kerikil.

b. Puing atau batu kricak atau kerikil tersebut harus ditekan tekan dengan ditumbuk agar masuk ke dalam tanah. Dengan demikian, dasar tanah menjadi padat dan tidak lembek. Setelah itu, diurug dengan pasir setinggi 10 cm, ditebar secara merata, lalu disiram sampai pasir memadat Permukaan pasir pun akan turun. Karena itu, tambah pasir lagi agar dasar pasir rata.

c. Jika relatif lama dalam pemasangan lagi, lantai harus dibersihkan dari sisa-sisa perekat yang lama Campuran spesi sebagai perekat antara lantai dan dasar lantai diperbanyak campuran semennya dengan perbandingan 1 pc : 2 pasir agar tidak mengalami masalah karena lebih kuat daya rekatnya. Untuk lantai dari bahan kayu, perekatnya menggunakan lem kayu.

2.Cara Memperbaiki lantai keramik yang lepas di dapur
Hal utama yang harus dipertimbangkan saat memperbaiki keramik lantai yang lepas di dapur adalah perlengkapan dan peralatan dapur di dekatnya. Geser dan jauhkan dulu untuk sementara kelengkapan dapur yang ada di atasnya agar tidak terkena noda maupun benturan alat pertukangan saat perbaikan dilangsungkan. Bagian lantai yang bermasalah, celah lantainya harus dilepas kemudian dikorek. Setelah seluruh lantai yang bermasalah tersebut terlepas, dasar lantai sampai ke dasar urugan pasir bawah lantaiĀ  bongkar

Cara memperbaiki lantai keramik yang lepas, retak dan turun

3. Cara Memperbaiki Iantai keramik retak di dapur
Perhatikan sebesar apa keretakan lantai yang terjadi. Artinya, besar atau tidaknya keretakan akan memengaruhi perbaikan yang akan dilakukan. Jika retakan yang terjadi hanya retak rambut yang tipis di permukaan lantai, retak tersebut dapat ditutupi dengan semen yang sewarna Namun, jika retak cukup besar, kepingan lantai sebaiknya diepas dan diganti dengan yang baru. Cara pengerjaannya haruslah hati-hati seperti saat melepas keramik lantai yang retak. Hal ini dilakukan agar lantai yang masih utuh tidak ikut terlepas. Selanjutnya, koreklah nat dengan benda tajam kemudian barulah pasangan dasar Iantai dilepas atau dipecah sampai ke dasar, dibuat dasar lantai, dan keping Iantai pengganti pun dipasang.

4. Memperbaiki nat lantai keramik yang retak
Ceklah terlebih dahulu apa penyebab keretakan, apakah karena bahan pengisi yang kurang berkualitas atau karena penurunan dasar lantai. Jika keretakan disebabkan oleh bahan perekatnya, cukup nat yang retak diisi ulang dengan bahan pengisi dan perekat berkualitas yang dicampur air secukupnya. caranya yaitu nat dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dikorek, kemudian disiranm dengan air. Selanjutnya, celah nat diisi dengan campuran yang agak cair dan dibiarkan meresap sampai kedalam. Pada waktu isian tadi masih setengah kering,tambahkan dengan campuran yang lebih kental dan ditekan agar memadat Sebelum isian tersebut mengering, sisa-sisa bahan pengisi yang tercecer di permukaan lantai dilap dengan lap kering.

5.Membersihkan noda minyak pada lantai keramik dapur
Lantai yang terkena tumpahan minyak akan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan. Hal ini sering terjadi pada daerah servis, seperti dapur dan ruang makan. Cara mengatasinya, yaitu lantai yang terkena minyak ditaburi garam sehingga garam akan menyerap minyak dan mencegah timbulnya bekas noda. Selain itu,bedak dan tepung maizena dapat menggantikan garam. Caranya sama, yaitu bedak atau tepung maizena digosok gosokkan sehingga minyak akan terserap. Kemudian, lantai disikat dan dibersihkan dengan kain basah dan dilap dengan lap kering.