home disclaimer privacy policy sitemap contact

Cara Membersihkan Lantai Dapur

Monday, April 18th, 2016

Cara Membersihkan Iantai dapur

dapur coklat
Proses membersihkan lantai rumah terkesan sangat mudah untuk dilakukan. Cukup disapu dan dipel maka lantai pun diharapkan bersih cemerlang. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membersihkan lantai dapur. Cara membersihkan lantai dapur antara lain sebagai berikut:

a. Basahi lantai sebelum dipel dengan cairan pembersih untuk mencegah cairan pembersih terserap oleh lantai keramik. Kemudian, bilas lantai setelah dibersihkan dengan cairan pembersih.

b. Hindari cairan pembersih lantai yang keras karena dapat menggores lapisan keramik atau cairan pembersih lantai yang berbahan dasar asam karena dapat merusak pori-pori keramik sehingga jadi berlubang.

c. Sebaiknya lakukan perawatan lantai secara teratur dengan menyapunya untuk mengurangi tumpukan debu sebelum dipel.

d. Gunakan air hangat daripada air dingin agar kotoran mudah terangkat. atau gunakan deterjen ringan dengan PH rendah. Kemudian, keringkan lantai dengan lap yang halus untuk menghindari goresan.

cara membersihkan lantai dapur

sapu micro

Membersihkan lantai dapur dengan sapu microfiber

Untuk kepentingan praktis lainnya, pilihlah sapu sekaligus kain pel. Material Yang digunakan adalah microfiber. Bentuknya mirip handuk, namun seratnya lebih rapat dan memiliki daya tarik kuat sehingga debu yang sudah “tertangkap” tidak akan dapat keluar. Cara kerjanya yaitu dengan mendorong kotoran seperti menyapu atau mengepel. Sedangkan cara untuk membersihkan micrlofiber ini adalah melepaskan kepala microfiber-nya, kemudian dicuci. Jika microfiber rusak, lepaskan kepalanya dan ganti dengan yang baru

Membersihkan lantai dapur dengan sapu bersumbu besar
Sapu dengan sumbu besar dapat menyeret debu dan kotoran dengan baik. Ukurannya paling besar dibandingkan sapu-sapu lainnya. Sapu ini menggunakan sumbu yang serupa dengan sumbu kompor sebragai Pengganti ijuk. Cara memakai sapu ini adalah cukup menyapukan sapu pada kotoran dan debu ke satu arah. Kemudian setelah kotoran terkumpul, baru dibuang. Pakailah sapu jenis ini hanya untuk area yang luas di dalam ruangan.

Membersihkan lantai dapur dengan sapu manual mekanik
Meskipun bentuknya tak mirip sapu pada umumnya, namun fungsi sapu manual mekanik ini sama. Ada dua bagian “ijuk” pada sapu ini. pertama, bentuknya melebar ke samping dan ijuknya hanya sedikit kedua, ijuk melingkar di batang besi yang mirip sikat botol. Cara kerja sapu ini sangat mudah, yaitu cukup mendorongnya ke arah lantai yang akan dibersihkan dengan sedikit tekanan. Semua kotoran pun akan terkumpul di tempat penampungan. Kemudian setelah penuh dapat langsung dibuang. Sapu ini hanya cocok untuk permukaan keras, seperti lantai paket, keramik, atau marmer yang biasa digunakan di ruang dapur jangan gunakan sapu ini untuk karpet karena roda-rodanya akan tersangkut dan macet. Selain itu, sapu ini dapat menjangkau bagian bawah perabot. Bentuknya ramping dengan ijuk yang lentur dan memiliki kemiringan yang pas. Karena bentuknya yang demikian sapuĀ  ini mudah digunakan untuk menjangkau bagian -bagian sulit seperti bagian bawah perabot atau sudut-sudut tersembunyi dengan demikian, kegiatan pembersihan dapat lebih sempurna