home disclaimer privacy policy sitemap contact

4 Model keramik lantai dapur terbaru

Saturday, April 23rd, 2016

Model keramik lantai dapur terbaru

dapur sederhana
Keramik hadir dengan banyak pilihan ukuran, warna, serta motif. Ukuran standar keping keramik yang sering ditemui di pasaran antara lain 20 cm x 20 cm; 30 cm x 30 cm; 20 cm x 25 cm; 25 cm x 33 cm; 33,3 cm x 50 cm; 32,5 cm x 49 cm; 32,5 cm x 65,6 cm; 33,3 cm x 33,3 cm; 45 cm x 45 cm; dan 33,3 cm x 66,6 cm.

Ukuran yang bervariasi diharapkan dapat membantu pemilik rumah bereksplorasi dengan material ini, terlebih agar penggunaan keramik dapat memberi banyak ide yang cocok dengan ukuran nangan. Tujuan lainnya agar sampah sisa keramik tak terlalu banyak sehingga merugikan penggunanya.

Berikut ini merupakan beberapa jenis keramik yang digolongkan sesuai dengan peruntukannya.

a. Kelas 1, yaitu lantai yang dilalui orang dengan alas kaki lunak atau tanpa alas kaki, tanpa ada gesekan kotoran, misalnya kamar mandi rumah dan kamar tidur yang jalan masuknya tidak langsung dari luar rumah.

b. Kelas 2, yaitu lantai yang dilalui orang dengan alas kaki lunak atau normal. Kadang ada sedikit gesekan yang keras, misalnya ruang keluarga, ruang tamu, dan ruang lain yang sering dilalui orang, kecuali dapur.

c. Kelas 3, yaitu lantai yang sering dilalui orang dengan alas kaki normal.Ada sedikit gesekan yang keras, misalnya dapur, koridor, balkon, dan teras.

d. Kelas 4, yaitu lantai dengan lalu lintas normal dengan gesekan keras, misalnya dapur komersial, hotel, ruang pameran,jalan masuk.

e. Kelas 5, yaitu lantai dengan lalu lintas pejalan kaki yang pada periode tertentu mendapat gesekan keras, misalnya shopping center, bandara, Foyer hotel, area pedestrian, area industri.

Model keramik lantai dapur terbaru

lantai dapur terbaru

1.Model keramik lantai dapur natural
Sekarang banyak dijumpai model keramik yang dipakai pada bangunan-bangunan lama. Biasanya jenis lantai ini berwarna natural atau bisque (off-white), terbuat dari tanah liat, dan dapat dibakar serta diwarnai sesuai keinginan. Jika ingin menampilkan kesan klasik, seperti bangunan etnik atau bangunan tradisional, keramik keramik natural adalah pilihannya. finishing warna pada keramik keramik jenis ini biasanya tidak seragam antara satu keramik dengan keramik lain. Namun, hal ini justru menambah keindahan dan variasi. Model ini biasanya tidak difinishing halus licin karena permukaan yang bergelombang dan tidak rata dapat menambah kesan lama atau kuno.

2. Model Keramik lantai dapur berpola
untuk tampilan yang lebih modern, kombinasi tua dan baru, keramik berpola dapat menjadi pilihan. Sekarang, kombinasi elemen- elemen tektur natural dan teknologi modern sudah tersedia. pabrik- pabrik keramik pun sudah banyak mencetak dan memfinising (glazed finishing) dengan menggunakan teknologi modern sehingga ukuran, bentuk, dan finishing-nya presisi. Selain itu, ketika dipasang seluruh efeknya adalah bersih. Bentuknya yang tegas pun memunculkan style keramik secara natural, bahkan memunculkan efek seperti batu alam

3. Model Keramik mozaik di lantai dapur
pilihan lain untuk keramik lantai adalah mozaik yang tersedia, bahkan dalam ukuran kecil (misalnya 2 x 2 inci), Keramik mozaik tersedia dalam berbagai jenis material dan finishing, mulai dari kaca sampai keramik. Selain itu, keramik mozaik tersedia dalam aneka pola dan gambar dengan aneka warna yang hidup. Kombinasi mozaik dan jenis keramik lain dapat menambah efek cerah pada lantai.

Memasang mozaik
Perlakukanlah mozaik clengan baik, yaitu dengan tidak merendamnya di dalam air karena air dapat merusak dan menghilangkan lem perekat pada jejaring di balik keping mozaik. Kemudian, bekerja samalah dengan tukang khusus mozaik atau berkonsultasi kepada distributor mozaik agar tidak terjadi kesalahan pemasangan yang dapat merusak keindahan tampilan mozaik nantinya. Sebaiknya gunakan pengisi nat khususdan bukan menggunakan semen biasa, karena nat mozaik cu kup kecil, yaitu berkisar 2-3 mm. Jenis semen biasa dapat membuat tampilan nat tidak rapi. Sementara itu, perawatan mozaik harus menggunakan kain lap basah, tetapi tak perlu diguyur dengan air. Segera lakukan pembersihan jika mozaik di dinding atau lantai terkena noda

4. Model lantai tegel
Untuk mengurangi lantai tegel yang baru dipasang terasa kasar dan kurang nyaman ketika diinjak, sapulah lantai tegel sampai bersih lalu dipel dengan air bersih. Setelah kering, siapkan ampas kelapa kelapa parut yang sudah diperas dan diambil santannya), kemudian. digosok- gosokkan ke seluruh lantai sampai merata. Diamkan selama 30-60 menit.Setelah itu,sapu sisa ampasnya hingga bersih. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan minyak solar baru yang dilapkan pada lantai. Setelah didiamkan sampai kering,minyak solar dibersihkan dengan lap kering. Proses tersebut diulangi setiap 1-2 minggu. Lama- kelamaan lantai tegel akan lebih halus, licin, dan berwarna gelap matang.