home disclaimer privacy policy sitemap contact

Dekorasi kamar tidur dengan nuansa “elegan”

Monday, April 11th, 2016

Ide pada tidur dengan nuansa “elegan”

  • interior kamar mewah elegan
  • gambar desain kamar utama nuansa klasik dan modern
  • dekorasi ruang tamu denga blockboard
  • dambar dekorasi ruangan mdf
  • kamar tidur elegan natural

Dekorasi kamar tidur dengan nuansa “elegan”

interior kamar tidur utama

Kamar tidur akan menghasilkan suasana yang elegan jika didekorasi dalam kesatuan tema, khususnya dalam hal pemilihan furnitur. Untuk mendapatkan kesan yang elegan, tempatkan furnitur – furnitur bernuansa klasik. Range pilihan desain klasik pun beragam, mulai dari yang simpel seperti klasik Amerika sampai yang sangat rumit seperti klasik borroque. ltu semua bergantung selera masing-masing penghuninya.

Dekorasi kamar tidur klasik terlihat dari detail di setiap sudut furnitur yang mengedepankan craftmenship tingkat tinggi. Hal inilah yang menjadikan furnitur – furnitur dalam dekorasi kamar tidur dengan tema klasik terkesan elegan dan berkelas. Dari segi harga pun terkadang menjadi cukup mahal. Sebenarnya tidak ada salahnya luga menggunakan furnitur dengan dekorasi modern. Namun, pilih yang memiliki detail-detail klasik.

Memilih material furniture elegan di kamar tidur
Dalam mendekorasi kamar tidur elegan, Material yang paling tepat untuk membuat furnitur berkesan elegan adalah kayu. Jenis kayu bermacam macam bergantung budget yang dimiliki. Berikut adalah jenis jenis kayu yang dapat dipakai untuk furnitur kamar tidur dalam dekorasi kamar tidur elegan Anda.

  • Kayu Solid.

Kayu solid merupakan bahan dasar terkuat dibandingkan kayu olahan. Persediaan kayu solid yang terbatas membuat harganya melambung tinggi di pasaran.

  • Plywood

Plywood adalah bahan dasar yang umum digunakan untuk pembuatan furnitur. Harganya relatif lebih murah dari pada kayu solid. Plywood merupakan kayu olahan yang relatif lebih kuat dibanding jenis kayu olahan lainnya seperti hdf, mdf, blackboard atau partikel board.

Bahan dasar plywood adalah kayu yang berlapis dan di press. Plywood biasanya dilapisi kulit kayu jati sungkai, nyatoh atau kulit kayu lainnya.

  • Blockboord.

Blockboard memiliki harga sedikit lebih murah dibanding plywood, demikian juga dengan kualitasnya. Bahan dasarnya hampir sama dengan plywood .

  • MDF.

Dalam mendekorasi kamar tidur, MDF dapat digunakan bila hanya memiliki anggaran terbatas. Harganya sedikit Iebih murah dari pada plywood dan blockboard. MDF adalah serbuk kayu halus yang diproses menyerupai bahan kertas yg tebal dan solid. MDF biasanya digunakan pada furnitur fabrikasi yang dijual dalam bentuk sudah Jadi. biasanya bagian luarnya dilapisi kertas bertekstur.

  • Partikel Board.

Partikel board tidak disarankan jika menginginkan interior yang tahan lama dan tempat tinggal rawan banjir. Partikel board adalah jenis kayu olahan yang terendah kelasnya. Partikel board sangat rentan air karena berbahan dasar serbuk kayu kasar yang dipress sehingga memiliki pori-pori yang lebih besar dibandingkan MDF atau HDF.

Dekorasi kamar tidur dengan nuansa “elegan”

kamar elegan

Memilih jenis finishing furniture elegan di kamar tidur

Dalam mendekorasi kamar tidur kita juga harus memperhatikan bahan dasar yang dipergunakan untuk yang dipilih, permukaan luarnya harus di finishing agar tampilannya indah. Ada berbagai macam style finishing material, antara lain finishing melamik, cat duko, dan laminate.

  • Finishing melamik
    Finishing ini dilakukan dengan metode penyemprotan cairan melamik sebagai finishing akhir pada permukaan furnitur. Melamik ini dapat berupa doff atau glossy.
    Warnanya pun dapat bervariasi, biasanya terdiri dari warna warna kayu natural. Finishing sistem melamik dalam desain digunakan untuk furnitur yang ingin menampilkan kesan natural pada serat kayu.
  • Cat duko
    Finishing ini dilakukan dengan metode penyemprotan cat duko pada permukaan furnitur. Dengan begitu, serat kayu pada furnitur tidak akan terlihat. Warna cat duko dapat bervariasi dengan pilihan yang beraneka ragam seperti warna-warna pastel maupun natural. Biasanya duko dalam desain digunakan untuk menampilkan kesan dinamis, elegan, dan modern pada ruangan.
  • Laminate
    Finishing ini dilakukan dengan merekatkan bahan pelapis di permukaan furnitur. Pe apis yang umum digunakan antara lain HPL, tacon, decosit, supercon, dan PVC.

menentukan warna furnitur elegan di kamar tidur

Dalam mendesain kamar tidur, furnitur kamar yang elegan, pilihan warna sangat berpengaruh. Pilihlah furnitur yang bisa memberikan kesan mewah, seperti warna putih,beige, dan keemasan. Padu padankan furnitur tersebut dengan wallpaper berwarna putih atau krem pada tembok. Hasilnya adalah kamar cerah yang elegan. Bisa juga dipadukan dengan warna-warna yang sedikit kontras, misalnya ungu dan abu-abu metalik untuk memperoleh suasana yang lebih berat. Jangan lupakan sentuhan detail lalnnya, seperti beddings dan aksesori ruangan. pilih yang memiliki yone warna senada

berkreasi dengan furniture bekas nan elegan
Kalau pernah mampir ke toko mebel atau melihat-lihat pameran furnitur, tentu sudah tahu bahwa sekarang ini harga furnitur tidaklah murah. Kursi dan meja kecil saja bisa sampai ratusan ribu harganya, belum lagi seperangkat tempat tidur- Untuk menyiasatl agar dompet tidak kempes gara-gara membeli berbagai furnitur dengan harga mahal, furnitur bekas atau furnitur daur ulang (repro) adalah salah satu alternatif solusi yang dapat dipilih. Hasilnya pun tak kalah elegan. Biasanya banyak furnitur klasik bekas yang dijual dengan harga miring. Akan tetapi, diperlukan sedikit kejelian agar mebel bekas yang dibeli masih tetap memiliki kualitas yang baik Jangan sampai niat berhemat justru membuat boros. Berikut beberapa tips dalam membeli furnitur bekas:

  • ┬áKenali motif asli furnitur. Cari furnitur yang memiliki motif mirip aslinya. Modifikasi motif biasanya terletak pada ornamen dekoratif.
  • Pilih furnitur yang menggunakan bahan kayu keras, misalnya kayu jati.
  • Perhatikan bagian engsel furnitur dan kuncinya. Pastikan kondisinya masih baik dan mirip aslinya.
  • Amati kualitas finishing dari penampilan fisik furnitur yang bersangkutan.

Langkah selanjutnya setelah membeli furnitur bekas yang belum diolah adalah me-repro. Biasanya furnitur bekas memiliki cacat yang cukup banyak pada bagian finishing.Untuk menghasilkan furnitur yang elegan, finishing menjadi elemen yang penting. Finishing natural atau finishing dengan cat duko sedikit glossy bisa menjadi pilihan.