home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips desain kamar tidur kecil agar terlihat luas dan cantik

Saturday, April 9th, 2016

Desain kamar tidur kecil

kamar tidur kecil

1.Menyiasati kamar tidur berukuran kecil

Jangan khawatir dengan ukuran kamar tidur yang kecil. Selalu ada solusi praktis untuk memanipulasi kesan ruang dengan perencanaan interior yang baik, beberapa tips berikut akan membuat desain kamar tidur kecil Anda terlihat lebih lapang dan cantik.

  • Gunakan jenis tempat tidur kompak seperti tempat tidur murphy, tempat tidur gantung, futon, atau tempat tidur geser untuk menghemat ruang, tetapi tetap dapat mengakomodasi kebutuhan.
  • Dalam mendesain kamar tidur kecil, gantungkan cermin di salah satu dinding untuk menciptakan kesan ruang yang luas.
  • Jangan gunakan warna-warna gelap, terutama pada ceiling yang rendah karena akan membuat ruangan seakan semakin sempit.
  • Gunakan warna-warna cerah seperti warna putih atau pastel untuk menciptakan ilusi agar ruangan terlihat lebih luas.

Desain kamar tidur kecil

  • Pilihlah furnitur-furnitur custom dan built-in. Furnitur built in adalah furnitur yang menempel ke dinding seperti rak melayang atau walking closet yang masuk ke dalam dinding.
  • Pilih furnitur multi-fungsi. Tempat tidur dengan laci untuk menyimpan pakaian di bagian bawahnya merupakan salah
    satu cara kreatif dalam mendesain kamar tidur kecil dengan ukuran yang tidak terlalu luas.
  • Perhatikan penempatan furnitur dengan angle yang tepat. Manfaatkan setiap sudut dengan baik sehingga keseluruhan ruang pun terolah. Atur dan geser beberapa furnitur sampai mendapatkan anqle yang tepat. Bila ruangan berbentuk memanjang maka geser furnitur horizontal atau bahkan diagonal untuk mendapatkan ruangan yang lebih luas.
  • Bereskan pernik-pernik berukuran kecil dan buatlah boks khusus aksesori. jangan biarkan benda benda tersebut berserakan di kamar tidur karena akan membuat ruangan semakin bertambah sempit.
  • Pengaplikasian cermin di salah satu dinding ruangan dapat mengubah suasana ruangan kecil menjadi dua kali lebih besar. Cermin inipun fungsional, yaitu sebagai point of interest dalam kamar.

2.Memanfaatkan sisa ruang dikamar tidur

kamar sempitSisa ruangan dapat dimanfaatkan untuk meletakkan rak atau elemen dekoratif, seperti lampu baca, akuarium atau bahkan menambahkan bench sebagai bagian dari tempat tidur.

Bila sisa ruang berukuran luas, ruang tersebut dapat disulap menjadi beberapa area tambahan yang mendukung hobi dari si pemilik sebagai berikut.

  • Menyulap ruang kosong menjadi area hiburan dengan menambah sofa dan alat elektronik seperti TV dan home theatre.
  • Menyulap ruang kosong menjadiarea meditasi. Tambahkan tikar atau karpet rug dan aksesori bertema natural yang menenangkan pikiran. Lilin aromaterapi merupakan aksesori yang wajib ada.
  • Menyulap ruang kosong menjadi area baca atau area belajar pribadi. Tambahkan sofa baca dan ambalan-ambalan built-in yang menempel langsung di dinding untuk menghemat tempat. Ambalan ini dapat diisi buku buku kesukaan. tidak lupa juga tempatkan ampu baca yang disukai di sisi sebelah sofa.