home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips menata furniture kamar untuk kamar tidur Anda!!

Saturday, April 9th, 2016

Furniture kamar

furniture kamar

1.Menata furniture untuk kamar tidur

Nakas dan lemari pakaian merupakan furnitur inti dalam kamar tidur, selain tempat tidur. Akan tetapi, furnitur lainnyapun berperan penting dalam menciptakan suasana nyaman di kamar tidur.

Berikut cara memilih furnitur yang tepat untuk kamar tidur. Pilih nakas multifungsi. Nakas berbentuk huruf “L” atau memiliki rak di bawahnya patut untuk dipilih. Bentuk yang kompak bisa dijadikan tempat untuk menaruh buku bacaan, atau bisa sebagai breakfast tray pada pagi hari.

  • Bila ukuran kamar tidur cukup luas dapat dipilih ukuran lemari sesusai dengan keinginan atau bahkan walking closet sendiri. Untuk kamar dengan luas kecil harus cukup luas dengan lemari yang fungsional dan simpel.
  • Dalam memilih furnitur, pilihlah furnitur dengan bentuk dan desain yang seirama dengan tempat tidur dan furnitur lainnya.
  • Hindari pemakaian motif dan desain yang berlebihan.
  • Gantunglah cermin dan dekorasi dinding ainnya pada ketinggian yang sedikit berbeda. Ambil ketinggian rata-rata eye level manusia untuk menggantung cermin, misalnya pada ketinggian 160 cm, Aksesori ainnya menyesuaikan dengan cermin. Ambil dekorasi yang paling besar sebagai local point.
  • Gunakan jenis lampu yang berbeda. Lampu dengan jumlah watt yang tinggi hanya digunakan sebagai general lighting yang berfungsi sebagai penerangan utama. Gunakanlah lampu dengan watt yang ebih kecil untuk lampu aksen pada artwork dan dekorasi yang digunakan.

Tips menata furniture kamar untuk kamar tidur

2.Menghindari kesalahan dalam perencanaan kamar tidur

Berikut tips menghindari kesalahan yang sering muncul dalam perencanaan kamar tidur.

  • Jangan letakkan tempat tidur di pinggir ruangan. Tempat tidur yang menempel ke dinding akan lebih lembap, mudah terserang jamur, berpotensi menyimpan bakteri dan kuman, serta sulit untuk dibersihkan.
  • Jangan letakkan tempat tidur tepat di bawah AC. Hawa AC yang langsung mengenai tubuh atau bahkan kepala akan membuat pusing dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, letakkan AC membentuk tanda panah dengan tempat tidur agar AC tidak langsung mengenai badan.
  • Jangan tempatkan tempat tidur tepat menghadap ke pintu atau berada di sebelah jendela. Udara dingin dari luar dan debu dapat langsung terhirup. Kebiasaan ini apabila dilakukan terus menerus akan menimbulkan gangguan penyakit pada tubuh.
  • Jangan tempatkan tempat tidur bagian kepala berdekatan atau menghadap ke pintu kamar mandi. Selain buruk dari segi feng shui, pemandangan dan hawa udara toilet yang buruk tidak baik secara psikologis.
  • Jangan letakkan semua furnitur menempel ke dinding. Sama seperti tempat tidur, apabila memang terpaksa karena keterbatasan ruang, furnitur harus menempel ke dinding, tetapi sisakan 3 cm untuk batas antara dinding dan furnitur. Furnitur yang terlalu menempel ke dinding akan menjadi sarang serangga, debu, bakteri, dan menjadi tempat tumbuhnya jamur.
  • Jangan letakkan tanaman hidup di kamar tidur karena akan berbahaya pada malam hari. Tanaman tersebut akan berebut oksigen dengan manusia. Apabi a ingin meletakkan tanaman sebagai elemen estetis, gunakanlah tanaman yang terbuat dari plastik yang juga lebih praktis dalam perawatannya.