home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips desain ruang kamar tidur dengan kamar mandi

Wednesday, April 13th, 2016

Ruang kamar tidur dengan kamar mandi

perlengkapan kamar tidur utama

Merencanakan kamar mandi dalam kamar tidur

Salah satu komponen ruang dalam suatu rumah tinggal untuk membersihkan diri adalah kamar mandi. Kadang kala aktivitas awal pada pagi hari bermula dari kamar mandi, demikian juga dengan aktivitas akhir sebelum tidur, mungkin juga di kamar mandi. Kamar mandi merupakan komponen inti dari rumah yang tidak mungkin untuk dihilangkan. Oleh karena itu ruang kamar tidur dilengkapi kamar mandi sangatlah membantu.

menentukan posisi kamar mandi
Ruang kamar tidur haruslah memiliki akses yang mudah menuju kamar mandi. Bahkan kalau memungkinkan, kamar mandi dapat langsung diakses dari kamar tidur. Ha ini bertujuan untuk memudahkan sirkulasi karena kamar tidur adalah area yang bersifat privat. Terkadang peletakan kamar mandi di luar ruang kamar tidur yang kurang tepat dapat menyebabkan kesulitan dalam sirkulasi. Misalnya, dari ruang kamar tidur menuju kamar mandi harus melewati area publik seperti ruang keluarga.

menentukan ukuran kamar mandi
Besar kecilnya sebuah kamar mandi bergantung pada area atau lahan yang tersedia di rumah. Bila kamar tidur berukuran besar, kamar mandi dapat dibuat dalam ukuran yang besar. Akan tetapi, jika luas lahan ruang tidur terbaias, kamar mandi pun harus disesuaikan dengan tetap memperhatikan faktor kebutuhan. Faktor lainnya adalah aktivitas yang dilakukan di kamar mandi. Bila kamar mandi dijadikan tempat berdandan atau berendam, mungkin ukuran kamar mandi harus lebih besar lagi.

Ruang kamar tidur dengan kamar mandi

kamar tidur mandi

memilih kamar mandi kering atau basah
Kamar mandi dengan lantai kering relatif terlihat lebih bersih. Akan tetapi, lantai basah masih lebih banyak disukai karena kebiasaan mandi orang lndonesia. Bisa pula di tempatkan kamar mandi kering dan basah dalam ssatu ruangan. Namun, perlu diperhatikan adanya pemisah di area kamar mandi agar lantai kering tidak menjadi basah.misalnya dengan menggunakan pemisah fiberglass atau dapat pula bagian basah dibuat dengan permukaan lebih rendah dan dipisahkan tirai plastik. Elevasi lantai juga harus diperhatikan antara bagian yang kering dan bagian yang basah. perhatikan kemiringan lantai kamar mandi, minimal sebresar 2 derajat ke arah pembuangan air (floor drain), agar air tidak tergenang di dalam kamar mandi.

menentukan letak fasilitas di dalam kamar mandi

Peletakan benda benda dalam kamar mandi hendaknya diatur sedemikian rupa.
. Wastafel diletakkan di bagian depan kamar mandi sehingga ketika hendak mencuci tangan tidak perlu masuk ke dalam kamar mandi.
. Jangan letakkan kloset di area lantai basah.
. Perhatikan pula untuk peletakan peralatan-peralatan mandi Tidak ada salahnya untuk mengatur penempatan peralatan mandi sejak awal mendesain kamar mandi sehingg membuat kamar mandi tersebut menjadi fungsional dan nyaman

merancang pencahayaan di dalam kamar mandi
Kamar mandi merupakan area yang sangat rentan menimbulkan kuman penyakit. Oleh karena itu, cahaya matahari langsung akan lebih baik masuk ke area ini agar kamar mandi tidak lembap dan berjamur. Agar cahaya matahari dapat masuk, buatlah atap skylight sehingga dapat ditembus cahaya matahari. Dengan begitu, kuman penyakit tidak akan berkembang di kamar mandi karena cukupnya asupan cahaya ke dalamnya. Selain itu, hal ini merupakan salah satu cara menghemat penggunaan lampu. Jika kamar mandi cukup kecil, cahaya yang digunakan harus cukup terang sehingga terkesan bersih Sementara untuk kamar mandi yang lebih luas, pencahayaan bisa disesuaikan dengan keinginan.

merancang penghawaan di dalam kamar mandi
Area kamar mandi memerlukan sirkulasi udara yang memadai. Dengan begitu, tidak akan membuat kamar mandi menjadi bau serta tidak sehat. Berikut ini tips merancang penghawaan di kamar mandi.
– Pastikan sirkulasi udara di dalam kamar mandi lancar sehingga bau tidak terjebak di dalamnya.
– Arahkan ventilasi di kamar mandi ke luar ruangan. Akan lebih baik lagi jika diarahkan ke area taman. Caranya, buatlah kisi-kisi di bagian atas kamar mandi.
– Bila tidak memungklnkan untuk memasang kisi-kisi, pasanglah exhaustfan.