home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips memilih AC kamar tidur

Thursday, April 14th, 2016

Tips memilih AC kamar tidur

tips memilih ac kamar

Air conditioner (AC) merupakan penghawaan buatan yang digunakan di dalam ruangan. Kamar tidur sebagai ruang beristirahat terkadang memerlukan penghawaan buatan. Terlebih, bila rumah berada di lingkungan yang panas sehingga dengan adanya AC dalam kamar tidur dapat menambah kenyamanan beristirahat di kamar tidur.

Pada dasarnya pemilihan jenis AC untuk kamar tidur sangat bergantung pada kondisi ruangan kamar. Jika memang memungkinkan, saat ini jenis spiler lebih sering digunakan untuk kamar tidur karena indoor dan outdoor dibuat terpisah sehingga keduanya bisa diletakkan saling berjauhan. Berbeda dengan jenis window yang posisi indoor dan outdoornya bersatu dalam dua sisi berlawanan. Sementara jenis cassette membutuhkan pemasangan yang lebih repot.

Pemisahan indoor dan outdoor berdampak pada suara yang dihasilkan saat pendingin bekerja. Jenis spliler relatif lebih lembut dibandingkan dengan window. Oleh karena itu, sebaiknya jenis semacam ini cocok dipilih dan ditempatkan di ruang yang membutuhkan ketenangan, seperti kamar tidur.

Untuk memilih segi desain AC di kamar tidur, saat ini banyak produk yang menawarkan pendingin yang bisa disesuaikan dengan interior rumah dan tersedia dalam beragam pilihan warna hingga tekstur kayu.

Menggunakan AC (air conditioner) di ruang kamar tidur perlu mendapatkan perhatian lebih. Selain masalah teknis, posisi penempatan AC terkadang membawa masalah. Tips dalam menempatkan AC didalam kamar tidur adalah hindari posisi AC yang berada tepat di atas tempat tidur. Ini sangat berbahaya untuk kesehatan. Udara AC memang sejuk. Namun, bila terkena langsung semalaman jelas bisa membuat Anda masuk angin. Letakkan posisi AC di tempat terbaik, yaitu di pinggir kamar tidur yang diarahkan ke bagian yang tidak berhadapan langsung dengan tempat tidur.

Jangan letakkan tempat tidur tepat di bawah AC, karena Hawa AC yang langsung mengenai tubuh atau bahkan kepala akan membuat pusing dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, letakkan AC membentuk tanda panah dengan tempat tidur agar AC tidak angsung mengenai badan.