home disclaimer privacy policy sitemap contact

Lampu kamar tidur yang tepat, INI tips memilihnya..

Thursday, April 7th, 2016

Ide pada tidur yang tepat, INI

  • model plafon dengan efek lampu
  • lampu kecil di sudut plafon
  • plafon minimalis kamar utama
  • model plafon kamar tidur sempit
  • model lampu downlight minimalis

Lampu kamar tidur

model_plafon-ruang-tamu-elegan_gambarminimalis

Meskipun sebagian besar waktu yang dihabiskan di kamar tidur adalah dengan tidur, tetapi pencahayaan kamar tidur yang tepat akan membantu menerangi aktivitas lainnya.

Selain itu, perlu juga dipastikan bahwa pencahayaan yang dibuat membuat suasana kamar tidur menjadi nyaman, santai, dan tidak melebihi anggaran yang ada. pada saat manusia mulai kembali menghargai alam, kamar tidur menjadi tempat yang baik untuk memulainya.

Memaksimalkan pencahayaan alami tidak harus menggunakan lampu kamar tidur pada siang hari adalah sebuah tindakan yang bijak dan pintar. penerapan cahaya alami dapat dilakukan dengan memperbanyak jendela yang memiliki akses langsung ke halaman. Dengan begitu, pada saat siang hari kamar tidur tidak memerlukan pencahayaan dari lampu kamar tidur. Hemat energi berujung pada hematnya tagihan listrik.

Merancang pencahayaan buatan di kamar tidur

Pada malam hari kamar tidur membutuhkan pencahayaan buatan yang bersumber dari lampu. Jumlah titik dan jarak lampu di plafon bergantung dari luas ruang dan daya (watt) masing – masing lampu. Diperlukan perhitungan yang jeli tentang perbandingan jumlah titik dan daya lampu agar tercipta terang ruang yang merata dan pas. Biasanya semakin banyak titik lampu, semakin kecil daya setiap lampu yang terpasang. Begitu pula seba iknya, semakin sedikit titik lampu yang dibuat, semakin besar daya yang dibutuhkan.

Pencahayaan bisa menambah dimensi dan kesan dramatis pada sebuah kamar tidur. Pencahayaan di kamar jangan hanya bersumber dari satu titik, melainkan dari berbagai titik. Ada lampu baca di sisi kiri dan kanan tempat tidur, ada pula lampu di sudut ruangan dan area tempat duduk. Pencahayaan di berbagai titik ini membuat ruangan terasa dramatis, hangat, dan nyaman.

Berikut ini tips untuk menambah kesan mewah dan hangat di kamar tidur:

  • Gunakan lampu bercahaya kuning.
  • Bila kamar tidur berkonsep minimalis, gunakan lampu putih
  • Boleh juga dihadirkan cahaya warna warnl yang lembut
  • Cahaya ini menumbuhkan kesan futuristik pada kamar tidur
  • Pilihlah jenis lampu yang sesuai dengan tema dan nuansa yang ingin dihadirkan di kamar tidur.

Menentukan titik lampu kamar tidur

kamar tidur utama

Pastikan lampu terpasang di tempat yang strategis, tempat dibutuhkannya cahaya untuk melakukan aktivitas.

Pertama, pencahayaan general bisa diartikan sebagai pencahayaan yang dibuat untuk menerangi seluruh ruangan. Biasanya untuk memenuhi fungsi pencahayaan ini digunakan lampu downlight di tengah langit langit ruangan. Dengan jenis pencahayaan ini, kamar tidur mendapatkan pencahayaan yang merata.

Kedua, task lighting Pencahayaan ini hanya menyorot objek tertentu, seperti pada meja nakas, hiasan meja, atau rak dalam lemari pakaian. Dapat juga dipergunakan untuk menyorot bahan bacaan saat ingin membaca di tempat tidur. Task lighting tidak memerlukan pencahayaan yang terlalu terang, yang penting objek yang disorot mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Ketiga, accent lighting. Pencahayaan yang satu ini berfungsi untuk menimbulkan mood tertentu. Biasanya pengaplikasiannya di dinding dan ceiling menggunakan hidden atau indirect lamp. Jika ingin membuat pencahayaan di kamar tidur terlihat lebih dramatis, tambahkan pencahayaan sejenis ini, misalnya dengan menambah lampu di bawah tempat tidur, Hal ini akan memberikan efek kamar tidur terlihat dramatis dan bahkan dapat membuat tampilan tempat tidur seperti mengapung.

Intensitas pencahayaan juga dapat mudah diatur dengan penggunaan dimmer. Alat ini membutuhkan lampu khusus yang memang dapat dinaik-turunkan intensitasnya. Dengan dimmer, iistrik dapat lebih dihemat dari penggunaan lampu, tapi memang modalnya sedikit lebih mahal dari pencahayaan biasa.