home disclaimer privacy policy sitemap contact

Cat dinding kamar tidur dan pelapisnya yang tepat

Tuesday, April 5th, 2016

Ide pada kamar tidur dan pelapisnya

  • warna cat besi untuk kamar
  • cet dinding kamar
  • desain kamar cat tembok
  • cat tembok rema
  • cat tembok kamar dua warna

Cat dinding kamar tidur dan pelapisnya yang tepat

kamar tidur sederhana

Merencanakan pelapis untuk dinding

Cat dinding kamar tidur memegang peran yang paling penting dalam memberikan suasana dan mood suatu ruangan kamar tidur itu sendiri. Warna atau tekstur yang ada di dinding akan berpengaruh besar terhadap keseluruhan interior sebuah kamar tidur sehingga dapat dikatakan dinding adalah jantung dari desain interior sebuah ruangan. Oleh karena itu, dalam menentukan pelapis dinding yang akan digunakan harus dicermati terlebih dahulu model yang diinginkan, material yang sebaiknya digunakan, dan warna yang diharapkan.

Merencanakan pelapis cat untuk dinding kamar tidur
Finishing dinding yang paling sering digunakan adalah cat. Material ini mudah didapat di toko bahan bangunan dengan harga yang beragam, bergantung jenis dan merek. Harga yang lebih ekonomis dan mudah didapat dengan berbagai merek membuat pilihan finishing cat pun lebih populer. Berikut tips dalam memilih cat:

  • Pilihlah merek yang sesuai dengan budget. Namun ingat, merek yang mahal tentu memiliki kualitas yang tidak menipu. Disarankan tidak memakai cat oplosan untuk mewarnai dinding kamar tidur di rumah tinggal Anda karena usianya yang pendek.
  • Pilih jenis produk cat yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, cat yang mudah dibersihkan untuk kamar tidur bayi dan anak, cat dengan tekstur berkilau untuk dinding aksen, cat besi untuk besi, dan sebagainya
  • Buat data pasti tentang banyaknya cat yang dibutuhkan lebih baik membeli sedikit lebih banyak cat dari pada kekurangan ketika tiba-tiba di tengah-tengah proses pengecatan terjadi kekurangan.
  • Belilah cat dinding kamar tidur kaleng dengan warna unik langsung. Jangan membeli warna bibit kemudian mencampurnya sendiri dengan cat putih. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pengecatan yang berbeda warna jika di tengah – tengah pengecatan tiba-tiba warna unik tersebut habis. Sebelum membeli cat, terlebih dulu pilih warna di katalog cat, baru kemudian produsen cat akan langsung mencampurnya di mesin khusus. Umumnya, warna yang didapat sama persis dengan dikatalog.

cat kamar tidur 2

Pengaplikasian pelapis cat tekstur untuk dinding kamar tidur

Cat tekstur memiliki bahan dasar cat emulsi yang dicampur dengan berbagai bahan lainnya, mulai dari logam, mineral, hingga kertas untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Di kamar tidur, cat tekstur ini bisa digunakan di salah satu sisi sebagai dinding aksen. Cara pengaplikasiannya bergantung dari campuran bahan yang akan digunakan. Berikut ini merupakan langkah untuk mengaplikasikan cat tekstur di kamar tidur.

  • Serbuk logam akan dicampur langsung pada cat kaleng yang dibeli.
  • Jika menggunakan kertas, aplikasikan langsung pada dinding kosong yang benar-benar kering. Bahkan, kini ada cat tekstur yang hasilnya menyerupai logam dan kesan berkarat dengan pengoksidasian oksigen sehingga hasil yang didapat benar benar customize.
  • Untuk pengaplikasian cat tekstur di rumah tinggal, pilih cat emulsi berwarna dan pilihan campuran bahannya. Untuk pengerjaan, gunakan jasa dari tenaga ahli.

Pengaplikasian pelapis cat emulsi untuk dinding kamar tidur

Cat emulsi memiliki kisaran harga dan spesifikasi yang beragam, mulai dari yang cukup murah hingga yang premium. Saat ini menyediakan warna-warna solid sebagai warna dasar. Warna-warna gradasi cokelat creamy dan netral sering kali digunakan sebagai warna dominan da am kamar tidur. sedangkan warna-warna primer yang lebih solid digunakan sebagai aksen.

Berikut tips yang perlu diperhatikan dalam memilih cat emulsi sebagai finishing:

  • Pilihlah jenis produk cat emulsi yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Permainan warna cat emulsi kontras bisa diterapkan untuk dinding aksen.
  • Pastikan dinding benar benar kering ketika akan dicat. Jika masih lembap dan basah, umur cat tidak akan lama, mudah berjamur, mengelupas, dan sebagainya.
  • Untuk mendapat kesan bermotif, dapat digunakan kuas. Sementara untuk bidang luas, lebih baik mengaplikasikannya dengan menggunakan scroll lembut untuk menghindari ketidak rataan pengaplikasian cat.