home disclaimer privacy policy sitemap contact

cara perawatan lantai parket, karpet dan keramik kamar tidur

Wednesday, April 6th, 2016

cara perawatan lantai parket, karpet dan keramik kamar tidur

perawatan

1.Cara Perawatan lantai parket di kamar tidur

Musuh utama parket yang terbuat dari kayu adalah kelembapan. Hindari mengepel lantai parket karena air tersebut akan masuk ke dalam sela-sela polywood dan bisa mempercepat pelapukan kayu. Selain itu, air dapat membuat parket mengalami perbedaan tekanan yang cukup drastis. Rongga antar parket bisa melenting dan jika diinjak akan menimbulkan suara yang berderak. Parket yang sudah rusak atau melenting harus segera diganti agar tidak ikut memengaruhi parket – parket di sekelilingnya.

Perawatan material ini cukup dibersihkan dengan lap lembap atau penyedot debu. Jangan lupa menyuntikkan anti rayap pada parket dan rajin menukar posisi furnitur untuk menghindari perubahan warna parket karena efek sinar matahari.

2.Cara Perawatan lantai karpet dikamar tidur

Memakai karpet, baik rug alau wall to wall di kamar tidur memang membutuhkan perhatian ekstra. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kualitas karpet kesayangan adalah sebagai berikut.

  • Jika ada air tumpah di atas permukaannya, segera bersihkan dengan lap kering. Tumpahan air jangan dibiarkan karena pasti akan menjadi sarang bakteri dan akan berbau apak.
  • Rajin – rajinlah membuka jendela untuk membiarkan sinar matahari alami masuk ke dalam kamar. Ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang membuat karpet lembap dan apak.
  • Pastikan permukaan karpet selalu kering dan bersih dari debu. Gunakan penyedot debu untuk membersihkannya. Jangan gunakan sapu karena akan membuat kotoran masuk ke sela – sela benang pada karpet
  • Jangan letakkan benda yang terlalu berai di atasnya karena akan membuat bulu karpet menjadi rusak.

3.Cara Perawatan lantai keramik di kamar tidur

Dari segi perawatan, keramik merupakan material yang terbilang cukup praktis, hanya disapu dan dipel dengan rutin.  jika ada noda atau kotoran yang sulit dibersihkan, cukup dibasahi atau dilap, tanpa perlu mengelap seluruh permukaan keramik. Selain itu, jangan gunakan pembersih lantai dengan kandungan asam cukup tinggi, misalnya asam sulfat dan HCl. Selain akan merusak lapisan glazur keramik, tampilannya pun akan semakin kusam. Ingat, hindari juga obat pembersih yang aplikasinya digosokkan menggunakan benda tajam