home disclaimer privacy policy sitemap contact

Interior kamar tidur aspek lantai.. Hal INI wajib Anda perhatikan!!

Monday, April 4th, 2016

Interior kamar tidur aspek lantai

modern minimalis

Dalam perancangan interior kamar tidur, terdapat tiga aspek yang paling penting untuk diperhatikan, yaitu lantai, dinding, dan plafon. Ketiga aspek inilah yang nantinya diolah untuk menciptakan suasana, mood, dan tatanan ruang yang baik. Karena semua saling berkaitan antara satu dengan lainnya, kesalahan sedikit saja pada salah satu aspek dapat memengaruhi perancangan interior kamar tidur yang dibuat.

1.Tips Memilih material untuk lantai

Dalam pekerjaan interior kamar tidur, pemilihan finishing lantai terbilang
cukup penting karena kamar tidur menuntut standar-standar tertentu seperti:

  • menggunakan bahan yang meminimalkan atau meredam suara, nyaman, tidak beracun, dan tidak berbahaya
  • ketika pemasangannya harus lebih diperhatikan agar celah antar material cukup rapat dan rapi sehingga memperkecil risiko potensi menyimpan bakteri.

2. Beberapa contoh pilihan finishing untuk lantai kamar tidur

Zaman dahulu, material yang selalu digunakan untuk finishing lantai rumah tinggal, termasuk untuk kamar tidur, selalu keramik dan terasso. Namun, kini orang mulai sadar bahwa selain keramik, bahan material lainnya pun bisa dimanfaatkan untuk hunian privat seperti rumah tinggal.

Beberapa pilihan material untuk pelapis lantai kamar tidur adalah parket, keramik, dan karpet. Aplikasi parket di kamar tidur remaja laki-laki membuat suasana kamar telihat lebih nyaman.

Interior kamar tidur aspek lantai

lantai

3. Memilih finishing parket untuk kamar tidur

Parket sering kali dipilih untuk melapisi lantai rumah tangga dengan lklim empat musim. Parket bersifat hangat apabila suhu cenderung tinggi dan dingin apabila suhu cenderung rendah.

Meskipun begitu, parket sering pula digunakan di lndonesia dengan iklim dua musimnya, karena sedikit banyak memiliki efek yang sama. Parket pun memiliki banyak pilihan warna dan mudah didapat. Selain itu, parket memberikan kesan natural dan mewah.

Meskipun begitu, parket memiliki beberapa kekurangan bila dipasang di kamar tidur:

  • Berisik jika dipasang di area sirkulasi, tempat orang berlalu lalang
  • Harganya cukup mahal. Untuk mengakalinya kini sudah terdapat bahan jenis vinil dengan motif parket.

Hal yang harus diingat ketika hendak memasang parket adalah hendaknya memastikan permukaan yang akan dipasang parket tidak bergelombang agar hasil akhir tahan lama, cantik, dan jauh dari bakteri yang dapat bersembunyi di antara celahnya.

4. Pengaplikasian parket di kamar tidur
Parket dapat dijadikan pilihan sebagai pelapis lantai kamar tidur. Berikut beberapa tipe parket dilihat dari bahan dasar yang digunakan.

  • Solid wood

Parket dengan tipe ini benar-benar merupakan potongan embaran kayu solid dari satu jenis kayu saja. bahan dasar kayu yang biasanya digunakan adalah sonokeling, oak, jati, dan merbau. Parket jenis ini memiliki harga yang tinggi dan berkualitas baik. Bukan hanya mendapat fungsi estetis yang lebih baik, tetapi juga membuat ruangan berkesan hangat.

foam dipasang di atas lantai yang rata, bersih, dan kering. Kemudian polywood diletakkan di atas polyfoam tersebut dan dimatikan pada lantai dasar dengan sekrup serta fiser. Setelah ltu, parket dilem di alas polywood Sebagai finishing, parket diampelas. Pemasangan parket tipe ini membutuhkan waktu kira-kira seminggu sampai benar benar dapat digunakan.

  • Engineering parquet (veneer parquet)

Berbahan dasar lapisan kayu tipis (p/y) dengan ketebalan 3 5 mm yang digabungkan dengan lapisan kayu jenis lain di bawahnya untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Namun, proses pemasangan enginered parquet lebih mahal dibanding parket solid karena prosesnya lebih cepat dan memiliki akurasi lebih baik. Hal ini disebabkan pembuatannya dengan mesin sehingga lebih tahan lama.

Parket tipe ini sudah direkatkan dengan polywood secara pabrikasi sehingga keseluruhan proses pemasangannya hanya membutuhkan waktu 2 hari. Parket jenis ini hingga dipasang di atas polyfoam. Harga untuk pemasangan enginered parquel sendiri memang cenderung lebih mahal dibandinq solid.

  • Lominate parquet

Parket jenis ini merupakan apisan kayu MDF (Medium Density Fiberboard) yaitu kayu tiruan yang terbuat dari serbuk-serbuk kayu. Pemasangannya sama dengan pemasangan kertas lapis pada lantai. Namun, kekurangannya adalah sering kali permukaan antara lain dan cenderung glossy.