home disclaimer privacy policy sitemap contact

Jendela kamar tidur yang baik bagaimana? Yuk lihat cara merancangnya!!

Sunday, April 3rd, 2016

Ide pada tidur yang baik bagaimana?

  • ukuran ventilasi jendela dan pintuh rumah yang sehat
  • model bukaan jendela rumah yang efisien
  • ukuran jendela kamar yg bagus
  • ventilasi kamar tengah rumah
  • posisisi pentilasi pintu rumah

Jendela kamar tidur yang baik

pintu kamar tidur 2

Dalam merancang jendela kamar tidur yang baik ini dia tipsnya:

1.Merancang sirkulasi udara kamar tidur

Kamar tidur tanpa bukaan akan membuat kamar jadi tidak sehat. Di samping kamar menjadi lembap dan pengap, banyak penyakit yang ditimbulkan oleh kamar yang tidak baik sirkulasi udaranya.

Sistem sirkulasi udara dapat diciptakan dengan menggunakan lubang angin atau ventilasi udara, ada juga yang menyebutnya bouvenltcht. Sirkulasi udara yang baik memerlukan bukaan yang menciptakan jalur sirkulasi yang lancar.

Secara teoritis, agar udara dapat mengalir, harus dibuat ventilasi pada dua sisi ruang (dinding). Udara akan bergerak dari bukaan di sisi yang satu ke bukaan di sisi yang lain. Posisi kedua dinding idealnya berseberangan, agar semakin banyak udara di dalam ruangan yang bertukar dengan udara baru.

Namun jika tidak memungkinkan, bukaan dapat diletakkan pada dinding yang bersebelahan. Minimal satu dinding yang ada, bukaan berhubungan langsung dengan ruang luar. Pengaplikasian bukaan menjadi salah satu solusi dalam usaha untuk program penghematan energi. Bukaan menciptakan alur udara yang sehat dan sejuk sehingga meminimalkan penggunaan air Air Conditioner (AC).

Jendela kamar tidur yang baik

2.Merancang  jenis dan letak  jendela kamar tidur

Ruang tidur yang sehat membutuhkan pencahayaan alami, terutama pada siang hari. Hal tersebut dapat diperoleh melalui pengadaan jendela. Dalam menentukan besar dan letak jendela, harus diperhatikan arah matahari. Cahaya matahari yang langsung dari barat akan membuat ruangan sangat panas. Gunakan kanopi atau overstek jendela untuk menaungi jendela dari cahaya matahari langsung. Atau gunakan gorden atau vitrase yang meminimalkan masuknya cahaya ke dalam kamar.

Pengaplikasian jendela pada area kamar tidur juga menjadi salah satu solusi dalam usaha untuk penghematan energi. Jendela memberikan akses pencahayaan alami dari matahari sehingga meminimalkan penggunaan lampu, terutama pada siang hari.

Jenis jendela dan bukaan beraneka ragam, baik dari segi ukuran maupun fungsi. Namun, lebih baik apabila sebuah jendela juga berfungsi sebagai bukaan. Selain lebih efektif dan efisien, pengaturan sirkulasi udara dan cahaya alami menjadi lebih mudah. Berikut adalah beberapa contoh rancangan jendela yang juga berfungsi sebagai bukaan.

jendela kamar tidur

Gallery of Jendela kamar tidur yang baik bagaimana? Yuk lihat cara merancangnya!!