home disclaimer privacy policy sitemap contact

Pintu kamar tidur yang sehat dan menunjang keindahan kamar

Saturday, April 2nd, 2016

Ide pada tidur yang sehat dan

  • model daun pintu satu
  • model pintu kamar roling door
  • contoh gambar pintu kamar tidur berhadapan
  • motif pintu kamar modern
  • pintu rolling kamar

Pintu kamar tidur yang sehat dan menunjang keindahan kamar

pintu kamar tidur

Pintu kamar tidur adalah hal pertama yang dilihat ketika memasuki sebuah kamar tidur. Hal yang patut diperhatikan pertama kali dalam merancang pintu kamar adalah permasalahan letak atau posisi pintu itu sendiri. Letak pintu menentukan penataan denah furnitur sebuah kamar.

Oleh karena itu, letak pintu harus di pertimbangkan dengan cermat dan efektif.

  • Apabila mengacu kepada feng shui, letak pintu tidak dapat sembarangan. Begitu pula apabila mengacu pada logika, sebisa mungkin hindari pintu berhadapan langsung dengan tempat tidur karena bermasalah dalam hal privasi. Apabila memiliki kamar tidur yang cukup luas, tambahkan sofa dan coffee table di area dekat pintu agar fungsi privasi kamar tidur optimal.
  • Umumnya pintu kamar tidur memiliki ukuran tinggi berkisar 210-220 cm dan lebar 75-90 cm. Bahan yang digunakan bervariasi, bergantung pada hasil yang ingin dicapai dan tentu saja budget. lika memiliki budget yang cukup besar, pilihlah solid wood sebagai bahan daun pintu. Selain kayu solid memiliki kekuatan dan keawetan, efek finishing yang dihasilkan pun sangat natural dan realistis. Pilihan warnanya pun beragam, mulai dari warna muda seperti kayu sungkai, hingga warna tua seperti kayu kamper atau kayu jati.
  • Memiliki budget yang kecil tidak masalah. Kombinasikan saja bahan triplek sebagai bahan utama dan kayu solid pada ujung daun pintu. Efek yang dihasilkan pun bisa beragam, dengan veneer ataupun dengan HPL untuk menghasilkan kesan kayu asli, atau dengan cat duco untuk mendapatkan hasil yang terkesan lebih fancy.
  • Bentuk pintu juga dapat diolah sedemikian rupa untuk memberikan image yang bagus pada kamar sebelum masuk ke dalamnya. Tidak ada salahnya mengombinasikan pintu kayu dengan kaca sebagai aksen apabila tidak memerlukan privasi yang tinggi.

Pintu kamar tidur

pintu kamar tidur 2

Memilih sisitem pintu kamar tidur

Sistem buka pintu sangatlah beragam. Ada jenis swing door yang banyaf dijumpai, ada pula jenis rolling door atau pintu geser yang dapat mengatasi permasalahan ruang yang sempit. Ada pula jenis double swing door atau double rolling door untuk memberikan kesan mewah dan ekslusif. Ada pula jenis folding door (lipat) yang biasanya digunakan oleh pengguna yang menginginkan akses ke kamar lebih besar dan revolving door (putar). Dua sistem yang disebutkan terakhir memang jarang digunakan sebagai pintu kaniar. Semua itu bergantung kebutuhan dan kesan yang ingin dicapai oleh penghuni.

Sebuah kamar dapat memiliki pintu lebih dari satu. Selain memiliki akses pintu utama, dapat juga dibuat pintu lain sebagai akses ke tempat lain, dalam hai ini misalnya teras.

Contoh ini dapat dilihat pada umumnya di kamar tidur yang berdampingan langsung dengan teras rumah. Pintu teras tersebut, selain berfungsi sebagai akses pintu keluar masuk dapat difungsikan sebagai jendela apabila tidak sedang dibuka. Sirkulasi udara pun semakin baik.