home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips desain dapur mini dengan kombinasi warna

Friday, April 1st, 2016

Desain dapur mini dengan kombinasi warna

dapur mini

1.Mengombinasikan warna dasar cat di dapur

Dalam mendesain dapur mini cobalah untuk menggunakan lingkaran warna (colors wheel) yang terdiri atas 12 warna alternatif dari beberapa warna yang memiliki spektrum sama. Kombinasikan dua warna berlainan yang ada di lingkaran warna dapur mini Anda, tiga warna yang berurutan dalam lingkaran warna, atau dua pasang warna (totalnya empat) yang berlainan.

Setiap warna memiliki unsur warna lainnya, misalnya merah juga memiliki unsur biru dan oranye. Pilihlah setidaknya tiga warna yang salah satunya memiliki warna paling kontras yang dipergunakan pada ruang yang dinilai paling tinggi aktivitasnya. Warna paling kontras ini dapat diaplikasikan pada area sekitar kitchen set, selanjutnya warna untuk area lainnya dapat disesuaikan.

2.Mengembangkan nilai warna cat
Dalam mendesain dapur mini Anda pilihlah warna-warna yang akan dibuat lebih terang atau lebih gelap. Hal yang harus diperhatikan untuk ruangan redup,tambahkan unsur hitam di dalam warna tersebut. Sedangkan pada ruangan terang, tinggal menambahkan warna putih.

Untuk ruang-ruang selain dapur tetapi masih menjadi satu area dengan dapur gunakan warna senada dengan memisahkan warna dasar dapur dengan cara menambahkan atau mengurangi komposisinya. Misalnya, bila dapur berwarna hijau, untuk ruang makan Anda dapat mengurangi sedikit unsur kuning di dalamnya.

3.Memilih warna cat dapur mini Anda
Berikut ini beberapa tips dalam memilih warna cat.
a. Untuk kesan dominan, terutama dalam dekorasi dapur, sebaiknya gunakan warna primer (merah, kuning, dan biru).
b. Untuk kesan menyatu dan lembut, warna sekunder (hijau, oranye, dan ungu) dapat dijadikan pilihan.
c. Untuk kesan spektakuler, dapur dapat dikombinasikan dengan warna tertier (biru-hijau, kuning-hijau, merah-oranye).
d. Untuk memberi aksen pada satu ruangan, berikan warna yang memiliki intensitas lebih gelap di ruangan tersebut dan di ruangan lainnya warna diperlembut. Pilihan warna monokrom menarik bila dijadikan beberapa corak.
e. Untuk menciptakan ruang yang terkesan menyenangkan, kombinasikan warna primer dengan warna sekunder.

desain dapur mini

4.Merekonstruksi warna cat
Tips desain dapur mini selanjutnya adalah merekonstruksi warna cat. Untuk menjaga rumah agar berkesan satu kesatuan, gunakan warna yang harmonis antara ruang dapur dengan ruangan yang lain. Sebaiknya, gunakanlah tema yang sama di setiap ruang.

Jika ingin membuat variasi warna di dapur,pilihlah warna cat yang lebih terang untuk langit-langit dengan cara memberikan campuran warna putih yang lebih banyak. Pastikan warna-warna yang dipilih memiliki intensitas yang hampir sama. Kombinasi warna dapur Bisa dilakukan dengan memberi warna berbeda namun serasi pada elemen dinding, lantai, plafon, dan lemari kabinet

5.Memilih cat di pasaran
Barikut langkah-langkah dalam memilih cat di pasaran:
a. Pastikan berapa besar keperluan cat yang digunakan.
b. Untuk kebutuhan terbatas, cat kemasan siap atau ready mix dapat dipilih. Lazimnya, cat disediakan dalam satuan liter, gallon, atau kilogram. Pilihan warnanya fix, alias sesuai dengan tabel warna yang tersedia.
c. Untuk dapur sederhana, dapat digunakan cat ready mix dengan penyesuaian luas ruangan dan ukuran kemasan agar tidak kurang atau lebih. Warna yang disarankan tidak terlalu rumit atau banyak pengembangan warna.
d. Untuk kapasitas dinding dapur atau aksen yang lebih banyak, biasanya dipakai cat oplos karena dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Biasanya, cat ini baru dibutuhkan jika konsumen tidak menemukan warna yang diinginkan. Cat ini ada yang diolah dalam mesin dengan bantuan komputer dan ada pula yang dioplos secara manual.

Tips Menetralisir bau cat di dapur:

Bau cat terjadi karena adanya penguapan cairan cat pada saat pengeringan. Jika hal ini terjadi di dapur, tentu akan sangat mengganggu kegiatan memasak karena bau yang ada akan berbaur dan bisa menimbulkan bau yang menyengat dan tidak enak dihirup.