home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain keramik dapur yang berpadu dengan dinding

Friday, April 1st, 2016

Ide pada dapur yang berpadu dengan

  • keramik dapur campur
  • keramik dan cat dinding untuk ruangan di basement
  • warna warna tehel didinding apur yang terang
  • dapur keramik 2016
  • design lantai dapur plester

Desain keramik dapur

keramik dapur

1. Merancang paduan warna lantai, plafon, dan dinding

Dalam mendesain keramik dapur  hal-hal pertama yang dapat dilakukan adalah merancang paduan warna lantai, plafon, dan dinding.  tipsnya sebagai berikut:

a. Efek ruangan lebih luas bisa diperoleh dari paduan lantai berwarna gelap dengan dinding dan plafon berwarna muda (pucat).

b. Efek luas pada ruangan namun tetap berkesan rendah didapatkan dari paduan lantai dan plafon berwarna gelap, sedangkan dinding berwarna terang (muda atau pucat).

c. Bentuk ruang terasa hilang jika terdapat paduan warna plafon dan dinding abu-abu tua dan lantai keramik merah marun.

d. Efek lorong mampu didapatkan dari plafon, dinding, dan lantai yang berwarna gelap, sedangkan lantai dan dinding belakang berwarna cerah dan dinding sisi kanan-kiri serta plafon berwarna gelap.

2.Menyiasati efek dari paduan warna lantai, plafon, dan dinding

Dalam mendesain keramik dapur yang kedua kita harus menyiasati efek dari paduan warna lantai, plafon, dan dinding, lakukan hal-hal berikut.

a. Efek dalam basement ruang dapur dapat dihindari jika lantai dan dinding tidak berwarna gelap, sedangkan plafon tidak berwarna cerah.

b. Ruangan terkesan lebih pendek (mengurangi ke dalaman ruang) bila terjadi perpaduan lantai, dinding sisi kanan-kiri, dan plafon berwarna cerah, sedangkan dinding belakang berwarna gelap.

c.Efek ruangan terlihat lebih tinggi dan memanjang (sempit) jika lantai, dinding belakang, dan plafon dibuat berwarna terang sedangkan dinding sisi kanan-kiri berwarna gelap.

d. Bidang horisontal ruang dapat dipertegas dengan memadukan lantai dan plafon berwarna terang, sedangkan semua sisi dinding berwarna gelap.

e. Prinsipnya adalah jika semua sisi, baik lantai, dinding, dan plafon berwarna terang dan pucat maka akan memberikan kesan lega dan bersih.

3.Menyiasati warna desain keramik dapur dengan Iantai plester semen

Pilih cat khusus lantai dan perhatikan kualifikasi ketahanannya terhadap gesekan, warna yang tidak mudah luntur, serta daya lekatnya yang kuat. Harga cat berkisar Rp100.000,00-Rp 150.000,00 per 5 kg. Satu kilogram cat memiliki daya sebar 5-6 m2. Adapun pilihan warnanya antara lain putih, krem, cokelat, dan hitam. Sedangkan warna terangnya yaitu biru, hijau, serta merah marun.

4.Mengecat permukaan Iantai plester dengan roller
Lantai plester bagian tengah dan permukaan dapat dicat dengan memanfaatkan roller. Caranya sebagai berikut.

a. Celupkan roller ke dalam cat. Laburkan cat pada roller ke seluruh permukaan lantai. Lakukan dengan cara berjalan mundur dan satu arah. Biarkan selama dua jam atau sampai cat kering dan dapat diinjak.

b. Laburkan cat sekali lagi sebagai lapisan kedua, biarkan hingga cat kering dan dapat diinjak.

c. Campur cat dengan pasir yang ada dalam kemasan cat. Perbandingan pasir dan cat adalah 1 : 10. Jangan tambahkan air. Aduk hingga tercampur rata. Sapukan campuran ini sebagai lapisan ketiga pada lantai. Biarkan cat kering sedikitnya 6 jam. Lantai boleh diinjak setelah benar – benar kering.

5.Memilih warna dinding desain keramik dapur

Pemasangan keramik harus memperhatikan pemilihan warnanya. Anda harus menyesuaikannya dengan warna dinding di dapur, mengingat dinding dan furnitur adalah dua elemen yang harus dipertimbangkan dalam memilih warna penutup lantai atau ubin.

Apabila tidak ingin bermain terlalu banyak warna di dalam ruang, pilih lah warna netral untuk lantai, yakni abu-abu, krem, atau putih, Pencahayaan dalam ruang juga memengaruhi pemilihan lantai.

Lantai yang putih dan bertekstur lembut akan sesuai dengan ruang dengan cahaya yang terang sehingga menimbulkan kesan bersih dan lapang. Sementara keramik bertekstur lebih cocok dipadankan dengan pencahayaan ruang yang lebih redup sehingga berkesan hangat.