home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain dapur sederhana dengan penerangan yang tepat

Tuesday, March 29th, 2016

Desain dapur sederhana dengan penerangan yang tepat

dapur sederhana

1.Lampu dekorasi
Memilih penerangan desain dapur sederhana  yang pertama yaitu menentukan lampu halogen (sorot) dapat diarahkan ke kabinet kitchen set berpintu kaca agar piranti makan yang berada di dalamnya terlihat lebih indah dari luar. Fokuskan lampu pada apa yang akan ditampilkan. Misalnya, ingin ditonjolkan satu set cangkir, cahaya lampu tinggal diarahkan ke cangkir atau titik tertentu yang efeknya akan jatuh ke cangkir itu. ladi, saat lampu dihidupkan, keindahan cangkir akan semakin tampak.

Untuk menyorot ke titik tertentu, lampu halogen atau lampu spot yang berdaya sekitar 10-20 W dapat dijadikan pilihan. Namun, lampu spot memiliki kelemahan akan cepat panas jika dinyalakan terlalu lama. Sebagai gantinya, gunakan lampu TL yang berdaya
listrik rendah.

Desain dapur sederhana

2.Menggunakan lampu hemat listrik
Apakah lampu di rumah Anda hemat listrik? Berikut tips-tips untuk menggunakan lampu hemat listrik.

a. Sesuaikan jumlah titik lampu dapur dengan daya lampu yang akan digunakan.

b. Hal yang perlu diperhatikan tentang masalah daya lampu adalah jika menggunakan listrik berdaya besar, titik lampu yang dibutuhkan tidak perlu terlalu banyak. Namun, jika menggunakan lampu berdaya kecil,titik lampu yang dibutuhkan lebih banyak agar dapur tidak terlalu gelap.

c.Gunakan lampu hemat energi berjenis TL atau CFL.

d.Padamkan lampu jika tidak digunakan. Pada siang hari, manfaatkan dengan baik cahaya alami dari matahari melalui ventilasi atau bukaan yang dibuat secermat mungkin.

e.Gunakan lampu yang tepat daya dan sesuai dengan kebutuhan yang akan diterangi. Misalnya. lampu SL dayanya 10 W dengan pemakaian per hari mencapai 5 jam dengan energi 1,50 kWh.

f.Gunakan sensor otomatis untuk mematikan dan menghidupkan lampu.

g.Untuk menghemat penggunaan listrik, pilihlah selalu lampu hemat energi. Saat ini, lampu hemat energi untuk lampu-lampu dekoratif sudah banyak dijual di toko-toko. Sebagai perbandingan, 8 W lampu hemat energi setara dengan 40 W lampu biasa.

3.Merawat lampu hemat listrik
Berikut adalah cara-cara merawat lampu hemat listrik.

a.Lakukan pembersihan lampu secara rutin dari debu yang melekat pada permukaan lampu, terutama lampu lampu yang dipakai dalam jangka waktu lama.

b. Pilih warna dinding dapur yang cerah untuk membantu memantulkan cahaya lampu sehingga ruangan menjadi lebih terang tanpa harus menggunakan lampu yang berdaya tinggi.

c. Lakukan pengecatan dinding ruangan secara berkala, maksimal tiga tahun sekali, agar selalu tampak cerah dan dapat memantulkan cahaya lampu secara optimal.

d. Gantilah lampu yang kusamdengan segera walaupun sudah sering dibersihkan agar penggunaan energi listrik relatif rendah dan efisien

4.Hemat listrik dengan pencahayaan fungsional
Gunakan pencahayaan yang bersifat menyeluruh (general light) sebagai sumber cahaya utama di dapur. Untuk pencahayaan ini, biasanya digunakan lampu downlight yang ditempatkan pada plafon.

Selanjutnya, buat pencahayaan untuk area kerja atau memasak. Untuk pencahayaan area kerja, biasanya digunakan lampu halogen yang diletakkan di bagian bawah kabinet gantung. Adanya pencahayaan pada area kerja membuat aktivitas pengolahan makanan menjadi lebih nyaman terutama pada malam hari. Anda dapat melihat warna dan jenis bahan makanan dengan lebih jelas sehingga lebih mudah untuk mengenali bahan makanan yang masih berkualitas baik dan tidak.

Namun, untuk menghindari perubahan warna makanan, sebaiknya pencahayaan buatan di malam hari memakai lampu neon alau fluorescent agar hemat energi. Sementara itu, pencahayaan yang bersifat opsional biasanya berfungsi sebagai aksen. Lampu biasanya diletakkan di dalam lemari kabinet gantung berpintu kaca. Selain berfungsi sebagai
penerangan, pendaran cahaya lampu dari pintu kaca dapat membuat tampilan dapur semakin cantik. Jika kesulitan mendapatkan cahaya alami maka pencahayaan bisa didapatkan dari pemilihan lampu-lampu yang terpusat untuk satu ruangan dapur.