home disclaimer privacy policy sitemap contact

Cara membersihkan peralatan dapur dan cara memasangnya

Tuesday, March 29th, 2016

Ide pada peralatan dapur dan cara

  • cara membersihkan ruang dapur
  • menata meja bawah dapur
  • dapur rapi tanpa kitchen set

Cara membersihkan peralatan dapur dan cara memasangnya

alat dapur

 

1.Memasang alat-alat dapur dengan aman

Memasang alat-alat dapur dengan aman harus memperhatikan cara-cara berikut.

a. Bacalah semua petunjuk keselamatan dan pengoperasian sebelum perangkat dapat dioperasikan. Simpan petunjuk
pengoperasian untuk rujukan di kemudian hari.

b.Cara membersihkan peralatan dapur juga dengan melindungi dari air dan kelembapan dekat wastafel, bak cuci piring, bak cuci pakaian, atau di ruang bawah tanah yang becek.

c.Untuk mengurangi risiko kebakaran atau sengatan listrik, hindarkan terkena hujan atau kelembapan dan tempatkan sedemikian rupa sehingga Iokasi atau posisinya tidak mengganggu perabotan dapur lainnya.

d.Jalinan kabel listrik harus diatur agar tidak terinjak atau terjepit oleh benda yang ditempatkan di atas atau pada kabel. Harap perhatikan kabel pada steker, stopkontak, dan titik keluaran kabel dari perangkat.

e.Perangkat kabel listrik harus dicabut dari outlet bila perangkat tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama.

f.Peralatan rumah tangga hanya boleh diservis oleh petugas servis yang memenuhi syarat.

g.Segera Iakukan perbaikan bila kabel listrik atau steker rusak, perangkat listrik jatuh atau tertimpa benda jatuh, tumpahan cairan masuk ke dalam perangkat, perangkat terkena hujan, perangkat tidak bekerja sebagaimana biasanya akan menunjukkan perubahan yang nyata pada kinerjanya.

2.Merawat Kran

Cara membersihkan peralatan dapur yang kedua adalah rawatlah kran air di dapur dengan baik.
a. Untuk kran berbahan plastik, jangan biarkan berlumut hingga berwarna hitam. Membersihkan lemak hitam ini cukup dengan menyikatnya dengan sikat gigi bekas yang telah diolesi sabun pencuci piring. Kemudian, bilaslah hingga bersih dan tidak tampak lagi lemak hitam yang menempel.

b. Untuk kran berbahan fiberglass, hindari penggunaan pembersih yang keras. Anda dapat membuat campuran baking soda dan air dengan cara disikatkan pada permukaan bak cuci. Gosoklah kran tersebut dengan busa lembut’ bilas’ lalu keringkan dengan lap.

Perhatikan kondisi kran dan segera perbaiki bila teriadi kebocoran

3.Merawat sink
Untuk menghindari sink menjadi sarang penyakit, rawatlah sink dengan membersihkannya setelah selesai melakukan pencucian. Sink granit lebih mudah dibersihkan karena cukup dengan disikat dan dibersihkan memakai sabun colek pun tak masalah. Sementara sink stainless steel sangat mudah terkena bercak cipratan air atau
bekas jari tangan. Perawatannya cukup mendapat perhatian.

Untuk membersihkan sink yang terciprat minyak, gunakan sabun anti lemak setelah sebelumnya disiram dengan air panas. Agar bercak bercak busa atau sisa air tak membekas, sebaiknya gunakan filter air. Cara lain adalah dengan menggunakan air dingin, yaitu cuci sink dengan sabun khusus pencuci piring dan gunakan spons atau
lap lembut, kemudian segera keringkan sink setelahnya.