home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips memasang instalasi listrik rumah sendiri

Monday, March 28th, 2016

Tips memasang instalasi listrik rumah sendiri

listrik dapur

1. Memasang stopkontak dengan aman
Tips memasang instalasi listrik rumah sendiri yang pertama adalah memasang stop kontak dengan aman adalah sebagai berikut:

a. Carilah tempat yang tepat untuk stopkontak, sebaiknya dekat dengan alat listrik yang akan digunakan. Posisikan minimal 30 cm dan maksimal 150 cm dari permukaan lantai’ Hati-hati bagi yang memiliki anak kecil. Posisikan stopkontak berada pada ketinggian minimal 100 cm dengan bantuan penutup stopkontak.

b. Untuk pemasangan pada ketinggian lebih satu meter, pakailah sambungan kabel dengan bantuan pencabang bentuk majemuk sehingga dapat dilepas atau dipasang dengan aman. Pasanglah dengan kondisi lapisan semen yang sempurna agar tidak mudah terlepas ketika mencabut steker.

c. Jika di dalam satu ruangan sudah tidak ada lagi stopkontak, Anda dapat melubangi plafon.Cara ini lebih mudah dan irit, tetapi lampu yang digunakan haruslah berbentuk ceiling lampu yang ditanam di plafon. Andapun dapat menggunakan kabel gulung atau
tambahan kabel. Cara lainnya dengan membobok dinding, tetapi cara ini kurang efektif dan efisien. Pasang stopkontak diarea atas meja dapur untuk menjauhkannya dari jangkauan anak anak

2.Memasang steker dengan aman
Tips memasang instalasi listrik rumah sendiri yang kedua yaitu Pastikan pemasangan steker agar selalu lebih besar dari arus listrik yang disalurkan ke steker tersebut. Telitilah kapasitas steker yang biasanya tercantum pada ujung badan steker. Selain itu, ketika
melepaskan steker dari stopkontak, tariklah badan stekernya. Hindari menarik kabel steker agar terhindar dari korsleting akibat steker terlepas dari badan steker.

Pastikan kabel-kabel listrik masih berfungsi dengan baik agar tidak terjadi korsleting pada listrik

3.Menggunakan sakelar (switch)
Pasanglah sakelar sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan ruangan, apakah untuk on-off alau push-on. Kebutuhan ini sangat berpengaruh pada penggunaannya. Misalnya, untuk lampu sebaiknya menggunakan sakelar on-off, sedangkan bel rumah menggunakan
push-on.

Posisikan sakelar di luar pintu dapur agar memudahkan melihat ketika kondisi ruangan gelap. Kemudian, pilihlah jenis sakelar yang sesuai dengan beban listrik atau alat listrik yang digunakan, dan pasang minimal 30 cm dan maksimal 150 m dari permukaan lantai.

Untuk menghindari korsleting, tempatkan sakelar pada tempat yang jauh dari bak cuci, kran, dan wastafel di dapur sehingga cipratan air tidak langsung mengenai sakelar. Jika sakelar. dibuat bersamaan dengan sakelar lain yang letaknya harus di luar rumah, sebaiknya buatlah boks penutup sakelar.