home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain dapur modern yang rapi dan bersih, INI dia tips merawatnya

Saturday, March 26th, 2016

Desain dapur modern yang rapi dan bersih, INI dia tips merawatnya

Tata Ruang Dapur Minimalis

1. Memperbaiki sendiri kebocoran instalasi air bersih

Cara memperbaiki instalasi air bersih yang bocor adalah sebagai berikut.

a. Tutuplah seluruh kran air sambil mengamati meteran air. Jika indikator penunjuk aliran air masih terus berputar, dapat dipastikan ada kebocoran pada instalasi air.

b. Jika instalasi air desain dapur modernĀ  menggunakan pompa bertekanan, amati kerja pompa. Jika pompa tiba-tiba bekerja maka kemungkinan besar juga telah terjadi kebocoran pada instalasi air bersih.

c. Bocor pada kran dan kloset desain dapur modern lebih mudah diketahui secara kasat mata. Namun, yang agak sulit adalah mencari titik kebocoran pada sistem pemipaan. Mencari titik bocor pada pipa lebih mudah dilakukan jika pipa instalasi disalurkan lewat bagian atap rumah dan dinding.Jangan Iupa untuk mengecek titik-titik lembap pada dinding atau atap.

d. Apabila desain dapur modern pipa instalasi ditanam pada bagian dasar atau di bawah lantai, sebaiknya buatlah instalasi air bersih yang baru melalui bagian atap dan dinding rumah. Langkah ini lebih mudah, murah, dan cepat dibandingkan jika harus membongkar lantai.

2. Mencari titik bocor pada instalasi air bersih
Kebocoran dapat terjadi pada pipa instalasi air bersih yang disebabkan oleh pipa pecah atau karena sambungan mulai tak rapat lagi. Karena itu, lakukan pengecekan secara rutin pada saluran air termasuk pipa kran air pada bak cuci. pengecekan berkala secara menyeluruh ini dapat membuat air bersih tidak terbuang percuma sehingga penggunaan air tidak boros dan tagihan penggunaan air pun tidak meningkat.

Lakukan proses mencari titik bocor pada pipa instalasi. Jangan lupa untuk melakukan perbaikan pada titik yang bocor. Bila perlu pakailah jasa ahli agar pengerjaannya lebih rapi dan sempurna.

3. Saluran air kotor letap lancar
Agar saluran air kotor tetap lancar, lakukan hal-hal berikut:

a. Cek saluran secara rutin dengan cara membersihkan dan melihat bak kontrol.
b. Cek apakah air kotor dapat mengalir dengan lancar atau tidak. Bila tidak, sudah pasti ada sumbatan dan segeralah untuk membersihkan endapan kotorannya.
c.Usahakan untuk memberikan filter atau penahan kotoran pada setiap “pintu masuk” yang menuju saluran pipa pembuangan agar kotoran padat yang ada pada air kotor dapat ditahan.
d.Biasakan untuk tidak membuang kotoran dalam bentuk apa pun ke dalam saluran pembuangan.