home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips desain dapur cantik dengan tempat cuci bersih dan sehat

Friday, March 25th, 2016

Tips desain dapur cantik dengan tempat cuci bersih dan sehat

desain sink dapur

1.Menata desain dapur cantik dengan sistem saluran air yang benar

Tentukan letak titik saluran masuk sebagai saluran air bersih. Untuk memudahkan penempatan ini, berdiskusilah dengan ahli pipa atau tukang pipa yang memahami seluk-beluk pembuatan saluran air
bersih maupun air kotor.

Selanjutnya, buatlah jaringan pipa yang sesuai dengan sistem yang diinginkan. Misalnya dengan jaringan tertutup atau menutup (oop) yang menempatkan ujung pipa terakhir menyambung
kembali ke ujung awal untuk menjaga tekanan air sama di semua titik kran. Cara seperti ini menyebabkan tidak perlu adanya pipa di ujung saluran yang umumnya memiliki tekanan yang paling rendah atau dengan jaringan pipa sistem terbuka dengan kedua ujung pipa tidak menyambung.

2.Membuat desain dapur cantik jaringan air dari tangki air
Langkah-langkah membuat jaringan air dari tangki air adalah sebagai berikut.

a. Agar tekanan air cukup kuat melalui pipa, gunakan tangki air sebagai sumber utama air. Tangki harus diletakkan di tempat yang lebih tinggi dari semua titik ukuran, minimal 2 m dari dasar tangki (water tank).

b. Jaringan pipa yang menutup memang cukup ideal, namun sistem ini punya konsekuensi yaitu membutuhkan jumlah pipa lebih banyak. lni artinya biaya yang dibutuhkan juga lebih besar.

c.Jika tekanan air didalam pipa cukup kuat dan merata di semua tempat maka keluarnya air dari mulut kran akan lancar. Selain itu, tidak satu kran pun yang akan kehilangan tekanan air pada saat beberapa kran dinyalakan secara bersamaan.

d.Penggunaan air dalam volume besar dapat menggunakan alat bantu untuk menstabilkan tekanan di dalam instalasi pemipaan. Posisikan cara ini pada jaringan pipa sistem terbuka. Alat bantu yang dimaksud adalah booster atau lebih sering dikenal dengan pompa dorong karena kemampuannya “mendorong” air. Pompa ini dapat diletakkan di outfake tangki air karena cara kerja alat ini bersifat otomatis. Ketika kran air dibuka, pompa akan bekerja untuk mendorong air yang melewati pipa itu.

e.Dengan sistem ini, pompa dorong dapat mengalirkan air dengan tekanan yang diharapkan, yaitu 3 atmosfir (3 kg/cm2). Tekanan lni merupakan tekanan normal sehingga air dapat digunakan.

3. Tips Memilih pipa untuk saluran air bersih
Anda dapat memilih dua jenis pipa yang sudah umum digunakan yaitu pipa besi galvanis (yang diberi lapisan tahan karat dan sering disebut pipa CIP) dan pipa PVC. Pipa PVC dibuat dari bahan polyvinyl
chloride, polimer yang disuling dari minyak bumi kemudian direkayasa.

Kedua jenis pipa tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan

a. Pipa galvanis, misalnya, memiliki kelebinan tahan terhadap benturan mekanis sehingga pipa ini banyak dipakai di tempat terbuka atau tidak terlindungi. Akan tetapi pipa yang telah digalvanis ini masih mungkin berkarat pada bagian dalamnya terutama yang kualitas airnya kurang baik sehingga berisiko air tercemar oleh karat dan menimbulkan bau.

b. Pipa PVC merupakan jenis pipa yang paling banyak dipakai di perumahan saat ini. Selain bebas dari karat, harganya pun lebih murah dibanding pipa logam Pemasangannya pun lebih mudah dan praktis, cukup menggunakan lem khusus untuk menyambung pipa. Satu-satunya kelemahan pipa PVC ialah
rawan bocor apabila sistem pengelemannya kurang rapi.

c. Gunakan pipa PVC yang berkualitas baik (jenis AW) dan sudah bersertifikat SNl (Standar Nasional lndonesia). Pipa berstandar SNI ditandai dengan adanya logo SNI pada produknya.