home disclaimer privacy policy sitemap contact

Desain ruang dapur dan menentukan kabinet yang nyaman

Thursday, March 24th, 2016

Desain ruang dapur dan menentukan kabinet yang nyaman

dapur nyaman

Desain ruang dapur basah
Dapur basah merupakan area dapur yang paling sering dipakai dalam aktivitas masak-memasak, mulai dari mengolah makanan hingga makanan tersebut siap santap. Pada area dapur ini, meja dapur dapat dijadikan satu kesatuan dengan bak cuci sehingga semua kegiatan berada di satu tempat.

Desain ruang dapur kering
Dapur kering merupakan ruangan yang digunakan sebatas membuat makanan yang ringkas dan mudah untuk disajikan, misalnya menyiapkan sarapan pagi. Biasanya, dapur kering dijadikan tempat untuk berkumpul keluarga sambil menikmati hidangan kecil.

Selain itu, area dapur kering ini tidak memberi tempat yang banyak untuk peralatan masak, kecuali kompor tanam dengan meja kecil. Bahkan, Anda dapat hanya menempatkan microwave dan oven toaster sebagai pengganti kompor di ruangan ini.

Nyaman di meja dapur

Kenyamanan dalam memasak adalah hal yang penting Karena itu meta kerja dapur harus diatur ketinggiannya sesuai oroporsi tinggi badan, Begitupun dengan ketinggian kabinet bagian atas harus
masih dalam jangkauan tangan Anda, maksimal 1 m dari top table.

Untuk memudahkan Anda saat memasak, buatlah beberapa laci pada pinggir meja dapur sebagai tempat menyimpan alat alat memasak, seperti pisau, alat-alat menggoreng, termasuk perlengkapan makan seperti sendok,garpu,atau pisau makan Anda juga dapat menempatkan satu keranjang sampah tertutup di bawah meja dapur agar sisa bahan memasak dapat langsung dibuang dengan rapi.

Bagaimana kalau harus berlama-lama di meja dapur? Jangan khawatir! Gunakanlah kursi lipat yang mudah digeser atau kursi berkaki yang tidak terlalu tinggi tetapi nyaman diduduki.

Bila area dapur cukup luas, Anda dapat menambahkan meja kabinet tambahan secara terpisah dari kitchen set. Manfaatkan bagian atas meja sebagai tempat barang elektronik agar membaur, sesuaikan material, finishing dan aksesnya dengan kitchen set.

Merencanakan kabinet bawah di dapur kecil

Hal hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan kabinet bawah di dapur kecil adalah sebagai berikut:
a. Rencanakan bagian-bagian kabinet bawah lebih proporsional, misalnya di mana letak tabung gas, peralatan memasak dan penyimpanan alat-alat yang akan dipakai dalam waktu lama.

b. Perhatikan ruang kabinet untuk meletakkan tabung gas. Hindarkan ruang atau tempat pada kabinet yang terlalu kecil dan pas-pasan agar selang atau pipa gas menuju ke kompor tidak terhalang oleh kabinet lainnya.

c. Perhatikan ruang kabinet tepat di bawah sink. Kontrollah setiap waktu untuk melihat kondisi kelembapan atau kebersihan secara keseluruhan lantai dan pipa saluran airnya.

d.Sesuaikan bahan kabinet bawah dengan kabinet atas sehingga tampak serasi.

e.Pilihlah model kabinet dengan dua bukaan atau satu bukaan pintu yang dilengkapi dengan laci-laci yang tersusun.

f.Bersihkan selalu ruang kabinet bawah dari kotoran, seperti debu dan makanan sisa merajang atau memasak, sehingga tidak langsung menempel pada kabinet terutama pada bagian lantai.

Menata barang di area dapur yang luas

Posisikan area memasak ditengah ruangan dan menghadap ke ruang tengah sehingga tamu dapat melihat langsung proses memasak (model island). Kemudian, seleksi barang-barang yang besar dan kecil dengan menempatkannya pada kabinet kitchen set dan berilah pos-posnya pada kabinet-kabinet tersebut secara terpisah. Misalnya untuk peralatan panci, wajan, atau pinggan besar yang rutin dipakai
ditempatkan pada kabinet bawah di bagian yang lebar dan besar agar mudah mengambilnya. Sedangkan untuk peralatan yang kecil dapat disimpan di bagian kabinet yang memiliki banyak rak.

Selanjutnya, pisahkan dan tempatkan peralatan dapur yang hanya bersifat hiasan atau dekorasi seperti tea set atau pinggan pinggan etnik atau antik. Posisikanlah pada lemari atau loker-loker yang tidak langsung bersentuhan dengan barang-barang basah dan kotor. Sementara itu, jika counter top kitchen set cukup lega, tatalah perangkat memasak yang lebih besar seperti microwave, coffee maker, atau dispenser sekalipun di atasnya.