home disclaimer privacy policy sitemap contact

Tips Desain interior dapur dan perlengkapannya

Saturday, March 19th, 2016

Desain interior dapur dan perlengkapannya – Mencatat keperluan desain interior dapur Saat merancang sketsa dapur atau kitchen set, catatlah keperluan desain untuk menghindari terjadinya kesalahan saat perancangan maupun pelaksanaan pekerjaan membangun dapur.

desain iterior dapur

Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain

a. model desain , finishing lemari dapur, material counter top, jumlah laci atau tray

b.model,material,dan ukuran sink,model dan ukuran kompor, jenis kran air

c.ukuran bersih ruangan, ketinggian kusen, jendela bagian bawah terhadap lantai dapur, dan ketinggian bersih ruangan yang diukur dari jarak lantai ke plafon,

d.perletakan stopkontak, lampu, exhaust fan, dan ventilasi alami

e.ukuran-ukuran standar untuk kelengkapan furnitur di dapur, seperti ketinggian standar untuk lemari dapur, lebar laci tempat sendok, dan sebagainya.

Jadikan catatan ini sebagai bahan diskusi dengan desainer untuk menerjemahkan sketsa menjadi gambar desain yang lebih akurat. Kemudian, tentukan pilihan material sesuai budget dengan mempertimbangkan estetika ruangan yang diinginkan. Misalnya, perlukah sink berbahan granit atau cukup aluminium saja.

Interior dapur dan perlengkapan yang biasa digunakan adalah:

1.Kompor
Perlengkapan dapur yang satu ini bisa dibilang merupakan perlengkapan utama di dapur karena fungsinya sebagai alat penyedia panas untuk memasak makanan dan minuman. Umumnya kompor yang banyak digunakan adalah kompor yang menghasilkan api sebagai sumber panas, baik dengan bahan
bakar minyak ataupun bahan bakar gas. Namun, saat ini telah banyak digunakan kompor yang menggunakan daya listrik untuk menghasilkan panas.

Terdapat dua jenis kompor yang dapat dipilih, yaitu kompor portable dan kompor tanam. Kompor portable cukup diletakkan diatas top table, sedangkan kompor tanam dipasang secara permanen.
Tampilan kompor tanam akan terlihat Iebih rapi karena seolah-olah menyatu dengan top table. Pemasangan kompor tanam umumnya disertai dengan pemasangan cookerhood di atasnya yang berfungsi untuk mengeluarkan asap.

2.Cookerhood
Cookerhood adalah pengisap asap yang bekerja dengan sistem elektrik. Ada dua sistem pembuangan pada cookerhood, yaitu sistem exhousting dan sistem recycling. Pada sistem exhausting,asap diisap lalu dikeluarkan melalui pipa yang langsung disalurkan ke luar ruangan.Sementara pada sistem recycling, asap diisap lalu ciisaring menggunakan metal dan karbon filter di dalam cookerhood,setelah itu udara bersih hasil penyaringan dialirkan lagi ke ruang dapur.