home disclaimer privacy policy sitemap contact

Perlengkapan dapur yang wajib ada di rumah Anda

Friday, March 18th, 2016

Perlengkapan dapur yang wajib ada di rumah Anda – Agar diperoleh dapur yang nyaman digunakan, pembagian area dapur harus menjadi pertimbangan utama dalam perencanaannya. Hal ini akan memengaruhi kemudahan dan kenyamanan dalam beraktivitas di dapur. Area dapur dibagi menjadi area produksi (memasak), area cuci, dan area penyimpanan.

perlengkapan dapur

 

Area produksi mewadahi kegiatan memotong, meracik mengupat menumbuk menghaluskan bumbu, hingga proses memasak Kelengkapan peralatan diarea ini adalah top table, kompor, dan oven atau microwave.Area cuci menampung kegiatan membersihkan bahan makanan dan peralatan memasak. Area ini direngkapi oreh wastafel dan kitchen ink.

Sementara area penyimpanan adalah area untuk menempatkan berbagai perlengkapan dan kebutuhan yang mendukung kegiatan memasak. Ruang penyimpanan di dapur dapat berupa lemari es, laci, rak lemari kabinet bawah, ataupun lemari kabinet gantung.

Perlengkapan dapur yang wajib ada harus dirancang secara cermat agar aktivitas dapat dilangsungkan dengan optimal. perencanaan yang matang juga akan menjadikan desain dapur tampil lebih menawan karena peralatan dan perlengkapannya dapat disusun dan ditata rapi.

Beberapa perlengkapan dapur yang wajib ada di dapur adalah lemari kabinet, meja kerja (top table),sink, cookerhood,kulkas, kompor, microwave.

1.Top table (meja kerja)
Fungsi utama top table adalah sebagai tempat melakukan pekerjaan persiapan memasak. Di atas meja kerja, inilah pekerjaan memotong, mengiris, mengupas, maupun meracik bumbu dilakukan. Selama proses memasak berlangsung, meja kerja di dapur ini merupakan tempat yang penting untuk menunjang kelancaran memasak.

Di tempat ini pula masakan yang telah jadi disimpan untuk sementara sebelum akhirnya dipindahkan ke meja makan. Adakalanya top table juga digunakan untuk menyimpan beberapa peralatan dapur, seperti magic jar, pisau, talenan, serta panci-panci kecil.

2.Sink
Sink merupakan salah satu kelengkapan yang cukup penting karena fungsinya sebagai tempat mencuci berbagai macam bahan makanan maupun peralatan memasak. Terdapat dua model slnk, yaitu satu
mangkok dan dua mangkok.

Agar ruang dapur sehat, kebersihan sink harus selalu dijaga. Oleh karena itu, bahan sink harus dipilih yang mudah dibersihkan, seperti stainless steel

3.Lemari es
Lemari es juga dikenal sebagai kulkas atau refrigerotor. Kelengkapan dapur yang satu ini berfungsi untuk menjaga makanan dan minuman yang disimpan di dalmnya agar selalu segar dalam jangka waktu
yang lebih lama. Sebagai lemari pendingin, kulkas dapat menjaqa temperatur makanan dan minuman agar selalu dingin.Temperatur dingin akan memperlambat aktivltas bakteri pengurai makanan. Hal inilah yang menjadikan sayur. buah, susu, daging, dan makanan lainnya menjadi lebih segar dan tahan lama.

Jenis kulkas yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari dan diperhitungkan kapasitas bahan makanan yang akan disimpan di dalamnya. Pertimbangan lainnya adalah mengenai cahaya listrik yang harus disesuaikan dengan daya listrik yang tersedia di rumah.