home disclaimer privacy policy sitemap contact

Mebel kamar tidur yang serasi dengan ruangan kamar, Ini cara pilihnya!!

Friday, March 11th, 2016

Mebel kamar tidur yang serasi dengan ruangan kamar – Memilih mebel untuk kamar tidur bukan perkara mudah, sebab selain untuk tidur, kamar tidur juga merupakan ruang yang paling lazim untuk menyimpan pakaian dan keperluan pribadi, atau beras. Bahkan, kamar tidur juga kerap difungsi- kan sebagai ruang untuk membaca dengan santai atau bekerja. Masing-masing kegiatan membutuhkan mebel tersendiri. Namun, bila luas kamar terbatas, kita harus tegas untuk memprio- ritaskan mebel yang betul-betul diperlukan. Yang penting adalah kamar tidur merupakan tempat di mana kita bisa tidur dengan nyaman dan bangun dengan badan segar. Pada dasarnya ada 2 tipe mebel yang dapat dipilih, yaitu mebel built in dan mebel free standing.

mebel kamar tidur
MEBEL BUILT IN
Mebel built in adalah mebel yang dibuat khusus. Ukurannya sesuai dengan lebar dan tinggi ruang yang ada atau disebut juga mebel tanam. Kelebihannya adalah hemat tempat dan memuat lebih banyak barang – barang untuk disimpan, ukuran tempat penyimpannya pun dapat disesuaikan dengan barang yang kita miliki. Lazimnya mebel built in digunakan untuk lemari pakaian. Kekurangan mebel built in adalah sifatnya yang permanen sehingga tidak bisa dibawa jika pindah rumah dan berkesan kaku.

Untuk mengurangi kesan kaku, catlah lemari bult in sama dengan warna dinding hingga tersamar. Untuk kamar tidur yang ulasannya terbatas, mebel built in dapal menjadi solusi atas masalah tersebut, sebab mulai dari tempat tidur, lemari, hingga meja rias dapat dibuat dalam satu kesatuan mebel hingga tidak berkesan terlalu sempit

MEBEL FREE STANDING
Mebel free standing paling banyak digunakan pada interior bergaya tradisional atau bergaya klasik. Mebel tipe ini bersifat fleksibel dan mudah diganti bila kita bosan terhadap satu dekorasi tertentu. Ke- lemahannya adalah cenderung menghabiskan lebih banyak ruang daripada mebel buiit in. Namun, fur- nitur free standing tetap menampilkan gaya unik tersendiri yang tidak terdapat pada mebei built in
jika memilih mebel free standing, pastikan adanya kesatuan antara mebel satu dengan lainnya, misalnya menggunakan jenis kayu yang sama, atau warna dan finishing yang sama.

Membeli mebel dalam satu set lebih aman namun berkesan monoton dan tidak ada sentuhan pribadi. Penggabungan beberapa mebel akan lebih menarik asalkan tetap dalam satu ikatan gaya yang konsisten dan serasi, misalnya lemari kayu dipadu dengan tempat tidur besi bergaris modern. Mebel yang perlu disediakan di kamar tidur bergantung pada kebutuhan, kondisi, serta fungsi kamar yang diinginkan.

Untuk kamar yang luasnya terbatas dapat menggunakan mebel fungsr ganda, misalnya mela kerja yang
sekaligus sebagai mela rias atau sofa lipat yang bisa dijadikan tempat tidur. Bagian kolong tempat tidur pun dapat dimanfaatkan sebagai laci-laci penyimpan.